Top Social

Kilas Buku: Pecahan dan Desimal (Asyik Belajar Matematika #5)

|
Judul: Pecahan dan Desimal (Asyik Belajar Matematika #5)
Judul Asli: Math Devil Z. Vol. 2: Fraction and Decimal (2)
Pengarang: Kim Rin
Ilustrasi: Biwon Studio
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Cetakan: I, 2009
Tebal: 156 halaman

Setelah kembali ke dunia matematika, Abu kembali dihadapkan kepada masalah pecahan dan desimal. Yang lucu disini adalah ada dua pasukan yakni pasukan pecahan dan pasukan desimal. Kedua pasukan ini saling bentrok satu sama lain dan menyatakan kaum mereka sendiri yang lebih baik daripada kaum lawannya. Namun pada akhirnya karena ada tujuan yang sama, kedua pasukan bersatu membantu Abu untuk melawan Raja Siluman Matematika.

Sementara itu, Kim Rin sebagai penulis, tidak hanya membahas melulu soal matematika (yang pada edisi kali ini adalah pecahan dan desimal), namun juga tentang sejarah dan mitologi yang berkaitan dengan dunia matematika. Ingat tentang mitologi dewa-dewa Mesir seperti Seth dan Horus? Ya, disini Kim Rin menyelipkan kisah kebangkitan Seth dan perlawanan dari Horus. Saya tidak tahu apakah mereka berdua terkait secara langsung dengan matematika atau tidak, yang jelas penulis memberi masalah pecahan pada mata robot Horus yang tidak sempurna. Sehingga jika permasalahan itu diselesaikan dengan benar, Horus akan mampu menaklukan Seth. Lalu, apakah Abu mampu memecahkan soal rumit dalam waktu singkat seperti biasanya?

Petualangan semakin seru dan persoalan matematika yang muncul semakin rumit. Selain memenuhi rasa ngin tahu tentang sejarah dan pemecahan soal matematika, buku ini juga membuat para pembacanya merasa hadir dalam petualangan Abu dalam menaklukkan Raja Siluman Matematika.

Bintang lima lagi untuk serial petualangan seru dan menyenangkan ini. Buku ini cocok dibaca untuk anak SD mulai dari kelas 3, dan sebenarnya (menurut saya) tidak ada batasan usia untuk membaca buku.

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 3 oleh Bzee.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature