Top Social

Kilas Buku: Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta

|

Satu lagi cerita bagus yang harus dibaca! Seorang Pak Tua bernama Antonio José Bolívar Proaño sudah lama hidup dalam hutan wilayah Amazon, bersama orang-orang pedalaman (Shuar). Awalnya Antonio seperti para pemukim lainnya, tidak tahu menahu seluk beluk hutan pedalaman dan bagaimana hidup di dalamnya. Pemukim lain banyak yang mati, termasuk istri tercintanya Dolores Encarnacion del Santisimo Sacramento Estupinan Otavalo, beruntung Antonio dapat bertahan meski sempat sekarat karena racun ular boa. Berkat perawatan dari tabib orang Shuar, ia pun sehat seperti sedia kala. Sejak itulah ia tinggal bersama orang-orang Shuar dan belajar banyak dari mereka. Hingga suatu hari Antonio harus pergi dari sana dan kembali ke El Idiolio, daerah yang dihuni banyak pemukim.

Alam vs Manusia

Alam (dalam hal ini adalah hutan belantara dan penghuninya) sudah ada sejak bumi ini terbentuk. Manusia-manusia pertama yang lahir di muka bumi barangkali sudah terbiasa bagaimana menghadapi alam liar. Sayangnya lambat laun kemampuan manusia dalam mempelajari alam terkikis. Pengetahuan membuat mereka membangun peradaban yang maju dengan segala teknologi yang memudahkan. Manusia-manusia yang lahir belakangan akan terbiasa hidup dengan teknologi sehingga mereka akan kesulitan ketika harus masuk dan tinggal di dalam hutan. Kesulitan inilah yang mungkin saja membuat mereka kalap dan membabat apa saja yang mengancam nyawanya. Atau bahkan mereka ingin menjarah dengan rakus apa yang disimpan oleh hutan; hasil tambang, kayu, dan binatang.

Orang-orang Shuar mewakili manusia yang lahir dalam lingkup keliaran hutan. Mereka terbiasa menghadapi keganasan alam. Sementara Antonio lahir dari peradaban yang cukup mumpuni, namun memilih untuk bergabung bersama orang-orang Shuar. Karena lelaki tua itu sadar kalau ia hidup berdampingan dengan alam dan merasa harus belajar cara menghadapinya. Rubicundo Loachamín adalah perwakilan dari kaum pembenci pemerintah. Ia memang manusia peradaban modern yang terpelajar, namun lebih senang jika berpihak kepada kaum proletar.

Kalau si Walikota "Siput Lendir" merupakan manusia yang lahir dan terbiasa dengan segala kemudahan masa kini. Ia terpaksa tinggal bersisian dengan hutan dan sayangnya selalu berlaku seperti ia tinggal di kota saja. Dan yang terakhir adalah Harimau Betina, tokoh antagonis yang menjadi musuh bersama dalam cerita ini. Ia tidak bersalah, karena memang lahir dan hidup dalam hutan. Lantas salahkah ia jika ia hanya ingin membalas dendam akan kematian suami dan anak-anaknya? Salahkah ia jika ia bertarung untuk mempertahankan haknya tinggal dalam hutan?

Jadi ini adalah pertarungan antara manusia yang cenderung rakus mengambil hasil hutan dengan harimau betina yang hanya ingin keadilan.


Kisah Picisan 

Lalu mengapa harus ada kisah cinta? Antonio José Bolívar Proaño hanyalah manusia biasa yang merindukan cinta pertamanya yang sudah lama mati. Ketika ia berkenalan dengan novel-novel romansa, ia langsung meminta tolong Rubicundo si dokter gigi untuk membawakannya novel cinta sepulang ia dari kota.

Manusia selalu punya dua sisi; sisi baik dan sisi jahat, sisi garang dan sisi melankolis. Anggap saja kisah picisan ini sebagai pengejewantahan dari sisi melankolis si Pak Tua. Dan sisi garangnya? Tentu saja ketika ia harus berhadapan dengan si Harimau Betina. Jadi, siapakah yang akan menang, Pak Tua atau Harimau?

Bersahabatlah dengan alam

Maka, jadilah bijak. Jika kau termasuk manusia yang biasa dengan kemudahan, jadilah bijak dengan hidup yang baik. Lakukan hal-hal kecil yang membuat alam tetap terjaga pada tempatnya. Bukan apa-apa, hanya sekedar menyeimbangkan dunia ini saja. :)

Well, 4 bintang untuk cerita ini. Buku yang bagus dan sangat saya rekomendasikan untuk dibaca!

Data

Judul: Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta
Judul asli: Un viejo que leía novelas de amor
Pengarang: Luis Sepúlveda
Penerjemah: Ronny Agustinus
Paperback, 133 pages
Published December 2005 by Marjin Kiri (first published 1989)
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature