Top Social

Kilas Buku: Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

|

 
Judul: Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken
Pengarang: Jostein Gaarder & Klaus Hagerup
Penerjemah: Ridwana Saleh
Penerbit: Mizan
Cetakan: II, Juli 2011
Tebal: 282 halaman
Rating: 5/5
Kelayakan Baca: Semua umur

Sinopsis dan kilas buku versi Kilas Buku (kindle version *joking):
Ada dua sepupu yang hobi surat-suratan tentang buku dan perpustakaan. Apa aja yang ada diomongin dalam surat. Dan pada akhirnya Kilas Buku memutuskan buku ini layak baca. -end of reviewing-

Sinopsis yang sebenarnya (menurut Mizan. bisa dibaca di sampul belakang buku):

Dua saudara sepupu, Berit dan Nils, tinggal di kota yang berbeda. Untuk berhubungan, kedua remaja ini membuat sebuah buku-surat yang mereka tulisi dan saling kirimkan di antara mereka. Anehnya, ada seorang wanita misterius, Bibbi Bokken, yang mengincar buku surat itu. Bersama komplotannya, tampaknya Bibbi menjalankan sebuah rahasia atas diri Berit dan Nils. Rencana itu berhubungan dengan sebuah perpustakaan ajaib dan konspirasi dalam dunia perbukuan. Berit dan Nils tidak gentar, bahkan bertekad mengungkap misteri ini dan menemukan Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken.


Review (edisi sedikit serius):

Sebelum membaca buku ini, sudah ada niatan saya untuk memiliki pandangan skeptis dan perasaan pesimis. Apalagi ketika adek saya berhenti membaca dalam 5 halaman pertama dan bilang, "gue ga ngerti buku ini, ah!" katanya sambil melempar pelan-pelan buku itu diatas kasur saya. Well, fine, ndak pa-pa. Toh saya tetap akan berusaha membacanya.

Dan akhirnya sekarang kejadian itu sudah menjadi masa lalu dan saya telah membacanya. I have read that book! Komentarnya? It was great! I have the great feeling during read that book. It's really a magic book. *jangan muntah karena membaca puji-pujian berlebihan ini ya*
Ya, saya akui saya menyukai buku ini dengan sangat (saat ini). Lewat Berit dan Nils, juga Bibbi Bokken (yang pada awalnya benar-benar saya pikir sebagai nenek tukang ngiler setiap kali lihat buku. *kasih tisu), Gaarder dan Hagerup membuat saya merasakan petualangan dalam asiknya menulis buku surat.

intermezzo: sebelum saya membaca buku ini, saya juga pernah lho menulis buku surat bersama teman saya. Jadi suratnya ada di dalam buku gitu kayak Berit dan Nils. Tapi tentu saja buku surat Berit dan Nils lebih canggih! ;)

Satu hal lagi, sedikit pengetahuan tentang dunia perpustakaan dan perbukuan dalam buku ini, membuat saya ikut ngiler dan mengelap terus-terusan iler yang keluar (jangan dibayangkan karena sebenarnya ga ada iler yang keluar). Intinya, Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken membuka pikiran saya sedikit (sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali) tentang dunia buku. :)

Penulis:
Jostein Gaarder adalah penulis novel filsafat Dunia Sophie yang merupakan buku fiksi terlaris di dunia pada 1995.

Klaus Hagerup adalah salah satu penulis terkemuka Norwegia. Karya-karyanya, yang kebanyakan berjenis bacaan anak dan remaja, digemari di kawasan Skandinavia dan Jerman.

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 2 oleh Bzee, New Authors RC 2013 dan What's in a Name oleh Ren. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini, disini, dan disini.
5 comments on "Kilas Buku: Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken"
  1. wah kaykanya layak punya banget nih

    ReplyDelete
  2. Sepertinya aku lebih pengen baca buku ini dibandingkan dunia sophie...

    ReplyDelete
  3. Dulu waktu pertama kali baca memang rada bingung, sempat berhenti agak lama. Kemudian coba baca lagi dari awal ternyata menarik sekaligus asyik, memang adegan serunya pas tengah-tengah menjelang akhir ya :D satu-satunya buku jostein yg bisa kutelaah, lainnya lebih berat >.<

    ReplyDelete
  4. iyaaa aku juga sempet bingung karena susah ngebedain ini surat siapa..hehe apalagi nama2 mereka rancu gitu antara nama cw dan cowok :p tapi belakangan sih makin seru bukunya :)

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature