Top Social

Maret 2015: Alur Cerita

|

Halo, Pagi menjelang siang nih ya...

Alur cerita atau yang biasa disebut sebagai plot,struktur rangkaian kejadian dalam cerita yang disusun sebagai urutan bagian-bagian dalam keseluruhan fiksi. Dengan demikian, plot merupakan perpaduan unsur-unsur yang membangun cerita sehingga menjadi kerangka utama cerita. (Sebuah Catatan Sastra)

Ada beberapa bagian yang dapat membentuk sebuah alur cerita; bagian awal, tengah, dan akhir cerita. Jadi setiap bagian harus saling terhubung untuk membentuk sebuah alur yang baik dan dipahami pembaca.

Ngomongin soal alur cerita, saya bukan jenis pembaca yang rewel. Maksud 'rewel' di sini ialah tidak menuntut kepingin alur cerita yang maju terus, atau mundur terus, atau bahkan maju-mundur. Eh ini bukan ngomongin maju-mundur cantik ala Syahrini ya. :p

Jadi intinya, kalau memang boleh saya tuliskan pendapat saya, alur maju atau mundur bukanlah soal yang besar. Yang penting adalah alur tersebut klop dengan seluruh bagian cerita yang saya tulis di atas tadi. Jika ada satu saja yang tidak klop dengan alur, sudah pasti akan ada cerita yang berantakan. :)
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature