Top Social

Kilas Buku: Starters

|

Suatu hari di masa depan, hanya akan ada kaum anak-anak (starters) dan kaum lansia (enders) yang hidup. Kaum muda dan mereka yang berada pada usia produktif sudah musnah akibat perang spora dan tidak sempat mendapatkan vaksin seperti kaum lainnya. Akibatnya banyak kaum anak yang hidup gelandangan karena tidak punya orang tua atau kerabat. Hanya segelintir anak yang beruntung, yang masih memiliki kakek atau nenek sebagai pengasuhnya. Sayang, Callie dan adiknya bukan termasuk dari mereka yang beruntung.

Callie dan adiknya, Tyler, tinggal sebatang kara seperti kaum anak-anak lainnya. Mereka tidak punya tempat tinggal karena semua bangunan, baik yang masih berfungsi atau tidak, sudah diambil alih oleh para tentara yang tentu saja berasal dari kaum lansia. Mereka pun terpaksa harus berpindah-pindah tempat untuk menghindari tentara.

Semua anak-anak juga tidak dapat bekerja sehingga mereka tidak dapat memiliki harta untuk hidup yang lebih baik. Satu-satunya cara untuk mendapatkan uang banyak dengan cara cepat adalah menyewakan tubuh untuk dipakai secara sementara kepada kaum lansia. Jadi sistemnya begini, anak-anak yang setuju tubuhnya disewa akan mendatangan bank penyewaan tubuh. Di sana kepalamu akan dioperasi untuk ditanam chip yang nantinya dijadikan alat pertukaran pikiran antara kau dan si penyewa. Callie tergoda untuk menyewakan tubuhnya demi mengobati sakit paru-paru Tyler. Sayangnya hal tidak menjadi mudah untuk Callie. Lansia yang menyewa tubuh Callie punya misi tersendiri dengan tubuhnya.

Cerita distopia yang menarik. Dengan konsep dunia yang hanya ditinggali oleh dua kaum berdasarkan umur, di mana kaum-kaum ini membenci satu sama lain (kecuali yang masih sedarah). Kaum anak-anak harus ditindas oleh kaum manula yang seharusnya menjadi kakek dan nenek mereka. Dan juga ada teknologi bertukar tubuh yang menjadi cara bagi para manula bersenang-senang menggunakan tubuh anak-anak.

Duh kenapa sih anak-anak itu nggak diasuh saja sama para kakek nenek. Toh mereka sama-sama sebatang kara. Dasar kalau sudah tua sudah ngga mau repot ya ngurusin anak. Atau para lansia di novel ini memang ketakutan jika anak-anak bertumbuh akan mengancam keberadaan mereka.

Untuk kalian yang suka genre distopia, boleh nih dijadikan salah satu bacaan di waktu senggang. :)

Informasi buku

Judul buku: Starters
Pengarang: Lissa Price
Tebal: paperback, 476 halaman
Penerbit: PlotPoint, Desember 2012 (pertama kali terbit Maret 2012)
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature