Top Social

Kilas Buku: Genius Fisika Paling Cool Sedunia

|
Judul Buku: Feynman: Genius Fisika Paling Cool Sedunia
Penulis: Richard P. Fenyman
Penerbit: Mizan
Terbit: 2006
Tebal: 292
Siapa fisikawan masa kini yang kalian kenal? Atau cuma Albert Einstein saja? Ya, Einstein memang populer. Namun beliau termasuk fisikawan abad ke sekian di masa lalu. Bagaimana dengan Richard Feynman, fisikawan yang pernah tergabung dalam komisi penyelidikan meledaknya pesawat ulang alik Chalenger tahun 1986 dan juga peraih nobel fisika tahun 1965.
Buku yang berjudul asli 'What Do You Care What Other People Think?' ini bercerita tentang catatan-catatan Feynman mengenai hal-hal yang terjadi dalam hidupnya. Dibagi dalam beberapa bab, buku ini bercerita mengenai masa kecilnya dengan ayahnya yang sangat menarik. Dimana ayahnya membentuk ia menjadi seorang ilmuwan dengan cara-cara yang unik, dengan mengajaknya jalan-jalan dan menjelaskan fenomena-fenomena alam yang terjadi dengan lugas dan mudah dimengerti. Sesekali ayahnya juga mengajaknya membaca koran dan mencoba menjelaskan dengan sederhana kata-kata yang sulit bagi seorang anak seperti Feynman kecil kala itu. Akhirnya Feynman tumbuh menjadi anak yang serba ingin tahu dan sangat menghargai penjelasan-penjelasan yang logis dan ilmiah.
Bab utama dalam buku ini menceritakan pengalaman Feynman ketika masuk menjadi anggota penyelidikan pesawak ulang alik Chalenger yang meledak di tahun 1986. Ia pun mencoba mendemonstrasikan di depan awak media bagaimana sebab Chalenger bisa meledak. Bab ini meskipun diceritakan dengan bahasa yang tidak ilmiah, namun tetap saja agak sulit dan sangat teknis. Bagi mereka yang mengerti dengan fisika mekanika atau gila sama mesin, mungkin bisa lebih memahami tulisan Feynman. Tapi bukan berarti yang ndak ngerti mesin ndak boleh baca lho. Boleh banget malah. Kalau tidak mengerti bagian teknis, baca saja pengalaman Feynman dalam menyelidiki kasus tersebut. So, selamat membaca :)
2 comments on "Kilas Buku: Genius Fisika Paling Cool Sedunia"
  1. Kira - kira buku itu sekarang masih ada di pasaran apa nggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin masih ada, Mas. Tapi ya agak jarang. Mungkin ada di rak obral atau diskon ya (?)

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature