Top Social

Kilas Buku: Amy & Roger's Epic Detour

|


Sudah sebulan ini Amy tinggal sendirian di rumahnya di Raven Rock, California pasca meninggalnya sang ayah, Benjamin Curry beberapa waktu yang lalu. Ibunya memutuskan untuk pindah jauh dan memulai hidup baru. Adiknya, Charlie, harus menjalani kehidupan di panti rehabilitasi di North Carolina sementara waktu. Ketika kelas berakhir, sang ibu meminta Amy untuk melakukan perjalanan jauh menuju Connecticut dan tinggal di sana bersamanya. Amy tidak keberatan dengan hal itu, hanya saja ia harus ditemani seorang cowok asing. Eh apakah tadi saya bilang kalau Amy tidak keberatan untuk tinggal di Connecticut? Well, Sebenarnya ia sangat keberatan untuk pindah dari RUMAHnya.

Yang menjadi rute awal adalah California, New Mexico, Oklahoma, Ohio, dan Connecticut pada akhirnya. Namun Roger dan Amy tanpa direncanakan mengubah rute perjalanan mereka. Amy memang tidak mengenal Roger dengan baik, begitu juga sebaliknya. Ketampanan Roger pun malah membuat cewek itu ingin kabur dan sembunyi darinya. Bukan tidak suka, Amy justru merasa hampir jatuh cinta.

Kebersamaan dalam perjalanan tidak lantas membuat Amy dan Roger langsung menjadi teman dekat. Amy masih tidak mau membicarakan ketiadaannya sang ayah, walaupun Roger sudah blak-blakan tentang kehidupan kuliah dan percintaannya. Tapi pada akhirnya ada suatu waktu Amy harus menyerah dari kesendirian dan kesepiannya. Ia harus sadar bahwa menjauhi orang lain bukanlah solusi. Keterbukaan dirinya pada keluarga dan teman adalah salah satu jawaban. Lalu mana yang akan dipilih Amy?

Highway 50!

Saya suka buku ini! Morgan, si penulis, mengenalkan saya dengan beberapa negara bagian yang ada di Amerika Serikat termasuk sebagian cerita yang ada di kotanya. FYI, buku ini memang merupakan hasil dari jalan-jalan Morgan Matson saat ia berkeliling ke beberapa negara bagian dengan menggunakan mobil, ya cukup persis yang ada di cerita. Ia sendiri pun mengakui kalau pengalamannya, dan bahkan playlist musiknya ia jadikan sebagai latar belakang yang menyokong tokoh dan isi cerita. Lebih lanjut soal ini dapat dibaca pada bagian akhir buku selepas cerita.

Salah satu yang saya sukai adalah ketika Amy dan Roger melalui Highway 50. Highway 50 adalah the loneliest road in America, alias jalanan paling sepi di Amerika. Jalan ini terletak di negara bagian Nevada. Ah saya jadi mengetahui sisi lain Amerika, yang seringnya lebih populer dengan berbagai wilayah yang padat seperti New York dan California. Sangat jarang orang luar Amerika yang tahu tentang jalanan paling sepi ini. Well, Amerika juga punya sisi yang jauh dari peradaban lho. Jadi jangan merasa terindimidasi dengan negara yang katanya super itu. Saya jadi ingat dengan komentar salah seorang teman yang ketika itu baru pertama kali ke Amerika (tepatnya Oregon), "Ah, Amerika isinya tanah juga kayak di Indonesia".

Balik lagi ke Highway 50. Morgan menggambarkan kalau kita berkendara di jalanan ini, kita seperti tidak akan pernah menemukan jalan keluar. Dalam satu jam berkendara, mungkin hanya 3 mobil saja yang akan ditemui di jalan. Selebihnya yang kau temukan hanyalah jalanan, pasir, udara, langit, awan, dan matahari. Saya jadi mikir, tol Cipali mungkin belum ada apa-apanya kali ya. :D

Saya juga terkesan dengan profil negara bagian yang cukup lengkap. Profilnya terdiri atas nama julukan, moto, ukuran wilayah, fakta, dan catatan tambahan.

Typo Banyak!

Salah satu masalah yang dimiliki buku terjemahan di Indonesia adalah banyaknya typo. Sayangnya buku ini termasuk. Padahal buku ini diterbitkan oleh penerbit GPU lho. Para pembaca membeli buku dengan harga mahal bukan untuk mendapatkan hasil akhir yang tidak sempurna. Kesalahan sekecil apapun bagi pembaca berarti besar. Rasanya seperti ada yang mengganjal gitu. Yah, moga masukan saya dapat membuat GPU berusaha lebih baik lagi dalam menerbitkan buku terjemahan.

Ad Astra Per Aspera

Akhir kata, saya merekomendasikan buku ini untuk para remaja yang senang dengan genre romance namun tetap berisi. Mari bersama menuju bintang, mengatasi rintangan. :)

Informasi buku

Judul: Perjalanan Panjang
Judul asli: Amy & Roger's Epic Detour
Pengarang: Morgan Matson
Penerjemah: Nina Andiana
Tebal: 480 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, 26 Juni 2014 (pertama kali terbit 4 Mei 2010)
2 comments on "Kilas Buku: Amy & Roger's Epic Detour"
  1. saya dulu pernah cari edisi terjemahan ini dimana2 udah kosong stoknya huhuhu harus berpuas diri baca versi inggrisnya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, aku malah dapetnya obralan, mbak. Mungkin habis stock karena dipindah untuk diobral. Kalau di Jogja, harga obralannya variatif, ada yang 10k, 20k, 30k. Aku sendiri beli 30k.

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature