Top Social

Kilas Buku: The Maze Runner (The Maze Runner #1)

|
Judul: Maze Runner #1: The Maze Runner
Pengarang: James Dashner
Alih Bahasa: Yunita Candra
Penerbit: Mizan Fantasi
Tahun: November 2011
Tebal: 532 halaman
Rating: 4/5
Usia Layak Baca: 15+


Seorang anak laki-laki tiba-tiba terbangun di dalam sebuah lift dengan hanya sebuah ingatan di pikirannya, Thomas. Itulah namanya. Ketika lift terbuka, dia disambut oleh sekelompok anak yang melihatnya dengan tatapan dan komentar yang aneh. Thomas akhirnya mendapati bahwa dia menjadi kelompok anak yang terjebak di dalam Maze. Mereka tinggal di dalam Glade, satu-satunya daerah aman di dalam Maze. Ketika malam menjelang, pintu Glade akan tertutup untuk mencegah makhluk buas aneh bernama Griever masuk. Beberapa anak yang memiliki kelebihan ditugaskan untuk menjadi Pelari. Mereka bertugas menyisir Maze pada siang hari untuk menemukan jalan keluar dari Maze dan harus sudah kembali ke Glade sebelum pintunya tertutup.

Anak-anak di dalam Maze dipimpin oleh Alby dan Newt dan bekerja sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Anehnya, meski mereka tinggal di dalam Maze, mereka dapat memenuhi kebutuhannya sendiri dan pada waktu tertentu lift akan mengirimi mereka dengan benda-benda yang mereka butuhkan. Keanehan mulai terjadi ketika tiba-tiba lift untuk pertama kalinya mengirimkan seorang anak perempuan. Thomas tiba-tiba merasa bahwa ia mengenal anak perempuan tersebut. Kedatangan anak perempuan, yang kemudian diketahui bernama Theresa itu, membawa peristiwa yang ditakuti oleh semua anak. Pintu Glade tiba-tiba tidak menutup lagi. Apakah yang harus mereka lakukan? Apa kaitan Theresa dengan Thomas? Apakah mereka berhasil menyelamatkan diri dari Maze? Apakah Maze itu sebenarnya?

...

Novel The Maze Runner ini merupakan seri pertama dari serial Maze Runner. Ketika membaca bagian awalnya, saya menjadi teringat akan sebuah film menegangkan berjudul SAW. Setting awal novel ini memang agak mirip dengan film tersebut, tokoh utama tiba-tiba terbangun dan berada pada ruangan misterius. Pada awalnya, saya sempat mengira bahwa cerita tentang Maze dapat berkembang sangat luas. Namun ternyata, penulis hanya membatasi setting tempat cerita ini hanya pada Glade dan bagian tertentu dari Maze saja. Tokoh Thomas dalam cerita ini terasa memiliki kemampuan yang lebih bila dibandingkan dengan tokoh-tokoh lainnya sehingga dirasa kurang seimbang dengan tokoh lainnya. Hal yang agak disayangkan adalah misteri tentang Maze dan jalan keluarnya ternyata sangat sederhana dan dapat ditebak. Namun hal ini cukup tertutupi dengan misteri baru yang mulai dibuka di akhir cerita untuk melanjutkan ke seri selanjutnya The Scorch Trial. Akhirnya jika teman-teman menyukai serial petualangan yang dibalut dengan misteri, novel ini cocok untuk anda.

Tambahan, saya rasa novel ini pun cocok untuk anak sekitar usia 15 tahun keatas. Meskipun sebenarnya agak sulit menentukan rentang usia untuk novel yang satu ini.

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 3 oleh Bzee, Read Big Mbak Dessy di Ngidam Buku, dan New Authors RC 2013. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini, disini, dan disini.

4 comments on "Kilas Buku: The Maze Runner (The Maze Runner #1)"
  1. Tapi cerita selanjutnya lebih kejam :|

    Dan....

    Semua serinya aku kasih lima bintang :)

    Suka banget...

    Ayo baca lanjutannya sebelum filmnya muncul 14 Februari 2014 :)

    ReplyDelete
  2. Nah yang ini aku sudah lama punya, tapi belum dibaca. Sepertinya memang bagus dan bikin penasaran.

    ReplyDelete
  3. U.u pengen beli bukunya

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature