Top Social

Kilas Buku: Uglies #1, Uglies

|
Judul:  Uglies
Serial: Uglies #1
Penulis: Scott Westerfeld
Penerjemah: Yunita Candra
Terbit: 29 April 2010
Penerbit: Matahati
Tebal: 432 halaman

Ada sebuah dunia dimana sebagian besar rakyatnya bermimpi agar fisiknya diubah menjadi rupawan ketika usia mereka 16 tahun. Menjadi rupawan bukan hanya menjadi cantik / tampan selamanya, namun juga menjadi kuat, bahkan hingga saatnya tak bernyawa nanti. Tally Youngblood termasuk salah satu dari mereka yang memimpikan itu. Menjadi kaum buruk rupa (sebutan bagi mereka yang belum dioperasi plastik) hingga usia ke-16 merupakan hal yang tidak terlalu membosankan namun juga tidak sabar untuk menjadi rupawan dan pindah ke kota bersama orang-orang yang sudah menjadi rupawan lebih dulu.

Namun ketika ia bertemu dengan Shay, pada beberapa bulan sebelum ulang tahunnya, pikirannya mulai bimbang. Dari Shay ia mulai tahu dunia luar yang lebih luas dari dunianya. Dan ketika Shay memutuskan untuk pergi meninggalkan kehidupannya yang sekarang, Tally kian bimbang. Ia mulai mengetahui bahwa menjadi rupawan tidak secantik yang ia lihat, akan ada banyak yang harus ia relakan, bukan hanya tubuh aslinya yang diganti, tapi juga pikirannya, jati dirinya.

***

Novel ini aku beli diskonan di bazaar, hehe. Dan ternyata memang lumayan seru, salah satu jenis novel fiksi yang berkategori urban dan science. Entah, dalam novel ini saya hampir tak melihat celah untuk dikritik. Pesan yang disampaikan juga mampu digambarkan dengan lugas dan baik. Bahwa menjadi rupawan bukanlah segala-galanya. Apalagi jika hanya demi menjadi rupawan keaslian diri kita harus diambil dan diganti dengan bahan non-buatan-Tuhan. Yaa, sebenarnya novel ini agak rumit juga, banyak hal dalam dunia Tally yang harus kita pahami, khususnya yang bersinggungan dengan daya imajinasi soal teknologi. Tapi syukurlah sang penulis (juga sang penerjemah ke bahasa Indonesia) berhasil menceritakannya dengan baik. Sehingga novel ini mudah dan enak dibaca. :)
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature