Top Social

Kilas Buku: Kamus Khazar

|
Kamus Khazar
Judul Asli: Dictionary of the Khazars
Penulis: Milorad Pavic (terjemahan dari Christina Pribicevic-Zoric dari buku aslinya yang berbahasa Serbia-Kroasia)
Alih Bahasa: Noor Cholis
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
Terbit: Juni 2009
Tebal: 500 halaman

Suku bangsa Khazar adalah sebuah suku yang pernah berjaya di masa lalu dengan kekuatan dan pengaruh yang besar. Sayangnya Khazar tidak pernah lama bertahan menjadi besar. Sejak mereka berganti kepercayaan dari paganisme ke salah satu dari 3 agama besar di dunia, kekuatan dan pengaruhnya memudar. Jumlah mereka semakin sedikit dan akhirnya semakin berbaur dengan suku bangsa lain dan kemudian punah. Entah masih ada atau tidak orang yang berdarah Khazar saat ini, namun sepertinya sudah semakin sulit dicari. Begitu juga dengan sejarahnya, yang sangat sedikit tercatat dalam literatur. Novel "Kamus Khazar" ini merupakan perpaduan sastra, budaya, sejarah dan ensiklopedi. Ia menyingkap cerita Khazar di masa lalu dengan gaya cerita rakyat yang ensiklopedi.


Dan bagaimana dengan saya yang membacanya? Ah, saya benar-benar kurang sanggup membaca buku ini. Bukan soal ketebalannya, namun penyajian cerita yang kurang cocok dengan gaya membaca saya. Terlalu sastra, sehingga ada kesan buku ini berat dibaca. Padahal tidak, hanya saja bagi saya menjadi sangat membosankan. Akhirnya saya lebih senang memilih buku tebal sejarah dengan penyajian fakta yang lugas dan tidak terlalu berputar-putar.

Bagaimanapun, novel  ini telah membukakan mata saya soal bangsa Khazar yang memang benar pernah ada di dunia ini. Hal ini mendorong saya untuk mencari tahu sedikit saja soal Khazar. Setidaknya menambah wawasan saya.

P.S. Soal penyajian bahasa yang sastra (ternyata Milorad Pavic, pengarang buku ini, adalah seorang penyair ternama di Yugoslavia sekaligus profesor di bidang Sejarah Kesusastraan di Universitas Beograd) yang terdapat dalam buku ini mengingatkan saya pada novel Olenka yang ditulis dengan err, menurut saya agak rumit jadinya sangat sastra.
6 comments on "Kilas Buku: Kamus Khazar"
  1. waduh, BN yak? err.. padahal udah beli buku ini :')

    ReplyDelete
  2. rrrr ini novel yang judulnya Kamus ya? Aku baru tau niy tentang buku ini.. :)

    ReplyDelete
  3. wah sastra banget, ini judulnya jg nyentrik ala kamus, apakah penyajiannya kayak kamus gt sesuai alfabet?

    ReplyDelete
  4. Jadi bangsa Khazar ini gimana ciri2nya? Kali aja gennya masih ada.. walu uda campuran sama ras lain :D

    ReplyDelete
  5. baru tau kalau buku ini masuk 1001 books to read before die...kayaknya menarik, tapi berat ya?

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature