Top Social

Kilas Buku: Heroes of the Valley

|


Pada masa lalu, terdapat 12 klan pahlawan yang terdiri atas klan Svein, Gisli, Geist, Rurik, Eirik, Hord, Egil, Ketil, Arne, Erlend, Hakon, dan Orm. Mereka dikenal tidak pernah akur satu sama lain. Satu-satunya yang membuat mereka akur adalah keberadaan makhluk Trow.

Trow dikenal sebagai makhluk yang haus darah. Mereka memakan siapa saja, terutama manusia. Mereka hanya datang pada malam hari dan bisa muncul dari dalam tanah. Maka para klan bekerja sama untuk melindungi diri mereka dari Trow. Namun justru itulah yang menjadi masalah: Trow tidak pernah muncul lagi.

Halli, anak bungsu dari klan Svein, tidak punya kelebihan apa-apa dibandingkan kedua kakaknya. Kakak pertamanya sok jagoan, mentang-mentang ia akan menjadi pemimpin masa depan Klan Svein. Kakak keduanya adalah perempuan yang sangat suka berdandan dan mencari perhatian. Sementara Halli sendiri sangat senang mendengarkan kisah-kisah pertempuran lama dan berharap bertemu dengan Trow dan memusnahkannya. Gara-gara ini, ia menjadi pembuat onar nomor satu di desanya. Ia dikenal sangat suka membantah.

Suatu ketika, ia harus dihukum ketika pertemuan klan sedang berlangsung di desanya. Hal itu membuat Halli sebal karena ia tidak bisa terlibat langsung dalam pertemuan penting itu. Untungnya ia bertemu dengan Aud, anak dari klan Arne yang kemudian menjadi temannya.

Sejak pertemuan klan, Halli semakin terlibat masalah. Ia kemudian kabur dari rumah untuk merasakan petualangannya sendiri. Walau tujuan utamanya adalah pembalasan dendam demi kehormatan klannya. Petualangan itu berlanjut ke pencarian kebenaran tentang keberadaan Trow. Meskipun Halli dan Aud sendiri tidak tahu betapa kuatnya sesuatu bernama Trow itu.

Well, ini buku pertama dari Jonathan Stroud non-serial alias stand-alone yang saya baca. Dan saya baru menyadari bahwa genre fantasy yang dibawa Jonathan Stroud sama absurdnya dengan Neil Gaiman dan Terry Pratchet. Walau jujur saya masih lebih suka gaya Stroud yang membawakan cerita dengan ringan dan santai seperti dalam serial populernya Bartimeus dan Lockwood.

Buku ini cocok untuk para pembaca yang menyukai genre dark fantasy seperti saya. :D

Informasi buku

Judul: Sang Pahlawan
Judul asli: Heroes of the Valley
Pengarang: Jonathan Stroud
Penerjemah: Poppy D. Chusfani
Tebal: paperback, 488 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2011 (pertama kali terbit 2009)

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature