Top Social

Kilas Buku: Rumah di Ujung Jalan

|
Rumah di Ujung Jalan
Judul Asli: House at the Corner
Pengarang: Enid Mary Blyton
Alihbahasa: Henny Mayasari Sinata
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 1992
Tebal: 320 halaman
Harga: Buku ini pinjam dari Mbak AS Dewi
Usia layak baca:  mulai usia 8 tahun

Keluarga Farrel memiliki 5 orang anak yang cerdas dan ceria; Pam, Tony, Lizzie, David dan Delia. Hanya saja Pam dan Tony memiliki karakter yang kurang baik. Mereka berdua memang cerdas, namun sifatnya sangatlah angkuh dan tukang pamer. Suatu ketika salah satu bibi di keluarga mereka, Bibi Grace datang berkunjung. Sebagian anggota keluarga merasa senang dan sebagian lagi merasa tidak senang karena Bibi Grace adalah orang yang sangat cerewet dan senang mengatur. Namun dibalik sikapnya seperti itu Bibi Grace memiliki sifat dan tujuan yang mulia.

Suatu ketika kejadian tak terduga menimpa keluarga Farrel. Secara drastis kehidupan mereka berubah. Mereka berada dalam kondisi sulit yang tidak pernah mereka rasakan sebelumnya. Dan pada akhirnya semua anggota keluarga mencoba berubah dan bersikap lebih baik dan saling menolong.

Novel ini, merupakan novel tentang keluarga. Blyton menyampaikan bahwa keluarga yang indah adalah keluarga yang harmonis dan kompak, bukan keluarga yang hanya mengandalkan harta. Dan anak-anak yang baik adalah hasil dari didikan orang tua yang baik. Jika orang tuanya hanya merasa kasihan dan memanjakan anak-anaknya maka yang didapat adalah anak-anak yang manja dan tidak mandiri alias sangat mengandalkan orang lain. Dan seperti inilah yang dicerminkan dari sikap Bu Farrel yang selalu merasa tidak tega menyuruh Pam dan Tony bekerja. Hanya karena mereka menonjol dalam kepintaran IQ, maka bu Farrel merasa harus menjadikan mereka sebagai anak kesayangannya, sementara Lizzi dan si kembar David dan Delia ia lupakan.

Novel ini cocok dibaca oleh anak-anak berusia 8 tahun. Dalam novel ini anak-anak akan belajar mengenai pentingnya kekompakan dalam keluarga dan betapa menyenangkannya jika kita membantu orang tua, juga betapa buruknya bersikap seperti Pam yang angkuh dan Tony yang senang menjahati orang lain. :)
***
Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 2 oleh Bzee dan Read-a-long with Enid Blyton oleh Hobby Buku. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature