Top Social

Kilas Buku: The Notebook

|

Judul: Buku Harian
Judul Asli: The Notebook
Pengarang: Nicholas Sparks
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2001 (terbit pertama kali 1996)
Tebal: 275 halaman

Ini pertama kalinya saya membaca karya Nicholas Sparks. Untuk buku the Notebook ini, sebelumnya saya pernah menonton filmnya dengan judul buku yang sama pada tahun 2004. Kesan saya, menarik dan sangat menyentuh. Sooo romantic pokoknya hehe.

Baiklah, ringkas cerita, the Notebook bercerita tentang sepasang kekasih Noah Calhoun dan Allie Nelson. Mereka pertama kali bertemu ketika masih remaja. Kala itu Aliie masih berumur 17 tahun dan Noah berumur 19 tahun. Suatu ketika Noah pergi untuk bekerja di luar tempat tinggalnya. Segala kesempatannya untuk bertemu Allie luruh. Bukan si gadis menolak, namun sengaja diperhambat oleh keluarganya. Sehingga Noah yang merasa cintanya tidak berbalas, harus tetap berteman sepi mengharap cinta dari Allie. Sementara Allie, tidak pernah tahu jika Noah selalu berkirim surat untuknya. Ia pun juga hanya termangu kesepian menunggu cintanya datang kembali.

Suatu ketika, perang melanda dunia. Amerika Serikat sebagai salah satu negara yang terlibat perang, mau tidak mau memaksa warga negaranya untuk turut berpartisipasi. Noah, sebagai lelaki yang kuat, harus meninggalkan pekerjaannya demi menjadi tentara. Sementara Allie, berpartisipasi dengan menjadi seorang perawat. Meski sama-sama ikut andil dalam perang, mereka berdua tidak pernah bertemu hingga perang berakhir.

Belasan tahun kemudian Noah kembali ke kampung halaman. Tidak ada yang tersisa di sana. Tidak ada ayah yang menyambutnya karena sudah meninggal. Tidak juga ada Allie karena ia dan keluarganya sudah pindah ke kota lain. Namun suatu ketika, di saat Noah merasa hatinya kebas karena rindu, ia kedatangan kekasih yang selama ini menjadi hal yang paling dirindukannya. Allie datang kembali kepadanya. Sayang, ia kembali bukan dengan secercah harapan, melainkan kabar menyakitkan untuk Noah. Gadis itu akan segera menikah dengan laki-laki lain yang menjadi tunangannya.

Menurut saya, ceritanya sendiri sangatlah romance. Dan pada awalnya saya menyangka ending cerita ini akan biasa saja, entah bahagia atau nelangsa. Ternyata, Sparks tidak begitu cepat mengamini perkiraan para pembacanya. Sesuai awal cerita yang dimulai dengan seorang lelaki tua di panti khusus orang tua, maka berakhir jugalah cerita ini di sana. Sparks tidak buru-buru menjawab berbagai pertanyaan dari para pembaca, apakah pada akhirnya Allie kembali kepada Noah atau tetap di sisi tunangannya. Sparks ingin para pembacanya menganalisa sendiri apa yang terjadi setelah sepasang kekasih itu kembali bertemu. Yeah, sungguh cerita roman yang tidak melulu gampang ditebak.

Pada akhirnya, meski baru membaca satu buku dari Nicholas Sparks, saya ingin bilang kalau Sparks adalah salah satu penulis roman yang cukup berhasil. Karyanya sangat direkomendasikan untuk para pecinta novel berkategori roman. Sementara saya sendiri, sepertinya kurang cocok dengan karya-karya Sparks. Yah, entah deh, merasa tidak cocok saja. :)

3 / 5 bintang.

Baca Opini Bareng 2015
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature