Top Social

Kilas Buku: The Screaming Staircase - Undakan Menjerit (Lockwood & Co. #1)

|

Judul: Undakan Menjerit
Judul Asli: The Screaming Staircase (Lockwood & Co. #1)
Pengarang: Jonathan Stroud
Penerjemah: Poppy D. Chusfani
Penerbit: GPU, 2014 (pertama kali terbit 2013)
Paperback, 424 halaman

Perkenalkan tiga personel Lockwood & Co.:
1. Anthony Lockwood, seorang pemuda yang merupakan kepala agensi Lockwood & Co., agensi pemburu hantu independent yang paling sedikit anggotanya dengan masa depan paling suram. Lockwood memiliki sifat yang agak sembrono dan seringkali tidak berpikir panjang pada saat mengambil keputusan. Sayangnya Lockwood adalah tipe agen pemburu hantu sekaligus detektif ulung yang tidak bisa diremehkan baik oleh hantu maupun manusia.
2. Lucy Carlyle adalah agen Lockwood & Co. yang termuda dan baru saja diterima kerja di agen tersebut setelah kabur dari kampung halamannya. Lockwood & Co. bukanlah agensi impian Carlyle. Gadis muda ini memimpikan dirinya bekerja di agensi yang mapan dan top dan beruntunglah agensi Lockwood karena gadis ini tidak diterima di agensi top manapun sehingga akhirnya ia bergabung dengan agensi hantu independent yang paling kecil di London. Carlye merupakan agen dengan bakat yang istimewa yakni tipe pendengar dan perasa.
3. George Cubbins, sosok agen gendut yang kurang suka beramah tamah kepada orang lain. Ia adalah agen yang lebih senang menghabiskan waktunya dengan arsip. Dengan kesenangannya ini ia terbukti lebih berhati-hati sebelum melakukan operasi penangkapan hantu. Kehati-hatiannya terdiri atas penelitian dan persiapan yang matang sebelum melakukan tugas. Sayangnya keahlian Cubbins seringkali diabaikan Lockwood yang senang bertindak ceroboh, padahal apa yang dilakukan sosok gendut berkacamata ini bisa menentuan keberhasilan misi mereka.

Pikirkan apa yang mereka lakukan
Dari gambaran diatas mengenai para tokoh, sudah dapat ditebak bahwa yang mereka kerjakan adalah berburu hantu (dan tentu saja membasminya). Yah, pikirkan saja sendiri apakah yang mereka lakukan termasuk tindakan yang berani atau bunuh diri? Namun bagaimana jika apa yang kalian sebut dengan tindakan konyol bunuh diri adalah pekerjaan yang populer dan menghasilkan banyak recehan?

Pekerjaan membasmi hantu mendadak populer dan menghasilkan banyak uang sejak London terkena wabah hantu. Saya bingung sebenarnya dengan apa yang menyebabkan London menjadi kota yang terkena wabah hantu. Saya curiga ada satu kekuatan jahat yang mendorong hantu agar bangkit gentayangan setelah tubuh manusia mereka mati. Sesungguhnya kondisi seperti ini seperti dua sisi mata uang yang pada satu sisi sangat menakutkan dan di sisi lain sangat menguntungkan bagi mereka yang punya bakat khusus berburu hantu.

Buku dengan Tokoh Remaja
Awalnya saya berpikir bahwa tokoh-tokoh pembasmi hantu dalam Lockwood & Co. ini adalah orang-orang dewasa muda dengan usia berkisar duapuluhan. Saya dapat menduga hal ini dari gaya percakapan Lockwood dan koleganya yang bernada profesional. Meskipun sudah ada keterangan bahwa hanya anak-anak kecil dan remaja dibawah usia duapuluh yang dapat menjadi pembasmi hantu aktif (dan Lucy, Lockwood, serta George adalah orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan hantu), saya masih tetap ragu menganggap ketiga tokoh utama ini masih berusia remaja. :D Ya mungkin dengan pengalaman hidup yang singkat namun kaya, telah membuat ketiga pemuda dan pemudi itu menjadi sama cerdasnya dengan orang-orang dewasa di sekitar mereka.

Banyak Twist, Ada Humor dan Bisa Bikin Bulu Kuduk Merinding
Menurut sebagian pembaca, cerita di awal (terutama pada bagian kisah masa kecil Lucy) terasa sangat lambat. Padahal sebelum sampai pada kisah Lucy, pengarang sudah menyuguhkan masalah utama yang menjadi konsen dalam buku ini. Namun ketika pembaca mulai menikmati nuansa horror bercampur tegang, tiba-tiba adegan diputus dan dialihkan ke kisah Lucy. Pembaca yang tidak senang akan pergantian scene secara mendadak mungkin sudah keburu menganggap ceritanya bertele-tele. Padahal cerita Lucy sendiri justru akan menjadi schemata bagi para pembaca untuk menyelesaikan keseluruhan cerita hingga akhir. Intinya, ada poin-poin yang berpengaruh pada kisah masa lalu Lucy yang nantinya berkait pada bagian cerita selanjutnya.

Dan saya termasuk kepada mereka yang tidak setuju bahwa buku ini lambat dan membosankan. Well, ada bagian yang harus dicermati memang. Tapi itulah serunya. Stroud adalah penulis brilian. Membaca buku ini membuat saya merinding (khususnya pada bagian cerita tertentu). Bagaimana ngga kerasa horror coba kalau kita membaca soal hantu yang muncul tiba-tiba dalam bentuk suasana yang sedingin es dan pancaran sinar yang tidak biasa.

Buku ini juga membuat para pembaca berpikir seperti ketika membaca serial detektif. Sebab buku ini tidak hanya fokus kepada bagaimana berburu hantu, namun juga ada sisipan misteri yang harus dipecahkan. Ya, tentang siapa membunuh siapa dan tentang kasus kejahatan yang menyebabkan munculnya hantu tersebut.

Sayangnya sisipan misteri ini mudah ditebak ketika kita sampai pada bagian menjelang akhir. Padahal awalnya saya sudah kecele lho, eh akhirnya bisa nebak juga. :D

Rekomendasi
Pujian untuk Jonathan Stroud, seperti biasa cerita-cerita yang ditulisnya melampaui harapan saya. Sehingga saya memberikan lima bintang usai merampungkan buku ini. Bagi mereka yang merupakan penggemar fantasi dan horror, buku ini tidak akan mengecewakan. :)

Ulasan ini untuk:
TBBR Mbak Maria
Lucky No. 14 Mbak Astrid
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature