Top Social

Kilas Buku: A Man Called Ove

|


Judul: A Man Called Ove
Pengarang: Fredrick Backman
Penerjemah: Inggrid Nimpoeno
Tebal: Paperback, 448 halaman
Penerbit: Noura Books, Pebruari 2016 (pertama kali terbit 27 Agustus 2012)
🌟🌟🌟🌟🌟

Apa yang manusia butuhkan dalam hidup mereka? Banyak hal. Salah satunya adalah prinsip. Dan bagi seorang lelaki tua bernama Ove, prinsip adalah hal yang tidak bisa diubah oleh apapun, walau oleh pihak berwenang sekalipun.

Ove terlahir sebagai anak yang pendiam, dengan ayah yang juga tidak banyak bicara dan ibu yang cukup menyenangkan. Karena sang ibulah Ove dan ayahnya tetap pergi ke gereja meski wanita itu telah meninggal. Ove pun tumbuh sebagai lelaki yang pendiam dan jujur, benar-benar hasil tempaan sang ayah. Namun, berbagai pengalaman hidup selepas kepergian ayahnya juga ikut menempanya sebagaimana ia dikenal seperti sekarang ini: si lelaki hitam putih.

Ove bukan tipe siapapun yang menginginkan romantisme. Ove hanya lelaki yang lebih senang bertindak daripada berbicara. Baginya, banyak bicara tanpa bertindak hanyalah omong kosong. Sampai akhirnya ia bertemu seorang wanita yang penuh warna, Sonja. Maka si lelaki hitam putih pun akhirnya mendapat pendamping: si perempuan warna warni.

Dan dengan Sonja, Ove menjadi "hidup". Baginya, hanya tiga hal yang dicintainya: kebenaran, mobil Saab, dan tentu saja Sonja.

Pada awalnya, saya agak enggan membaca cerita Ove. Berdasarkan pengalaman membaca buku karya penulis asal Swedia, tokoh dan alur ceritanya sangatlah unik, bahkan cenderung absurd. Begitu juga dengan Ove tentunya. Ove juga manusia yang absurd, karena terlalu "benar". Dan bagaimana sih perasaan kalian jika bertemu dengan orang yang saklek? Membosankan pastinya. Lalu bagaimana perasaan kalian jika bertemu dengan lelaki yang selalu berceramah hanya karena terlalu taat peraturan? Menyebalkan! Tapi celakanya, saya jatuh cinta dengan si lelaki yang bermobil Saab itu.

Apa sih Saab? Ketika membaca cerita ini, saya selalu melihat Saab seringkali disebut. Penasaran, saya pun mencarinya pada mesin pencarian. Dan hasilnya:



Ternyata, Saab adalah perusahaan mobil asal Swedia, dan mobil di atas adalah mobil Saab edisi 9-3 yang pernah dimiliki Ove. Saya juga sempat mencari mobil Saab 92 dan 93, yang ternyata agak mirik dengan minicooper. Begitu takjubnya saya dengan Ove, karena ia adalah lelaki yang sangat nasionalis, bahkan untuk urusan mobil.

Lalu bagaimana cerita Ove berjalan? Maju mundur. Penuh dengan kejujuran, hal yang satir dan ironi, juga kepahitan. Syukurlah hal-hal itu dibungkus dengan humor yang entah mengapa memaksa saya tertawa. Misal saja, ketika Ove yang sudah tua itu, berulangkali membunuh dirinya sendiri, selalu ada orang lain yang mengganggunya. Bahkan gara-gara itu ada orang yang menganggap dirinya sebagai pahlawan hingga akhirnya ia diburu wartawati yang "ngebet" mewawancarainya. Ya, humor pada kisah Ove datang dari orang-orang yang hidup di sekitarnya. Ove menganggap mereka sangat idiot, kampungan, dan juga tidak benar-benar idiot. Dan syukurlah orang-orang itu tetap menganggap Ove ada, apapun yang lelaki tua itu katakan.

Cerita Ove ditulis dengan penuh kesan. Anda yang tidak yakin akan mencintai Ove, tentu akan mengikuti jejak saya. Fredrik Backman membuat seluruh karakter, tidak hanya Ove, mengambil peran pentingnya masing-masing. Mereka mendukung Ove dengan warnanya masing-masing. Bahkan bagi seorang gadis berumur tiga tahun, Ove bukanlah lelaki hitam putih, namun penuh warna warni dan bahkan lebih menyenangkan daripada badut ulang tahun.

Dan pada akhirnya, selalu akan ada akhir. Pembaca pasti akan menilai si karakter utama, termasuk Ove. Lalu saya akan memberikan lima bintang untuk bukunya hanya karena Ove seorang. Well, Ove, kau adalah lelaki tua pemarah yang patut dicintai.

Lima bintang untuk Ove dan buku ini.👴💗
🌟🌟🌟🌟🌟

1 comment on "Kilas Buku: A Man Called Ove"
  1. Rating yang menakjubkan. Jadi penasaran dengan bukunya..

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature