Top Social

Kilas Buku: The Donkey on Sands

|
Judul: The Donkey on the Sands and other stories
Pengarang: Enid Blyton
Penerbit: Award Publications Ltd
Cetakan: 7th impression 2002
Tebal: 187 halaman
Rating: 4/5
Harga: Pinjam dari Perpustakaan LIA Pramuka
Usia kelayakan membaca: 7 tahun

Satu lagi kumpulan cerpen Enid Blyton yang saya baca. Dan memang benar saya tak pernah berhenti kagum dengan ide-ide cerita Blyton. Sebenarnya point cerita yang disampaikan sangatlah sederhana, hanya saja Blython membuatnya menjadi menarik. Seperti sudah dibekali dengan imajinasi yang cemerlang oleh Tuhan, Blyton menjadikan imajinasinya tak sekedar bersemayam di otaknya saja, namun lebih dari itu. Ia membuat imajinasinya menjadi bermanfaat dengan melahirkan cerita-cerita yang disukai anak-anak.

Untuk kumpulan cerita yang satu ini, seperti biasa, ada 15 cerita. Dan seperti yang sudah saya ungkapkan semua cerita terasa menyenangkan dibaca. Salah satu ceritanya adalah tentang Neddy, seekor keledai yang sehari-hari berada di pantai. Ia dan pawangnya mempersilakan anak-anak untuk menungganginya setiap kali mereka bermain di pantai. Namun sayangnya kebanyakan anak-anak yang bermain disana memperlakukan Neddy dengan sangat buruk. Seringkali Neddy ditendang dan dipukuli agar dapat berlari cepat. Neddy tidak senang diperlakukan itu. Ia merasa amat sedih.

Kecuali Nora, gadis cilik ini memperlakukan Neddy dengan sangat baik. Ia membawakan Neddy wortel dan sayuran mentah lainnya sebagai makanan keledai itu. Ia juga berusaha mencegah anak-anak nakal untuk tidak menjahili Neddy lagi. Namun sayangnya malah Nora yang dikerjai oleh anak-anak nakal itu dan apa yang terjadi kemudian? ketika tidak seorang pun mendengar jeritan Nora yang kepalanya sedang ditenggelamkan oleh anak-anak nakal itu?

Begitulah Blyton menggambarkan betapa kejamnya memperlakukan binatang dengan buruk. Dan melalui Nora ia memberi contoh bagaimana seharusnya manusia memperlakukan binatang dengan baik.

Satu lagi cerita yang membuat saya kagum; A Little Bit of Magic. Bercerita tentang seorang gadis cilik bernama Fanny yang sangat ingin melihat keajaiban dalam dunia nyata. Dan Ibu Fanny dengan cerdasnya menunjukkan kepada gadis ciliknya itu bagaimana asal mula kupu-kupu memiliki sayap yang indah. Pelan-pelan ibunda Fanny mengajarkan Fanny untuk bersabar melihat proses metamorfosis kupu-kupu. Hingga pada akhirnya Fanny dengan gembira melihat kupu-kupu yang indah terbang mengelilinginya. Fanny benar-benar telah melihat keajaiban, keajaiban yang sebenar-benarnya.

Klik 'show' to read the review in English:
This is the third Popular Rewards of Enid Blyton that I read. Again I am bewildered by her stories. Bylton is blessed with such a wonderful imagination and good for her when she shared it to us through her wonderful stories.

In this book, as usual we can discover 15-17 stories in it. And as I mentioned above, all the stories are nice to read. One of them, it's about the donkey (The Donkey on the Sands) named Neddy. Neddy and its Donkey-boy used to take children who playing in the beach for rides at a penny a time. Neddy would take them along at a fine pace. But poor Neddy, most of the children were so bad at him. They gave Neddy bad treatment. They liked to see him gallop by kicking him so hard. Neddy was so distressed with this. He felt so sad.

Unlike others, Nora was so nice with Neddy. She used to bring him carrot and other fresh vegetables before riding him. The dongkey-boy saw this and gave her a special treatment. He allowed Nora to ride Neddy much longer than others. Neddy liked Nora too. But the Children found this was unfair. Then they started to punish Nora by pushing her head into the sea-water. Then again, what would happened to Nora? I hope there was something happened to the horrid children.

by this story, Blyton shows the readers how to treat animals in good way. And by appearing horrid characters (the horrid children of course), she wanted to show us how cruel if animals were treated that (in bad) way.

This is such an everlasting book. We can read it many times no matter in what age we live. Am I right? And again you can keep this book for your children, grand-children, grand-grand-children etc. As I said before, what an everlasting book. :)

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 2 oleh Bzee dan Read-a-long with Enid Blyton oleh Hobby Buku. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.
2 comments on "Kilas Buku: The Donkey on Sands"
  1. ecommended banget degh kalo lagi nyantai baca buku ini,,

    ReplyDelete
  2. Toko Buku Online Terlengkap & Terpercaya - GarisBuku.com

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature