Top Social

Kilas Buku: Big Breasts and Wide Hips

|

Buku ini adalah hasil haul dari booth BBI di IRF tahun 2013. Jadi mungkin sudah sekitar 4 tahun masih dalam kondisi tersegel, yang akhirnya resmi saya buka dan baca tahun ini. Padahal lho ya saya punya 2 buku Mo Yan (Sorgum Merah & Di Bawah Bendera Merah) yang sudah saya lepas segelnya, tetapi belum terbaca. Yak, betul karena malas hehe.

Ngomongin karangan Mo Yan, bagi yang sudah tahu tentang beliau, pastinya sudah mengerti kalau sejarah adalah tema utama dalam setiap ceritanya. Serius, ngeri, sedih, mencekam, itu pasti. Ajaibnya Mo Yan selalu mampu menghadirkan sisi sarkas dan humor dalam ceritanya. Itu yang saya rasakan setelah membaca novel yang akan saya ulas sekarang ini.

Big Breasts dan Wide Hips, jika dilihat dari sampulnya, menampilkan gambar perempuan cantik. Sayang, ceritanya, karena didominasi unsur sejarah, tentu saja tidak melulu menyajikan keindahan dan kebahagiaan. Tokoh utama (dan sentral) dalam novel ini adalah Shangguan Lu (Xuan'er). Cerita mengambil masa pasukan Jepang mulai menduduki daratan Cina, yang ketika itu Shangguan Lu tengah melahirkan anak ketujuh dan kedelapan (kembar) nya. Melewati perjuangan panjang, Yunu (bayi perempuan, anak ketujuh), dan Jintong (bayi laki-laki, anak kedelapan) berhasil lahir dengan selamat. Sayangnya kelahiran anak kembar itu harus disambut dengan kematian ayah dan kakeknya (karena dibunuh oleh pasukan Jepang), dan juga kegilaan neneknya (karena melihat suami dan anak kandungnya terbunuh).

Shangguan Lu sebenarnya sudah menderita sejak lahir. Tanpa ayah dan ibu, ia dirawat oleh paman dan bibinya. Pada umur 17 tahun ia menikah dengan seorang laki-laki mandul dan takut pada ibunya. Sejak itu penderitaan Lu semakin berat. Ia terus menerus menerima caci maki dari ibu mertuanya, dan juga pukulan-pukulan dari suaminya. Anak-anak yang dilahirkan merupakan benih dari banyak lelaki (termasuk pamannya sendiri), yang sayangnya berjenis kelamin perempuan. Hal ini yang membuat sang ibu mertua mengeluh sambil tak lupa melakukan kekejaman kepada Lu.

Suatu ketika, Lu jatuh cinta kepada pastor Swedia yang bermata biru. Darinyalah dia mendapat anak kembar perempuan dan laki-laki. Senang luar biasa itu pasti. Anak laki-lakinya pun menjadi anak kesayangannya. Sayang ia tumbuh menjadi lelaki yang lemah dan sangat kecanduan menyusu.

Novel dengan ketebalan hampir 800 halaman ini menggambarkan situasi politik yang silih berganti yang pernah terjadi di Cina. Mo Yan menjadikan keluarga besar Shangguan Lu sebagai latar belakangnya. Dapat dikatakan berbagai haluan politik berkumpul di sana, mulai dari pasukan Cina yang pro-Jepang, pasukan Cina yang anti-Jepang, hingga pasukan Cina yang komunis (haluan politik Cina sekarang).

Yang saya pelajari adalah setiap revolusi memakan korban. Dan para pemimpin itu kadang tidak peduli berapapun korban yang jatuh. Mereka menyerukan kebaikan haluan politik yang mereka anut. Namun ketika dihadapkan dengan penderitaan rakyatnya, mereka berkata bahwa itulah harga untuk kebaikan negara dan rakyat di masa depan. Entahlah, apakah mereka benar mementingkan rakyat atau malah dirinya sendiri.

Saya mengagumi karakter Shangguan Lu yang tangguh. Memang ia masih bersifat dan berpikir kuno karena lahir pada zaman kekaisaran berkuasa. Ia masih memegang teguh bahwa anak laki-laki lebih baik daripada anak perempuan, walaupun pada akhirnya anak laki-lakinya agak mengecewakannya. Namun Lu adalah sosok yang tidak pernah mengeluh dan selalu siap menghadapi situasi yang paling sulit sekalipun.

Lalu kemana sebenarnya kaisar Cina? Cerita dalam novel ini terjadi kira-kira pada masa kaisar Cina terakhir berkuasa. Pada saat itupun ia hanya menjadi kaisar boneka, sementara situasi politik dan pemerintahan dipegang penuh oleh banyak kubu  secara bergantian, yang pada akhirnya kubu Komunislah yang berkuasa hingga saat ini.

So, Bagi yang menyukai sejarah, saya sangat merekomendasikan novel ini untuk dibaca.

Data buku

Judul: Big Breasts and Wide Hips
Pengarang: Mo Yan
Penerjemah: Rahmani Astuti
Penerbit: Serambi, Cetakan II, Mei 2011
Tebal: 751 halaman

1 comment on "Kilas Buku: Big Breasts and Wide Hips"

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature