Top Social

Kilas Buku: The Interpretation of Murder

|
The Interpretation of Murder: Sigmund Freud dan Shakespeare dibalik Pembunuhan Misterius
Judul Asli: The Interpretation of Murder
Pengarang: Jed Rubenfeld
Penerjemah: Isma B. Soekoto
Tebal: 616 halaman
Tahun: 2007
Penerbit: Ufuk Press

Novel yang satu ini gabungan dari berbagai genre ya, mulai dari historikal, misteri, sastra, dan yang paling penting adalah psikoanalisa. Maka itulah sebabnya nama Sigmund Freud dan Shakespeare dibawa-bawa dalam terjemahan judul novel ini ke dalam bahasa Indonesia. Jadi kisah fiksi ini didasarkan pada kisah nyata kedatangan Sigmund Freud ke Amerika Serikat bersama teman-teman seperjuangannya yang membawa Psikoanalisa sebagai ilmu baru yang patut diperhitungkan dalam dunia Psikologi. Namun pada saat yang sama terjadi pembunuhan terhadap seorang wanita cantik di suatu tempat.

Beberapa hari kemudian, terjadi penyiksaan terhadap seorang gadis bangsawan yang ditinggalkan dengan tubuh yang penuh sayatan. Kepolisian heboh begitu juga dengan walikota. Sementara si korban tidak sanggup mengatakan apapun karena jiwanya yang labil, bahkan ia sempat tidak dapat berbicara. Disinilah si tokoh utama muncul. Ia yang merupakan dokter namun juga penganut Psikoanalisa bertindak mengatasi disorder yang sedang terjadi pada gadis muda tersebut. Namun sayang, pemulihan yang diharapkan dapat sekaligus menjadi titik terang bagi kelanjutan kasus ini, tidak dapat berjalan lancar.


Novel ini sebenarnya punya alur yang sederhana, hanya saja Rubenfeld telah mengembangkannya dengan berbagai cerita pendukung dan cerita sejarah lainnya yang terjadi di Amerika pada masa itu. Saya pun tadinya mengira sang pembunuh dan penyiksa gadis-gadis muda itu sebenarnya adalah tokoh si anu yang ada dalam cerita pendukung tersebut, ternyata sama sekali tidak ada hubungannya (ya mungkin memang ada, tapi terasa sekali cerita ini dibuat kaitan-kaitannya saja untuk melengkapi novel ini). Tokoh Freud pun sebenarnya hanya semacam menjadi penasehat dalam novel ini. Ia menjadi pebimbing dan tempat berkonsultasi bagi si tokoh utama dalam menyelesaikan kasus si korban gadis muda yang disiksa tadi. Karena dalam novel ini Freud diceritakan punya masalah sendiri dengan urusan eksistensi teori Psikoanalisa yang ia bawa ke Amerika Serikat.

At least, novel ini bagus dibaca, khususnya bagi mereka yang mau belajar tentang Psikoanalisa melalui novel.
2 comments on "Kilas Buku: The Interpretation of Murder"
  1. covernya keren banget yaaa. Terbitan Ufuk lagi. Terjemahan Ufuk biasanya bagus. Mo coba nyari ahh. Makasi infonya

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature