Top Social

Kilas Buku: Oliver Twist

|

Judul: Oliver Twist
Pengarang: Charles Dickens
Penerjemah: Reni Indardini
Penerbit: Bentang
Cetakan: II, Agustus 2011
Tebal: 578 halaman

Oliver Twist lahir dari seorang ibu yang saat itu dalam kondisi payah. Tidak banyak yang menolong kecuali wanita tua dan ahli bedah yang tidak terlalu tulus. Penderitaan tidak berhenti sampai disini. Oliver tumbuh besar dalam rumah sosial yang tidak ada kasih sayang didalamnya. Para pejabat desa yang bertanggungjawab pun hanyalah orang-orang yang memikirkan perut masing-masing. Akibatnya tidak ada orang yang benar-benar tulus, bahkan rakyat miskin sekalipun. Bagi mereka harta adalah kunci untuk hidup senang dan juga popularitas.

Ini adalah pertama kalinya saya membaca karya Dickens, khususnya Oliver Twist yang populer ini. Satu kata: Bertele-tele. Seperti kebanyakan para sastrawan klasik, jika saya perhatikan, cerita brilian tentang Oliver yang dibuat oleh Dickens ini banyak sekali memaparkan hal-hal detail, sangkin banyaknya sebagian besar pembaca akan menganggap hal ini adalah hal yang bertele-tele. Atau mungkin saja pembaca bisa menjadi bosan karena tidak sabar menunggu bagian cerita berikutnya.

Namun yang saya sukai dari Dickens adalah gaya menulisnya yang indah. Saya berterimakasih juga kepada penerjemah Oliver Twist untuk edisi penerbit Bentang ini, hasil terjemahannya cukup baik dan enak dibaca. :) Dickens dengan indahnya menyindir para pembuat kebijakan yang culas dan memberi contoh kebaikan manusia lewat Oliver dan para penolongnya yang tulus hati. Tidak ada rasa dendam dan benci dalam diri Oliver kecuali ketika seseorang mencemooh ibunya yang bahkan belum pernah dilihat oleh anak kecil tampan tersebut.

Buku ini karya terpuji dan penuh hikmah yang patut dikenang sepanjang masa. Bisa dibaca oleh para pembaca dari berbagai usia.

***
Picture and text about the author are taken from Goodreads.com
Charles Dickens is a prolific 19th Century author of short stories, plays, novellas, novels, fiction and non-fiction; during his lifetime Dickens became known the world over for his remarkable characters, his mastery of prose in the telling of their lives, and his depictions of the social classes, morals and values of his times. Some considered him the spokesman for the poor, for he definitely brought much awareness to their plight, the downtrodden and the have-nots. He had his share of critics, like Virginia Woolf and Henry James, but also many admirers, even into the 21st Century.

Ulasan ini diikutsertakan posting bareng BBI untuk Sastra Eropa, FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 3 oleh Bzee, Read Big Mbak Dessy di Ngidam Buku , What's in a Name dan New Authors RC oleh Ren.
13 comments on "Kilas Buku: Oliver Twist"
  1. Waahh saya pas menyadur kmarin juga salah satunya pake novel ini sebagai perbandingan

    ReplyDelete
  2. dickens emang bertele-tele gayanya :D kadang harus berusaha sabar banget meski udah pengen nutup bukunya :D tapi kalau berhasil selesai, worth it ya :) aku belum baca oliver twist nih...kayaknya sedih banget ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih tapi berakhir bahagia mbak.. jadi ga suram-suram amat :D

      Delete
  3. aku belum pernah baca Dickens
    *pengakuan*

    ReplyDelete
  4. aku baca versi saduran. hihi, soalnya KO liat tebelnya yg asli X)

    ReplyDelete
  5. Wah, klenger juga ya kalo 578 halaman penuh tele tele. Aku nonton filmnya aja #dikeplaksejoglo

    ReplyDelete
  6. Aq nonton filmnya duluan hehe, tapi setelah baca bukunya jauh lebih suka. Awalnya memang 'muter-muter' Dila (salah satu hobi opa Dickens) tapi menjelang pertengahan sampai akhir lumayan kan ? Paling menarik sejauh ini A Tale of Two Cities (ada edisi terjemahannya kok)

    ReplyDelete
  7. kalo cari terjemahan Oliver twist d mana ya ???

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature