Top Social

Kilas Buku: Table for Two Vol 1

|
source: ECC Bintaro Bukalapak

Wakaba adalah siswi kelas 6 SD yang ditinggal pergi begitu saja oleh ibunya. Dalam kebingungan ia diajak untuk tinggal bersama seorang lelaki dewasa bernama Kazuotomo yang masih saudara jauh. Awalnya Wakaba berontak, takut tinggal bersama orang asing. Namun entah kenapa ia bersikeras untuk selalu memasak setiap jadwal makan tiba, padahal ia masih kecil. Wakaba juga selalu marah dan tidak ramah kepada Kazuomoto, yang syukurlah selalu ditanggapi dengan lembut oleh lelaki itu.

Selama tinggal di rumah saudaranya itu, Wakaba selalu saja teringat akan ibunya. Yang paling ia kenang adalah saat-saat ibu memasak untuknya, kemudian makan bersama. Sayang, tidak hanya kenangan manis yang ia ingat, namun juga kenangan pahit. Hal itulah yang membuat Wakaba menjadi anak pemurung.

Ternyata, tidak hanya Wakaba yang mempunyai masa lalu pahit. Akankah Kazuomoto  akan memberitahu kisah sebenarnya?

Komik ini sebenarnya bukan komik untuk anak, walau menjadikan anak kelas 6 SD sebagai tokoh utamanya. Penulis membawa isu hubungan antar orang tua dan anak dalam ceritanya. Wakaba, si tokoh utama, menjadi pemurung karena alasan kuat. Ia mendapat perlakuan buruk setiap kali ingin membantu ibunya memasak. Karena itulah ia menjadi anak yang pemarah sekaligus penakut ketika berhadapan dengan Kazuotomo dan orang-orang dewasa lainnya. Ia takut dimarahi dan dipukul. Bagi Wakaba, orang dewasa punya sifat dan sikap yang sama.

Saya sendiri punya pengalaman yang kurang lebih sama dengan Wakaba. Berniat membantu orang tua, yang ada malah dimarahi. Berniat melakukan inovasi, yang ada malah dijatuhkan. Itulah yang menyebabkan banyak anak tumbuh dengan sifat tidak percaya diri dan mudah marah. Orang tua, tanpa mereka sadari, sudah membentuk anak mereka menjadi generasi rapuh seperti itu.

Kisah yang menarik untuk dibaca orang-orang dewasa yang masih suka baca komik. Dan saya rasa anak remaja bisa juga membacanya asal ada bimbingan dari orang yang lebih tua.

Tiga bintang.

Data buku

Judul: Table for Two
Judul asli: Futari no Table
Pengarang: Rumi Ichinohe
Penerjemah: Dian Indrinuswati
Editor: Anjar Dewanti
Tebal: paperback, 168 halaman
Penerbit: M&C, 2013 (pertama kali terbit 2012)
1 comment on "Kilas Buku: Table for Two Vol 1"
  1. Komik? Wah, kayanya cocok nih, saya lagi cari rekomendasi komik buat dibaca.

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature