Top Social

Kilas Buku: Stories From Asia Today, Book One

|
Stories From Asia Today, A Collection for Young Readers: Book One
Jointly published by Weatherhill (New York) and Heibonsha (Tokyo)
Published under the Asian Copublication Programme in cooperation with UNESCO
First Edition, 1979
ISBN 0-8348-1038-7
Sponsored by the Asian Culturan Centre for UNESCO
Tebal: 145 halaman
Harga: IDR 10,000 (Obralan buku di UIN Jakarta)
Rating: 4/5
Usia kelayakan membaca: 7 tahun keatas (sebenarnya varied, depends on the story)

Note: Saya mengulas satu per satu cerpen yang ada dalam buku ini. Silakan mampir jika ingin membacanya. Daftar dan link menuju masing-masing cerpen ada di paragraf  sebelum terakhir. :)

Kumpulan cerpen dari berbagai negara di asia? Ya, pastinya berisi cerita dengan budaya yang berbeda bukan? Begitulah isi kumpulan cerpen ini. Teman-teman akan diajak mengarungi berbagai ragam kisah dari negeri-negeri tetangga. Tentunya ini akan memperkaya wawasan. Buku ini jenis bacaan yang pas untuk usia sekitar SMP. Meskipun sebenarnya ada beberapa cerita yang cocok juga dibaca oleh anak usia SD. Jadi bisa dibilang kumpulan cerpen ini layak dibaca segala usia.

Review singkat untuk buku ini, seperti yang saya katakan diatas, bahwa cerpen yang ada dalam buku ini berasal dari berbagai negara di Asia. Ceritanya macam-macam, dan kebanyakan mengenai kehidupan anak-anak yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jika yang membaca adalah anak-anak pastinya mereka dengan sangat antusias menyerap informasi tentang cerita dari negara lain. Dan jika yang membaca adalah orang dewasa, maka pastinya ia akan tersenyum-senyum sendiri memikirkan betapa masa kanak-kanak itu sangatlah indah. :)

Contohnya seperti salah satu cerpen dari Indonesia tentang seorang anak bernama Bakri yang sangat ingin memberikan hadiah untuk kakeknya yang sakit dengan mengumpulkan biji-biji kemiri di bukit, atau cerpen dari Thailand yang mengenai permainan adu memecah telur di kalangan anak laki-laki.

Namun sayangnya ada beberapa cerpen yang, emm, cukup berat untuk dibaca bagi anak-anak. Bukan karena tema yang diangkat, namun lebih karena tingkat gaya bahasa yang cukup sulit dimengerti. Maka pada paragraf diatas saya menyatakan bahwa cerpen ini bisa dibaca oleh para pembaca dari segala jenis usia.

Seperti cerpen dari Afghanistan yang bercerita tentang tukang sepatu yang kejam karena menyiksa seekor burung elang atau cerpen dari Iran yang bercerita tentang seorang anak kecil yang sangat mencintai matahari.

Saya mengulas satu persatu cerpen yang ada dalam buku ini yang pastinya secara lepasan, khususnya dalam rangka Reading Challenge 2013: Fun Year with Children's Literature yang diadakan oleh B.Bzee. Karena dalam buku ini hanya berisi cerita-cerita pendek yang pastinya hanya butuh waktu singkat untuk membaca, maka seperti yang saya katakan sebelumnya, saya mengulasnya satu per satu (sudah saya ulas sebelumnya bisa di-klik linknya, mohon maaf jika ada beberapa isi yang spoiler. saya memang agak senang menulis spoiler :D).  Sebelumnya berikut saya tampilkan berbagai judul, pengarang, ilustrator dan asal negara mereka masing-masing, sekali lagi silakan klik, maka satu persatu akan masuk ke ulasan masing-masing cerpen.
  1. The Hawk and The Tree (Burung Elang dan Sebuah Pohon) ~ Pengarang: Ahazam Rahnaward Zaryab. Ilustrator: Hashim Ghorbandi. Negara: Afghanistan.
  2.  The Beautiful, Beautiful Heron (Bangau yang Cantik) ~ Pengarang: Gayetni (U Ye Myint). Ilustrator: U Sein. Negara: Burma.
  3.  Madam Rides the Bus (Ibu Cilik Menumpang Bus) ~ Pengarang: Vallikkannan. Ilustrator: R. K. Laxman. Negara: India.
  4. A Present for Grandfather (Hadiah untuk Kakek) ~ Pengarang: Jusran Safano. Ilustrator: Oesman Effendi. Negara: Indonesia.
  5. The Poet and The Sun (Penyair dan Matahari) ~ Pengarang: Cyrus Tahbaz. Ilustrator: Nikzad Nojoumi. Negara: Iran.
  6. The Fox Boy ~ Pengarang: Nankichi Niimi. Ilustrator: Teikichi Miyoshi. Negara: Jepang.
  7. Yuni and The Ox (Yuni dan Lembu Jantan) ~ Pengarang: O Yong-su. Ilustrator: Kim Young-ju. Negara: Korea.
  8. The Neighbors (Tetangga) ~ Pengarang: Ismail Ahmad. Ilustrator: Othman bin Haji Zainudin. Negara: Malaysia.
  9. The Magic Flute (Seruling Ajaib) ~ Pengarang: Madhav Ghimire. Ilustrator: Tek Bir Mukhiya. Negara: Nepal.
  10. Tunu and the Donkey (Tunu dan Keledai) ~ Pengarang: Anwar Enayetullah. Ilustrator: Mohammad Wasim. Negara: Pakistan.
  11. The Happiest Boy in the World (Anak Laki-laki yang Paling Bahagia di Dunia) ~ Pengarang: N. V. M. Gonzales. Ilustrator: Edgar Soller. Negara: Filipina.
  12. A Cat to Remember (Seekor Kucing yang Akan Selalu Dikenang) ~ Pengarang: Violet Wilkins. Ilustrator: Chin Oi Tow. Negara: Singapura.
  13. A Lantern as Big as House (Lentera Sebesar Rumah) ~ Pengarang: Sybil Wettasinghe. Ilustrator: Somasiri Herath. Negara: Sri Lanka.
  14. The Egg-Breaking Champion (Perlombaan Memecah Telur) ~ Pengarang: Manop Kaewsanit. Ilustrator: Surasak Dusdinthorn. Negara: Thailand.

Buku ini saya beli di obral Buku yang diadakan di kampus saya ketika itu. Harganya murah, hanya IDR 10,000 and I found it was worth it! Saya berharap saya bisa menemukan kembali buku sejenis atau bahkan buku lanjutan daripada buku diatas.

So, those are the stories. Don't you see they are interesting huh? :)
***

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 2. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini.

1 comment on "Kilas Buku: Stories From Asia Today, Book One"

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature