Top Social

Kilas Buku: Negeri yang Buas (Eagle and Jaguar #1)

|

Judul: Negeri yang Buas
Judul Asli: City of the Beast
Pengarang: Isabel Allende
Penerjemah: Fanny Yuanita
Copy-Editor: Rini Nurul Badariah
Genre: Fantasy, Young Adult, Adventure
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 2011 (2002)
Tebal: 352 halaman

Memiliki nenek eksentrik dan pemberani membuat hidup Alexander Cold penuh kejutan. Namun, saat urusan keluarga membuatnya terpaksa tinggal dengan neneknya, semua berubah total.

Bersama sang nenek dan tim peneliti, Alex ikut ekspedisi International Geographic menuju kawasan liar Amazon untuk mendokumentasikan keberadaan yeti.

Ternyata banyak rahasia tersembunyi di hutan itu. Dengan dibantu kekuatan roh binatang, Alex dan kawan barunya Nadia digiring ke dalam petualangan menegangkan dan mistis, menuju penemuan yang luar biasa… (goodreads)

Kisah fantasi yang satu ini adalah tentang seorang anak laki-laki yang duduk di bangku SMA bernama Alex. Karena ada masalah dalam keluarganya, Alex dan kedua adiknya harus tinggal sementara bersama nenek mereka. Jika kedua adiknya tinggal bersama nenek dari pihak ibu yang lembut, Alex harus tinggal dengan nenek dari pihak ayah yang cuek dan terkesan tidak peduli dengannya. Namun, justru dengan Kate, neneknya yang nyentrik inilah Alex mendapatkan pengalaman baru yang luar biasa dan tidak pernah ia sangka sebelumnya.

Bersama Alex dan neneknya, para pembaca akan diajak memasuki dunia fantasi baru yang penuh dengan mitologi suku Indian. Alam hutan Amazon yang luar biasa cantik dengan segala misterinya mengiringi pembaca dengan nuansa hutan benua Amerika yang masih alami. Dengan POV orang ketiga, sang pengarang, Allende, terlalu banyak bercerita daripada memberi kesempatan kepada para tokoh untuk menggandeng pembaca mengikuti petualangan mereka. Tak heran, ada beberapa pembaca yang sudah bosan pada seperempat bagian buku dan urung melanjutkan.

Beruntung saya bukan termasuk pembaca yang kebosanan di awal (meski saya akui memang ada beberapa bagian cerita yang bikin bosan). Karena saya pikir memang itulah gaya Allende, selalu kuat pada penceritaan. Saya sendiri sih senang, karena kadang terasa seperti didongengi hingga ketiduran hehe. Sebetulnya yang lebih membuat saya menyukai buku ini adalah segala sesuatu tentang Indian yang menjadi latar belakang dari cerita ini. Saya akui, buku fantasi dengan latar belakang suku Indian adalah termasuk yang jarang ada. Rata-rata kisah fantasi dewasa ini kebanyakan mengenai dunia baru yang penuh sihir atau terkait dengan mitologi Yunani dan Romawi. Dari City of the Beast, ada beberapa hal yang membuat saya tertarik mengenai mitologi Indian seperti kota El Dorado yang hilang dan juga gaya hidup suku Indian yang nomaden dan sangat menghormati alam.

Terlepas dari pro dan kontra dari para pembaca baik yang suka ataupun tidak suka dengan buku fantasi ini, ada baiknya kita tetap memberi apresiasi kepada Isabel Allende yang dalam setiap karyanya selalu menyisipi hal-hal terkait sejarah atau mitos yang membuat para pembaca tertarik. Sekian review dari saya.

3/5 bintang untuk buku ini.
1 comment on "Kilas Buku: Negeri yang Buas (Eagle and Jaguar #1)"
  1. Jangan lupa baca 2 buku lanjutannya dari trilogi ini ya: Kingdom of the Golden Dragon dan Forest of the Pygmies :)

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature