Top Social

Kilas Buku: Death Cloud (Young Sherlock Holmes #1)

|
Judul: Death Cloud (Young Sherlock Holmes #1)
Pengarang: Andy Lane
Penerjemah: Slamet Handi Hartadi
Genre: Misteri; Young Adult
Paperback, 308 halaman
Elex Media Komputindo, 2012 (Pertama kali terbit 2010)

YOUNG SHERLOCK HOLMES
Kaupikir kau mengenalnya? Pikir lagi " DUA MAYAT SATU PAHLAWAN YANG DIKENANG SEPANJANG MASA AWAL SEORANG LEGENDA Saat Sherlock Holmes yang berusia empat belas tahun menemukan mayat yang dipenuhi bisul, peristiwa itu menjadi awal dari sebuah kehidupan baru. 

Benak Sherlock yang tidak mengenal rasa takut dan haus akan petualangan membawanya dalam petualangan yang mencengangkan-dari pedesaan yang hening ke galangan kapal bawah tanah London, melewati kebakaran, penculikan, dan espionase, hingga berujung pada rencana menakutkan yang membahayakan masa depan Kerajaan Inggris. 

Sherlock Holmes Muda akan membutuhkan segenap keberanian, determinasi, dan kekuatan untuk mengalahkan musuh yang berniat keji. (goodreads)

***

Saya belum pernah membaca satu karya Sir Arthur Conan Doyle, hanya tahu kisahnya segelintiran saja. Dan kini saya membaca kisah Sherlock Holmes di masa mudanya yang tentu saja ditulis oleh penulis lain. Ada banyak cerita mengenai Sherlock Holmes yang ditulis oleh penulis selain Doyle. Dan sepengetahuan saya ada dua macam novel mengenai Sherlock Holmes muda yang tanpa sengaja kami miliki keduanya; pertama salah satu serial Boy Sherlock Holmes yang dibeli oleh Arif dan kedua Young Sherlock Holmes yang saya beli kemarin dan kini saya tengah review hasilnya.

Awalnya saya menikmati dan memang cukup keren kisahnya untuk dinikmati secara serius. Diceritakan bagaimana Holmes muda yang meski pintar tapi ternyata masih hijau. Seolah Andy Lane, sang penulis berpikiran bahwa kemampuan Sherlock Holmes sebagai detektif handal tidaklah instan. Banyak latar belakang dan orang-orang yang membuat Sherlock tumbuh menjadi sosok jenius. Dan yang saya tangkap dari cerita yang sudah saya baca baru saja ini, tidak hanya satu orang yang turut andil 'mencerdaskan' Sherlock. Ada Mycroft Holmes, kakak kandungnya yang juga tak kalah cerdas, Matty gelandangan yang kemudian menjadi sahabat Sherlock, Amyus Crowe guru privatnya dan Virginia Crowe, anak perempuan satu-satunya. Dari orang-orang itu dan pengalaman ia menerjunkan diri ke dalam petualangan membuatnya menjadi banyak tahu.
"Pikiran itu seperti roda yang terus berputar, berputar tanpa henti dan tanpa tujuan... Informasi adalah dasar untuk semua pikiran rasional. Carilah informasi itu. Kumpulkan dengan dengan penuh ketekunan. Isi gudang pikiranmu dengan fakta sebanyak yang bisa kamu masukkan ke dalamnya. Jangan tergoda untuk membedakan yang mana fakta penting dan yang mana sepele: semuanya bisa jadi sama pentingnya nanti." (hal. 51)
Kisah Holmes muda ini cocok sebagai bacaan anak-anak remaja. Mungkin saja ini bisa dijadikan bacaan mula untuk 'menjerumuskan' anak-anak kepada kesenangan membaca serial detektif dan misteri.

Review ini saya ikutsertakan pada Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 4, dan New Author by Ren.
2 comments on "Kilas Buku: Death Cloud (Young Sherlock Holmes #1)"
  1. Saya sendiri tidak begitu menyukai Serlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle >.< terlalu dingin bagi saya :p hmmmm tapi mungkin menarik membaca masa muda Holmes, soalnya bukan Doyle yang menuliskannya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dibaca dweedy.. aku baca buku ini juga gara-gara nemu di obralan :D

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature