Top Social

Kilas Buku: Rahasia Penulis Hebat, Menciptakan Karakter Tokoh

|
Judul: Rahasia Penulis Hebat: Menciptakan Karakter Tokoh
Tebal: 120 halaman
Tahun: 2010
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Penulis: A. Fuadi. Ollie, Triani Retno, Pipiet Senja, Donatus A. Nugroho, Eka Kurniawan, Kinoysan, Gol A Gong, Fahri Asiza, Putra Gara, Sinta Yudisia, Sefryana Khairil, Kurnia Effendi, Dewi "Dedew" Rieka, Ali Muakhir, Boim Lebon, Mayoko Aiko.

Buku ini merupakan kompilasi artikel dari berbagai penulis hebat dengan tema 'bagaimana menciptakan karakter tokoh bagi novel / cerpen yang kita buat'. Well, saya tertarik pada awalnya karena ini adalah topik yang sering saya cari. Karena, kalian-tahu-sendiri-lah, yang namanya menciptakan tokoh dan karakternya itu ga gampang. Bener-bener harus ada kekhasan tersendiri pada masing-masing tokoh.



Selanjutnya, saya pun membeli buku ini dan mulai membaca. Namun sayangnya, tulisan-tulisan yang ada didalamnya tidak sesuai dengan ekspektasi saya. Banyak dari artikel (yang tentunya ditulis oleh masing-masing pengarang diatas) agak melenceng dari topik utamanya sendiri, yakni bagaimana mereka menciptakan tokoh yang baik. Kebanyakan malah bercerita tentang bagaimana awal mereka menulis, bagaimana mereka mencari inspirasi, dsb. Well, mungkin benar, cerita/pengalaman pribadi mereka adalah bagian dari bagaimana mereka membuat karakter, dan bisa jadi memang cerita itu sendiri adalah tips yang sebenarnya. Namun sayang, saya tidak dapat menganggap itu tips. Terlalu bertele-tele buat saya. Yang saya harapkan dari artikel-artikel yang mereka buat adalah point-point langsung dan diikuti contoh.

Meski memang tidak semua artikel jelek buat saya, karena ada sedikit yang sesuai pengharapan. Buku ini saya beri rating bintang 1 di Goodreads, padahal pembaca lain memberi rating yang tinggi lho, dari mulai 3 - 5, hehe. Menurut saya masih lebih bagus tips menulis novel dan membentuk tokoh yang ditulis oleh Adhitya Mulya di blognya. Well, review ini gak bermaksud menyinggung, no offense. Ini hanya pendapat saya saja, teman-teman yang sudah membaca buku ini mungkin punya pendapat lain. :)
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature