Top Social

Kilas Buku: Affair Next Door

|


Amelia Butterworth adalah seorang perempuan lajang dari kalangan atas. Dengan pendidikan tinggi dan sifat ingin tahu yang dimilikinya, ia menceburkan dirinya ke dalam kasus yang menimpa tetangga sebelah rumahnya. Keingintahuannya berawal pada malam hari, ketika itu ia melihat sepasang muda mudi memasuki rumah tetangganya yang tengah kosong karena ditinggal bepergian oleh penghuninya. Si lelaki keluar dengan terburu-buru tanpa si perempuan. Bahkan hingga keesokan harinya si perempuan pun belum keluar dari rumah yang terkunci itu. Hal ini menimbulkan perasaan curiga dari Ms. Butterworth. Dengan tekad kuatnya, ia menjadi detektif 'dadakan' dan bahkan membawanya ke Ebenezer Gryce, seorang detektif kepolisian New York yang terkenal.

Ternyata benar, ada sosok perempuan mati di rumah tetangganya itu. Kondisinya yang tertimpa kabinet membuat si mayat tidak dapat dikenali pada awalnya, kecuali pada bagian tangan, kaki, dan juga pakaiannya. Berdasarkan itu, akhirnya diketahuilah bahwa korban adalah Louise Van Burnam, istri dari Howard Van Burnam. Hal ini membuat beberapa anggota keluarga Van Burnam, keluarga pemilik rumah, tertuduh sebagai tersangka.

Howard Van Burnam, suami dari Louise Van Burnam, adalah tersangka utama. Ia dengan sadar mengantar ke dan meninggalkan Louise di dalam rumahnya. Ia juga terlihat mondar mandir di luar rumah pada rentang waktu yang diduga pembunuhan sedang terjadi dalam keadaan cemas dan gelisah.

Franklin Van Burnam, kakak dari Howard Van Burnam, adalah salah satu dari sekian banyak saksi yang terlibat dalam kasus ini (termasuk juga Amelia Butterworth). Di kemudian hari, ia akan tertuduh menjadi tersangka karena hubungan istimewanya dengan Louise Van Burnam.

Detektif terkenal Gryce sudah dengan nyatanya menahan kedua Van Burnam bersaudara. Sementara Amelia Butterworth, dengan perasaan perempuannya, kurang merasa yakin mereka berdua bersalah. Namun seluruh mata masyarakat New York kala itu sudah tertuju kepada kedua putra Van Burnam, disebabkan bukti-bukti kuat yang memang mengarah kepada mereka. Nona Butterworth merasa harus mencari bukti lain secara mandiri untuk melawan keputusan detektif Gryce.

Dan siapa yang sebenarnya berbuat jahat? Tidak ada yang tahu. Tidak pula Amelia maupun Gryce. Hingga seorang gadis mau mengungkapkan fakta yang sebenarnya.

Ah, cerita detektif yang satu ini berhasil membuat saya gemas bukan kepalang. Bersama Amelia dan Gryce saya berusaha mengira-ngira siapa sebenarnya yang jahat. Beberapa nama sempat mampir ke kepala saya, dan yah salah satu nama memang benar, namun saya tidak mengerti bagaimana jalan pembunuhannya.

Ada beberapa hal yang membuat saya terkejut, salah satunya adalah tokoh Amelia Butterwoth yang lajang, feminin, kuat, dan berpendirian. Di masa cerita ini dibuat, sosok perempuan yang tidak menikah adalah sesuatu yang kurang baik. Sementara Ms. Green, pengarang buku ini, bertekad untuk menjadikan Butterworth menjadi tokoh utamanya. Dan ia pun berhasil. Saya adalah salah satu pembaca yang kagum dengan sosok Butterworth. Oh ya, satu hal lagi, Butterworth merupakan inspirasi Agatha Cristie untuk memunculkan Ms. Marple dalam serial detektifnya.

Bagi para pembaca yang menyukai serial detektif, silakan baca buku karangan Ms. Green. Tak dinanya, akan terkesima dengan cara ia melemparkan masalah dan mengolah alur cerita menjadi hal yang asik dan menarik dibaca.

Informasi Buku
Judul: Affair Next Door
Pengarang: Anna Katharine Green
Penerjemah: Diana A. Santoso
Penyunting: Fitria Pratiwi
Penerbit: Visimedia, Cetakan Pertama, 408 halaman, Juni 2013
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature