Top Social

Kilas Buku: The Heike Story

|

The Heike Story: Kisah Epik Jepang Abad Ke-12
Oleh Eiji Yohikawa
Paperback, 750 halaman
Juni 2010, Zahir Books

Seperti biasanya Yoshikawa menulis cerita, ia akan menulis sejarah fiksi tentang negerinya. Kisah kali ini bercerita tentang klan Heike, keluarga samurai terpandang yang sempat mendapatkan kejayaan se-seantero Jepang. Kejayaan yang didapatkan ini tidak mudah, karena Heike bukanlah kasta bangsawan, melainkan prajurit. Seperti klan samurai lainnya, klan Heike harus bertatih-tatih melewati masa sulit. Disini para pembaca akan disuguhkan betapa memprihatinkan kehidupan klan Heike di awal cerita. Selanjutnya, perjuangan dan kesetiaan mereka terhadap kaisar membawa mereka ke puncak kekuasaan setahap demi setahap.

Memasuki cerita ini, para pembaca akan mulai merasakan atmosfir Jepang pada abad kedua belas. Dimana pada masa tersebut Jepang klasik sibuk membangun negerinya dengan Kyoto sebagai salah satu pusat kekuasaan. Dari sini saya menangkap ada tiga elemen yakni Bangsawan, Samurai dan Biksu yang mengelilingi tahta, harta dan kekuasaan Jepang. Mereka saling bersaing untuk memperebutkan pengaruh kaisar. Sementara rakyat kecil hanya bisa menonton dan bermain sebagai cameo.

Cerita ini ditulis dengan sangat detail dan brilian. Hanya saja kelemahannya adalah terlalu banyak karakter yang bisa jadi membuat pembaca kurang bisa mengingat siapa-siapa saja tokoh yang berperan begini atau begitu. Terkadang sangkin banyaknya tokoh, penerjemah bisa salah menyebutkan nama untuk suatu peranan cerita. Hal ini juga terjadi dalam novel ini yang mana saya menemukan kesalahan menuliskan nama, yang mungkin saja saya salah baca. Tetapi kesalahan itu lagi-lagi bisa dimaafkan dengan cerita dan sejarah yang menarik.

Novel ini saya rekomendasikan untuk para pecinta sejarah dan juga untuk para Japan Freak. Jangan cuma anime Jepangnya saja yang digandrungi, sejarah Jepangnya juga dipelajari pelan-pelan, bakal menambah pengetahuan kan? :)

Baiklah begitu saja review saya kali ini tentang cerita bersejarang klan Heike. Novel ini diikutsertakan pada Yoshikawa RC yang diadakan oleh Mas Tezar, Read Big oleh Mbak Desty dan What's in a Name yang diadakan oleh Ren.
2 comments on "Kilas Buku: The Heike Story"
  1. Waduh sudah mulai baca untuk Yoshikawa chalenge >.< Aku belum nyentuh sedikit-pun ._.

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature