Top Social

Kilas Buku: Dalai Lama Keempat Belas

|

Judul: Dalai Lama Keempat Belas
Pengarang: Tetsu Saiwai
Penerjemah: Rini Nurul Badariah
Paperback, 224 halaman
Bentang Pustaka, 2013

Tepat di usianya yang ke 15, Dalai Lama kehilangan kebebasannya. Ia terpaksa menjauh dari Tibet, tanah kelahirannya, negeri yang mengajarkan keselarasan hidup dan cinta kasih. Perjalanannya mencari tempat berlindung sangat tak mudah. Ia terus mencari sekutu dan berdialog dengan pemerintah China yang menganggapnya musuh.

Secara perlahan, Dalai Lama menyaksikan sendiri bagaimana Tibet kehilangan identitas dan tradisi spiritualnya. Meskipun demikian, ia tetap saja menolak perlawanan dengan senjata. Dalai Lama percaya bahwa amarah dan nafsu berkuasa, datangnya dari hati.

BioGraphic Novel: Dalai Lama ke 14 ini merupakan komik adaptasi dari perjuangan Dalai Lama dalam menjaga dan mengembalikan lagi kebudayaan Tibet, yang kini kian terkikis.

Lewat komik adaptasi ini saya baru tahu banyak hal. Hal yang paling membuat saya surprise adalah, bahwa sistem pemilihan Dalai Lama dilakukan melalui mimpi. Mimpi penting ini dialami oleh pendeta dari kalangan istana Tibet. Dan biasanya, Dalai Lama yang terpilih masihlah sangat belia, bahkan boleh dibilang masih balita. Sungguh tidak dapat terbayangkan oleh saya, seseorang yang masih sangat kecil sudah mengemban tugas yang begitu besar yang mana semua orang bergantung kepadanya.

Hal berikutnya yang baru saya ketahui adalah, bahwa Tibet sama sekali tidak terkait dengan China, pada awalnya. Tibet adalah Tibet; sebuah negara yang berdiri sendiri. Mungkin seperti Vatican di Eropa ya. Dan perjuangan negara Tibet untuk melepaskan diri dari China sangatlah tidak mudah. Digambarkan betapa menderitanya rakyat Tibet karena ekspansi pemerintah China. Akibatnya, Dalai Lama pun keluar dari Tibet dan memerintah dari luar negaranya sendiri.

Meski banyak kekerasan yang diterima oleh rakyat Tibet, Dalai Lama tetap memegang teguh pendiriannya untuk tidak melawan musuhnya dengan kekerasan. Ia tetap mengkampanyekan perdamaian. Dengan hal ini ia sempat diganjar nobel perdamaian.


Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature