Top Social

Kilas Buku: Operasi Bilangan Pecahan (Asyik Belajar Matematika #4)

|
Judul: Operasi Bilangan Pecahan (Asyik Belajar Matematika #4)
Judul Asli: Math Devil Z. Vol. 1: Fraction and Decimal (1)
Pengarang: Kim Rin
Ilustrasi: Biwon Studio
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Cetakan: I, 2009
Tebal: 168 halaman

Akhirnya Abu dan Xiao Chun berhasil kembali ke dunia nyata setelah melalui berbagai petualangan aneh dan melelahkan di dunia matematika. Entah seperti apa petualangan mereka, saya juga tidak tahu persis karena saya tidak punya buku kedua dan ketiga dari serial ini, hikz sedihnya. Tetapi biarlah, meski begitu pembuatan ulasan ini tetap berlanjut.

Pada seri keempat ini kita diajak untuk menelusuri sejarah bilangan; bagaimana awal mula manusia yang hidup di zaman permulaan dimana ketika jumlah manusia kala itu masih sedikit sehingga perhitungan dianggap tidak perlu. Dari sejarah inilah cerita berlanjut kepada metode ikatan dan desimal juga bagaimana awal mula pecahan dibuat disertai sifat-sifatnya.

Sepertinya rumit yah, tapi serial Math Devil ini justru membuat penjelasan pecahan menjadi lebih menyenangkan. Setidaknya kualitas gambar yang bagus membuat teman-teman cilik kita menjadi mau membaca apa itu PECAHAN dan bagaimana metode penggunaannya. Dalam buku ini Abu dan sahabat karibnya menjadi semakin pintar dalam matematika, tentunya hal ini tidak terlepas dari keharusan mereka bertahan hidup melawan Siluman Matematika dan kroco-kroconya.

Sayangnya rasa nyaman Abu dan Xiao Chun kembali ke dunia nyata tidak berlangsung lama. Mereka harus kembali ke dunia matematika untuk mencari Ceri Pikle, teman sekelas mereka yang hilang. Secara otomatis, hal ini membuat ia  harus kembali berhadapan dengan si kejam Siluman Matematika.

Bintang lima lagi untuk serial petualangan seru dan menyenangkan ini. Buku ini cocok dibaca untuk anak SD mulai dari kelas 3, dan sebenarnya (menurut saya) tidak ada batasan usia untuk membaca buku.

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 3 oleh Bzee.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature