Top Social

Kilas Buku: Bingkai Magenta [Blogtour + Giveaway] - Closed

|

Jika kamu menjadi seorang seperti Serena Heaven, barangkali kamu akan memiliki cerita yang sama dengan ceritanya. Siapa sih yang tidak ingin menjadi sepertinya? Terkenal di dunia maya dan kerap kali mendapat permintaan untuk menjadi  endorser sebuah produk. Tentunya produk yang diulas akan menjadi hak milik pribadi, ditambah sejumlah uang saku yang lumayan untuk jajan.

Serena Heaven menghabiskan hari-harinya dengan menonton film komedi yang sama di kedai tua miliknya yang menyewakan buku dan vinyl lawas. Beruntung saja gadis itu tidak pernah merasa bosan melakukan rutinitas yang sama setiap harinya. Barangkali salah satunya karena interaksinya dengan dunia maya belakangan ini. Serena memiliki akun instagram bernama @SeventHeaven yang ia isi dengan gambar apa saja, termasuk foto-foto pribadi dengan latar kedai tuanya. Tanpa disadari sejak itulah dirinya mulai populer menjadi @SeventHeaven yang sekarang ini

Tidak banyak pengunjung kedai tuanya menyadari kalau Serena adalah @SeventhHeaven. Mungkin Maru adalah mereka yang sedikit itu. Juga, Eru. Seseorang yang mengaku penggemar rahasia gadis itu. Suatu ketika Eru menawarkan sebuah petualangan yang bahkan tidak pernah diimpikan oleh Serena sendiri.

Sementara itu, kamu mungkin ingin juga menjadi seperti Aria. Cewek mungil yang sedang kursus bahasa di Jepang ini adalah sosok yang mandiri. Selain bersekolah di negeri orang, ia juga berniaga lewat online shop-nya di instagram, @HankachiShop. Aria juga punya kegemaran memantau dunia maya. Salah satunya, ia senang melihat hasil jepretan akun @BingkaiMagenta. Ia juga mengikuti akun kekasih Genta, @SeventHeaven.

Suatu ketika, teman satu flatnya, Gesang, membawa pulang seorang asing yang terluka. Seseorang itu tampak mirip dengan pemilik akun @SeventHeaven yang memang sudah biasa dilihat Aria lewat instagram. Sayangnya perempuan yang mengaku bernama Serena itu tidak mau bercerita apapun. Hingga suatu saat semuanya harus terungkap ketika hampir saja terlambat.

**

Ini pertama kalinya saya membaca karya Ghyna Amanda. Awalnya saya tidak mengharapkan apapun selain kisah cinta menyek-menyek ala anak muda. Ternyata yang saya dapatkan lebih dari itu. Ghyna membeberkan cerita yang biasa dialami anak muda di masa kekinian, masanya semua orang gemar bermediasoasial. Zaman sekarang ini, hampir semua orang memiliki akun instagram, dan berlomba-lomba "memamerkan" gambar terbaik agar banyak menuai "like" dan komentar yang bagus.

Yah, media sosial tentunya tidak hanya punya sisi baik, ia juga punya sisi jelek. Bisa saja kamu berkenalan dengan seseorang yang akan menjadi pacarmu atau bahkan musuhmu lewat hal itu. Lalu mana yang paling penting buatmu: dunia maya atau dunia nyata? Atau tiba-tiba kamu akan bilang:
"Aku nggak tertarik dengan sosial media lagi." (hal. 264)
Apapun yang kamu pilih, jangan lupakan cerita tentang @SeventhHeaven ini. Kan kita lagi bahas novelnya Ghyna. Hehe.

**


Judul: Bingkai Magenta
Penulis: Ghyna Amanda
Penyunting: Avifah Ve
Tebal: 272 halaman
Penerbit: Laksana, cetakan pertama 2017


Nah, setelah blogtour di blog mbak Tiwi, ada sebuah buku Bingkai Magenta yang akan saya bagikan di buku.dibaca.in kali ini. Ikutan yuk. Berikut syarat dan ketentuannya:
  1. Peserta berdomisili di Indonesia.
  2. Follow akun Twitter @laksana_fiction atau like FB Penerbit DIVA Press, juga follow @kilasbuku.
  3. Bagikan tautan giveaway ini di medsos. Silakan mensyen saya dan atau penerbitnya.
  4. Buat Kamu yang punya IG, silakan follow @penerbitdivapress..
  5. Tulis nama, akun Twitter, dan alamat surelmu di kolom komentar, diikuti jawaban pertanyaan ini:
mana yang paling penting buatmu: dunia maya atau dunia nyata?
Blogtour Bingkai Magenta di blogku ini akan berlangsung selama 7-13 Agustus 2017. Dan pengumuman pemenang selambatnya akan dilakukan pada 14 Agustus 2017. Berikutnya, blogtour akan berlanjut di blog Agatha. So, tunggu apa lagi? šŸ˜

[updated] Pemenang untuk GA kali ini adalah Dessi Ambarwati (@dessiamw). Selamat Dessi, kamu berhak mendapatkan novel Bingkai Magenta. Silakan kirim data diri, alamat, dan nomor telepon ke email kukilasbuku[at]gmail.com. Jika tidak ada konfirmasi dalam 2x24 jam, maka akan saya pilih pemenang lain.

42 comments on "Kilas Buku: Bingkai Magenta [Blogtour + Giveaway] - Closed"
  1. Rurun Sofiyani - @rurun_sofiya - piscessia.chan@gmail.com - Dunia nyata dong. Karena di sanalah saya bernapas.

    ReplyDelete
  2. Dunia nyata dong, dunia Maya hanya pelarian semata, hahahaha

    ReplyDelete
  3. Oh ya lupa
    Nama: Sulis
    Twitter: @peri_hutan
    Email: zhuelhiez@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  4. Kepengen ikutan tapi keliatannya segmennya berbeda.

    ReplyDelete
  5. nama : Nurhidayanti
    Akun Twitter :@CallMe_Yanti
    Alamat surel :yantinurhida99@gmail.com
    Tentu milih dunia nyata, karena aku hidup di dunia nyata bukan di dunia maya, dunia maya cuma menjadi tempat untuk menunjukan eksistensi saja.

    ReplyDelete
  6. Nama: Alfath
    twitter: @alfari_12
    email: alfath.bookreader(at)gmail.com
    jawaban: Dunia nyata lebih penting dari dunia maya. Meskipun sekarang dunia maya menjanjikan sarana teknologi tanpa batas ruang dan waktu, bagi saya dunia maya adalah pelengkap dunia nyata. Online banking, online shopping, email, dan tentu saja sosial media, itu semua bagian dari dunia maya yang dihasilkan orang-orang yang hidup di dunia nyata. Jadi dunia prioritasnya adalah dunia nyata dulu, baru dunia maya.

    ReplyDelete
  7. Nama : Dinan Wiyantika
    Twitter @dinan_wiyantika
    Surel : dinanwiyantika26@gmail.com

    Dunia Nyata,karena dunia nyata bisa mengajarkan kita memiliki jiwa sosial tinggi

    ReplyDelete
  8. Elsita F. Mokodompit
    Twitter @sitasiska95
    elsitafransiska(et)gmail(dot)com

    Dunia nyata karena disanalah saya hidup. Tapi, saya rasa meski begitu dunia maya tetap harus jadi bagiannya karena bagaimana tidak nyata pun dunia itu terdengar, dunia maya suda banyak berkontribusi dalam dunia nyata saya salah satunya dengan mempercepat peyampaian informasi dan ilmu yang bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Pilih dunia nyata, karena dunia maya mah terlalu banyak fake nya šŸ˜‚

    Veni Nur Agustin
    @VeniNurA
    veninuragustin16@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Nama: Dilla Astria || akun twitter: @dillaastria || officialakiffada@gmail.com - Dunia nyata atau dunia maya mana yang lebih penting(? Jawabanku: keduanya memiliki porsi yang sama besar dan memiliki peran dalam hidupku. Di dunia nyata, ada banyak hal yang harus diselesaikan sementara dunia maya merupakan perpanjangan tangan dari dunia nyata yang tidak ku ketahui dan pengalihan yang sangat kusukai. Tetapi, untuk saat ini, dunia nyataku sangat penting. Banyak hal yang mesti kuselesaikan porsinya dibandingkan menjelajahi dunia maya.

    ReplyDelete
  11. Nama: Dilla Astria || akun twitter: @dillaastria || officialakiffada@gmail.com - Dunia nyata atau dunia maya mana yang lebih penting(? Jawabanku: keduanya memiliki porsi yang sama besar dan memiliki peran dalam hidupku. Di dunia nyata, ada banyak hal yang harus diselesaikan sementara dunia maya merupakan perpanjangan tangan dari dunia nyata yang tidak ku ketahui dan pengalihan yang sangat kusukai. Tetapi, untuk saat ini, dunia nyataku sangat penting. Banyak hal yang mesti kuselesaikan porsinya dibandingkan menjelajahi dunia maya.

    ReplyDelete
  12. Sudah ikutan
    Nama: Putrinda Dwi Amelia
    Twitter: @poetri_amel
    Email: putrindada@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Nama: Dessi Ambarwati
    Twitter: @dessiamw
    email: decyambar50@gmail.com

    Mana yang paling penting buatmu: dunia maya atau dunia nyata?

    Dunia Maya lebih menggoda tapi dunia yang nyata jauh lebih indah. Dunia Nyata, namanya aja udah nyata pasti bakalan jadi kenyataan. Walaupun, terkadang kenyataan tak sesuai apa yang diharapkan.Tapi percaya kok Dunia Nyata itu indah, karna kita sendiri aja berada pada kehidupan yang sudah nyata. Jadi ngapain masih mentingin dunia maya? Buatku, dunia maya hanya buat orang2 yang ingin menjejal kehidupan dunia semata.

    ReplyDelete
  14. Nama: Dessi Ambarwati
    Twitter: @dessiamw
    Email: decyambar50@gmail.com

    Mana yang paling penting buatmu: dunia maya atau dunia nyata?


    Dunia Maya memang menggoda tapi Dunia Nyata seribu jauh lebih indah. Karna kita aja udah hidup pada dunia yang nyata. Walaupun kenyataan kadang tak sesuai dengan apa yang diharapkan. Tapi percaya aja kok dunia nyata itu lebih indah. Buatku, dunia maya hanya buat orang2 yang menjejal kesenangan semata hehee

    ReplyDelete
  15. Nama: Marfa
    Twitter: @marfaumi
    Alamat surel: umi.marfa@gmail.com

    Tetap dunia nyata kak soalnya di dunia maya penuh dengan kebohongan dan kepura-puraan, membuat kita lemah. Kalo dunia nyata, mau nggak mau ya kita face the reality, memahami orang langsung. Dunia maya memang bermanfaat, namun jangan sampai kita hidup di dalamnya dan lupa hidup kita sendiri.

    ReplyDelete
  16. Nama: Alyani Shabrina
    Akun Twitter: @alyanishab
    E-mail : alyaniistt29@gmail.com
    Jawaban: Dunia nyataaaa, kita hidup di dunia nyata, bekerja, belajar, melakukan berbagai hal di dunia nyata, tanpa dunia nyata nggak akan ada dunia maya hehe.

    ReplyDelete
  17. vanisa desfriani
    @ishavanisa
    ishavanisadesfriani[at]gmail[dot]com
    dunia nyata, tempat saat ini kita berada. Bahkan dunia maya itu hadir di dunia nyata bukan?

    ReplyDelete
  18. Nama : Heni Susanti
    Akun twitter : @hensus91
    Email : 19hensus91@gmail.com

    DUNIA NYATA!!
    Apalah arti kehidupan dunia maya jika dalam dunia nyata yang BENAR-BENAR dialami justru terabaikan.
    Ibarat makan tanpa minum itu sih. Seret!! šŸ˜…
    Bukankah kebahagiaan yang hakiki itu yang kita rasakan bersama orang-orang di sekeliling kita?

    Demikian dan terima kasih šŸ˜Š

    ReplyDelete
  19. Nama: Nurul H. F.
    Twitter: @nuhifalala
    Alamat Surel: nhikmatulfatimah@gmail.com


    Lebih penting dunia nyata. Karena, seberapapun kita nyaman di dunia maya, tetap aja yang bakalan kita jalanin hari ini, besok dan seterusnya itu dunia nyata.

    ReplyDelete
  20. Nama: Fitra Aulianty
    Twitter: @fira_yoopies
    Surel: fitra.aulianty[at]gmail.com

    Dunia nyata :D
    Krn kemana-mana kita hidup di dunia nyata, makan makanan nyata, minum pake air putih asli bukan air putih di layar televisi, tidur di kasur empuk yang ada guling aslinya (bukan guling berwajah oppa tampan sih, tapi yang penting gulingnya asli), bernapasnya juga pake oksigen asli. Kalau dunia maya ya cuma sarana untuk mengembangkan sesuatu di dunia nyata.

    ReplyDelete
  21. Nama: Aya Murning
    Twitter: @murniaya
    Email: ayamurning@gmail.com

    Dunia nyata lah :D
    Karena cuma di dunia nyata saya bisa melihat dan mencapai masa depan serta melanjutkan kehidupan, kehidupan yang sesungguhnya. Di dunia maya hanya peralihan dan hiburan di kala senggang.

    ReplyDelete
  22. nama: insan gumelar ciptaning gusti
    akun Twitter: @san_fairydevil
    alamat surel: alamadt_saya@yahoo.com

    Mana yang paling penting buatmu: dunia maya atau dunia nyata? — Dunia nyata. Karena sesakit-sakitnya, semenyedihkannya dunia nyata, jauh lebih baik dari kebahagiaan di dunia maya. Karena yang di dunia maya hanya kesemuan belaka. Seperti tidak penting seberapa banyak temanmu di dunia maya, kalau di dunia nyata tidak memiliki teman.

    ReplyDelete
  23. Nama: Desita Wahyuningtias
    Twitter: @desitaw97
    Domisili: Surakarta

    mana yang paling penting buatmu: dunia maya atau dunia nyata?
    Dunia nyata. Karena di dunia nyata ada timbal balik yang tak bisa diprediksi, membuat kita menikmati tiap usaha dalam menerka-nerka. Dan sebagai makhluk biologis, tentu saja aku butuh asupan biologis yang hanya bisa dicukupi di dunia nyata.

    [kalo adu argumen terkait sosmed, aku rasa sosmed bukan semata-mata dunia maya. ia merupakan bagian dari dunia nyata. interaksi sekunder/ interaksi tak langsung sebagaimana hp, surat, dsb. Akan lebih logis kalo dunia maya disangkut-pautkan dg game. It's fantasy]

    ReplyDelete
  24. Nama: Novi Andriyani
    Twitter: @nvandryn
    Surel: Noviandryn@gmail.com
    Dunia nyata. Walau gimanapun tetep aja dunia nyata yang mendampingi penentu hidup kita kedepannya dan segala urusan lainnya. Buatku Dunia maya cuma alat peralihan aja toh kita gak akan selalu terpacu sama dunia maya karena ujung-ujungnya kita akan kembali lagi ke dunia nyata dan dunia maya bisa saja menjadi membosankan.

    ReplyDelete
  25. Nama: A'imatul Latifah
    Akun twitter: @Aim_La27
    Alamat surel: Aimatullatifah27@gmail.com

    Penting mana dunia maya atau dunia nyata?

    Menurutku, dunia nyata jauh lebih penting. Kenapa? Apa artinya kepopuleran jika orang lain tidak bisa mengenal kita seutuhnya? Apalagi kita tidak hidup di dunia maya. Ada dunia nyata yang lebih nyata--dan butuh orang yang nyata. Kita tahu, manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan bisa hidup tanpa orang lain. Lantas, apa artinya teman bejibun di dunia maya sedangkan yang kita butuhkan teman nyata yang bisa merangkul saat kita terluka? Jadi, bagaimanapun populernya kita didunia maya. Menurutku dunia nyata jauh lebih penting.

    ReplyDelete
  26. Monica Indah Larasati, @monicaindah5, monicaindahlarasati@gmail.com
    Dunia maya atau dunia nyata? Pertanyaan yang cukup sulit. Karena untuk seseorang yang hidup di dunia nyata, dunia maya emang ga semuanya jujur, karena orang2 biasanya menampilkan sesuatu yang terlihat "baik" sehingga orang lain berpikir kalau hidupnya bahagia. Tapi untuk mereka yang hidup di dunia nyata dengan terasingkan atau berbeda, dunia maya bisa jadi tempat mereka untuk unjuk kebolehan atau bakat, mereka bisa jadi orang yang sangat jujur di dunia maya, dan tidak dengan dunia nyata, karena orang2 di dunia maya mengapresiasi mereka, sedangkan dunia nyata tidak. Keduanya saling berkaitan asal membagi porsinya dengan tepat.., intinya jadi diri sendiri dan hiduplah di dunia yg nyata.

    ReplyDelete
  27. Ibnu Majah
    @ibnu_berkicau
    den.bagoes33@gmail.com

    Penting dunia nyata. Karena kenyataan memang jauh lebih penting dari segalanya, sepahit apapun harus dihadapi :)

    ReplyDelete
  28. Nama : MUHAMMAD IMAM FAROUQ
    Twitter : @Faruq_Albanna
    Email : extreme.1302@gmail.com
    Jawaban :
    Kalau ditanya mana yang lebih penting antara Dunia Nyata atau Dunia Maya saya akan mencoba menjawab dalam posisi saya sebagai generasi yang lahir dan besar diera globalisasi ini.
    Saya kira yang Paling penting adalah dunia Nyata, karena sosialisasi yang nyata akan berdampak pada kehidupan kita. Namun menurut saya Dunia Maya juga memiliki kapasitas kepentingan terhadap kehidupan kita(saya). Berapa banyak orang yang sudah merasakan manfaat dari terciptanya interaksi di dunia Maya, maka banyak jawabannya. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah ketika kita menjadikan Dunia Maya seolah-olah adalah segalanya itulah yang salah, karena dunia maya tak selalu memberikan kejelasan dalam arti realita kehidupan kita, sedangkan Dunia Nyata adalah sesuatu yang ada didepan, disekitar kita, dan itu biaa dirasakan.
    Keduanya penting, tergantung dari sudut pandang mana kita menilainya.

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Nama: Atiyah
    Twitter: @yultiyul5
    Alamat surel: TAtiyah49@gmail.com
    mana yang lebih penting dunia nyata atau dunia maya?
    Menurut aku sih dunia nyata. Yaa meskipun di jaman yg serba tekhnologi ini kita tidak bisa menampik pentingnya dunia maya tetapi tetap, dunia nyata segalanya. Karena kita lahir, hidup, berjuang, dan mati di dunia nyata. Baik itu untuk terlihat nyata dan mewujudkannya jadi nyata. Dunia maya hanya menjadi alat untuk mempermudah apa yg kita cita2kan.

    ReplyDelete
  31. Rizki Fitriani
    @Kikii_Rye
    kikiryeo@gmail. com

    dunia nyata. karena aku dari dan untk hidup di dunia nyata

    ReplyDelete
  32. Nama : Hamdatun Nupus
    Akun Twitter : @HamdatunNupus
    Link Share : https://twitter.com/HamdatunNupus/status/895990151175741440
    Email : hamdatunnupus@gmail.com

    Dunia nyata atau dunia maya?

    Dua-duanya secara kasat mata sama-sama nampak menurutku. Kita bisa saling bicara, bertatapan, bertukar informasi, menyampaikan emosi dan sebagainya. Hanya saja dunia Maya diciptakan tidak dlm bentuk 3 dimensi. kau bisa mendengar suaranya tapi tak kau dapat getarannya,kau bisa melihat wujudnya tapi tak bisa menyentuhnya, kau bisa mereguk semua ilmunya tapi tak bisa kau pastikan apakah kau mampu paham akan isinya, kadang emotikon bentuk hati yg kau dapat bisa membuatmu tersenyum tapi tak bisa membuatmu tersenyum dan merasakan getaran-getaran yg kau inginkan. Ya sayangnya dunia Maya berada disisi yg seperti itu.

    Aku memilih sesuatu yg bisa kudengar, kulihat, kusentuh Dan kurasakan dengan benar melalui telinga, mata juga genggaman dengan nyata bukan Maya šŸ˜Š

    ReplyDelete
  33. nama : Farida Endah
    Twitter : @farida_271
    email : faridaendah@gmail.com

    jawaban : dunia nyata dong, karena kita juga manusia nyata yang butuh sosialiasi dengan alam sekitar dan lingkungan kita bukan?

    ReplyDelete
  34. Nama: Lynn Melody
    Twitter: @justlynn23
    Email: lovelynn.melody@gmail.com

    mana yang paling penting buatmu: dunia maya atau dunia nyata?
    Tentu saja dunia nyata yang paling penting untukku. Karena aku hidup di dunia nyata, aku bernafas, mencari nafkah, bersekolah, bekerja, bahkan berkontribusi itu di dunia nyata. Namun bukan berarti dunia maya nggak penting. Banyak hal yang dapat membantu untuk melakukan hal-hal di kehidupan di dunia nyata lewat dunia maya. Mencari nafkah juga sekarang bisa lewat dunia maya, berkirim email untuk pekerjaan, bahkan berkomunikasi dengan teman jauh lewat dunia maya. Berkonstribusi untuk menolong sesama juga bisa lewat dunia maya. Jadi dunia maya itu penting, tetapi dunia nyata jauh lebih penting menurutku.

    ReplyDelete
  35. Dini Auliana Putri
    @Dini_Auliana28
    dinieembemz@gmail.com

    Tentu saja dunia nyata. Kita hidup untuk merasakan indahnya dunia yang telah Tuhan ciptakan sedemikian rupa. Untuk menikmati dan mengejar apapun hal hal yang kita inginkan dengan nyata. Meski tidak dipungkiri dunia maya juga berperan penting di era modern saat ini. Namun tetaplah prioritas ada di dunia nyata.

    ReplyDelete
  36. Nama: Kitty
    Twitter: @womomfey
    Email: kitty.wibisono@gmail.com

    Sebenarnya, buatku pribadi, dunia maya dan dunia nyata itu bagaikan 2 sisi mata uang loh! Bisa dibilang mereka saling melengkapi. Meskipun banyak orang bilang kalau dunia nyata itu jauh lebih penting, bagiku sih gak begitu. AKu bilang begini karena aku memiliki kehidupan di kedua dunia tersebut. Di dunia nyata, aku menjalani kehidupanku sebagai seorang anak, istri, ibu dan juga seorang guru. Sedangkan di dunia maya, aku bisa menjadi apapun yang kumau. Hal yang paling kusukai dari dunia maya, apapun dapat ditemukan dengan mudahnya: informasi, komunitas baru, referensi (well, you name it!)

    Saat aku butuh referensi buku bacaan yang oke, kutemukan komunitas pembaca buku yang gak hanya memberikan segudang referensi buku bacaan kece, namun memberikanku "rumah baru" yang nyama untukku bertukar pikiran mengenai genre bacaan faveku. Aku pun dapat sharing review buku-buku yang sudah kubaca dan bisa membantu orang lain menemukan buku yang pas buat mereka.

    Saat aku ingin menyalurkan passionku sebagai gamer, kutemukan komunitas gamer online yang menerimaku sebagai "keluarga baru" mereka. Dan kami gak hanya sebatas bertemu di dunia online, kami beberapa kali melakukan gathering layaknya keluarga :)

    So, I live in both real world and cyber world. And for me, both of them are important to me.

    ReplyDelete
  37. Nama: Oci
    Twitter: @Arthms12
    Email: ravarasre@gmail.com

    mana yang paling penting buatmu: dunia maya atau dunia nyata?

    Dunia nyata dong! Karena dunia nyata tempat aku hidup secara real bertemu orang-orang, berinteraksi secara langsung, melanjutkan hidup, meraih banyak hal yang nyata. Menurutku dunia maya hanya hiburan dan kadang penuh kepalsuan dari orang-orang yang duduk di balik meja dengan komputer atau ponselnya. Aku pernah dengar kalimat sindiran: di dunia maya tidak ada orang miskin. Semua org berlomba memamerkan kebahagiaannya yang sama sekali tidak ada gunanya. Dunia maya itu fake! Tapi tergantung yg memakainya, banyak juga hal-hal bermanfaat, termasuk nemu GA hahahašŸ˜¬

    ReplyDelete
  38. Nama: Cahya
    Twitter: @ccchhy
    Email: cahyasptm@gmail.com

    Kalau ditanya mana yang paling penting, dunia nyata buatku lebih penting. Jika ditanya apakah sama-sama penting, ya bisa jadi keduanya sama penting untuk menyeimbangkan antara kolega di dunia nyata dan dunia maya. Ibaratnya, dunia maya itu sebagai pintu kedua untuk 'mencari' apa yang tidak bisa kita dapat di dunia nyata. Tapi bagiku tetap yang PALING penting (sesuai dengan pertanyaan) adalah dunia nyata karena tanpa ada akun di dunia maya pun kita tetap bisa hidup toh? Contohnya orang-orang zaman dulu atau orangtua kita sendiri yang tidak mengenal internet apalagi sosial media. Jangan sampai melupakan orang-orang terdekatmu hanya untuk terlihat bagus (pencitraan) di dunia maya, seperti kumpul sama temen atau keluarga tapi malah sibuk foto dan upload di gadget masing-masing, kan jadinya kurang asik :)

    ReplyDelete
  39. Nama: Rohaenah
    Twitter: @rohaenah1
    Email: rohainalilis@gmail.com
    Jawaban: tentu saja lebih penting dunia nyata karena kita hidup di dunia yang sesungguhnya. Bagi saya dunia maya cuma buat pengisi waktu luang saat senggang, tapi tetap mempunyai arti tersendiri karena lewat dunia maya sesaat saya bisa melepaskan kepenatan di dunia nyata. Apalagi di zaman modern sekarang di mana dunia maya berkembang pesat, kita tidak bisa terlepas dari hal tersebut.

    ReplyDelete
  40. Yulia Nila Cahya
    @yulianilachy
    yulianilachy@gmail.com
    Jawaban : Dunia nyata, sebab di sini minimal keburukan tidak ditutupi, kebaikan tidak berkedok yakni; terlihat apa adanya.

    ReplyDelete
  41. Rini Cipta Rahayu
    @rinicipta
    rinspiration95@gmail.com

    Dunia nyata. Seeksis apapun di dunia maya, nggak akan ada artinya kalau di dunia nyata nggak bisa menjadi diri sendiri dan menjalani peran sesuai dengan skenario kehidupan.

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature