Top Social

Kilas Buku: NSJ 2122 #1, Mumi Legenda

|
Judul: Mumi Legenda (NSJ 2122)
Serial: NSJ 2122 #1
Penulis: Efi F. Arifin
Terbit: 2004
Penerbit: DAR! Mizan
Tebal: 227 halaman

Yay! Novel ini adalah salah satu novel sci-fi Indonesia yang saya suka selain novel AREA X. Menurut saya, novel Mumi Legenda karya Mbak Evi ini adalah termasuk genre sci-fi generasi pertama, lagi-lagi selain AREA X tentunya. [Haay kapan-kapan akan saya ulas tentang novel yang saya suka itu di blog ini nanti. :D] Karena novel ber-genre sci-fi benar-benar belum begitu banyak di tahun 1999 dan awal 2000an, jadi saya berani menyebut novel Area X dan Mumi Legenda ini termasuk dalam generasi awal mula sebab sci-fi dan distopia di Indonesia semakin berkembang. Kalau ada pendapat lain dengan alasan yang masuk akal saya terima kok. :D

Oke, balik ke Mumi Legenda, ulasannya begini, diceritakan dalam novel bahwa di tahun 2122, semua negara di dunia ini telah bersatu, sehingga tidak ada lagi negara dengan pemimpin dan pasukan tentara yang berbeda. Tidak ada lagi bendera dan lagu kebangsaan. Semua negara diatur dibawah satu kepemimpinan, Nations Society for Justice (NSJ). Kondisi pada tahun tersebut semua serba canggih, tidak ada negara miskin atau terbelakang dan berkembang lagi, semua telah menjadi wilayah yang maju dan sangat sadar teknologi.



Tokoh utama dalam novel ini adalah Rekha, gadis berusia 18 tahun dengan muka yang sangat irit dan imut sekali, sehingga seringkali disangka anak SD yang kabur dari sekolah. Rekha bekerja menjadi ilmuwan di International Lab dan menjadi satu-satunya ilmuwan yang paling ceroboh. Ada Rekha, ada juga Don, ilmuwan satu departemen dengannya yang memiliki sifat kebalikan. Don, pemuda 24 tahun yang sangat amat sempurna dengan wajah dewasa dan sikap dingin dan selalu memarahi Rekha karena sikap cerobohnya.

Namun ternyata ada rahasia dibalik wajah Rekha yang imut. Bahkan rahasia ini pun tidak diketahui Rekha sendiri. Namun sejak ada mumi di gudang international lab dan Rekha tak sengaja memegang chip yang berasal dari mumi tsb, ia mulai bermimpi aneh. Mimpi yang tidak menyenangkan sama sekali. Peperangan dimana-mana dan seorang wanita muda yang sedang dalam kondisi hamil kepayahan berlari menghindari tentara yang ingin membunuhnya. Setiap kali bermimpi seperti itu Rekha merasa perih yang mendalam. Ada apa dengan chip itu, apakah itu ingatan asli yang berasal dari mumi berusia ratusan itu?

Selanjutnya, silakan baca sendiri ya. Tapi saya ndak tahu apakah masih terbit atau bagaimana. Hehe. Yang jelas novel ini merupakan novel yang saya rekomendasikan. Bahasanya (syukurlah) sangat easy-going dan enak dibaca, tanpa mengurangi bentuk sci-fi-nya. Banyak dialog lucu yang dapat membuat pembaca tertawa, khususnya ketika bagian Rekha yang sedang dimarahi habis-habisan oleh Don. :D
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature