Top Social

Kilas Buku: Peter and the Shadow Thieves

|

Judul: Peter Pan dan Penguasa Bayangan
Judul asli: Peter and the Shadow Thieves
Pengarang: Dave Barry & Ridley Pearson
Penerjemah: Haris Priyatna
Penerbit: Mizan Fantasi, 2006
Tebal: 568 halaman

Lord Ombra, sosok misterius mengerikan pencuri bayangan, membuat gempar seluruh awak kapal. Dia memaksa kelasi kapal mengikuti semua perintahnya untuk mencari Serbuk Bintang, materi pengganda kekuatan. Mereka bergerak menuju London ke kediaman Molly yang dikabarkan menyimpan serbuk ajaib itu.

Peter Pan bersama Tinker Bell berusaha menghentikan langkah Lord Ombra. Jika tidak, nyawa Molly dan keluarganya akan terancam. Dan kekuatan Serbuk Bintang di tangan Lord Ombra akan berubah menjadi kekuatan jahat yang menimbulkan kekacauan di London. (Goodreads)

Peter Pan adalah salah satu cerita dongeng yang populer. Dengan tokoh seorang anak laki-laki yang bisa terbang dan tak bisa tumbuh besar dan tokoh lain yang antagonis yakni Kapten Hook. Peter adalah cerita dongeng yang penuh adegan aksi si bocah badung melawan bajak laut yang mana berhasil mencuri perhatian para anak laki-laki. Ya, diantara fairy tales yang hampir semuanya bertemakan princess, Peter Pan seperti menjadi gebrakan tidak biasa dalam dunia dongeng.

Dewasa ini banyak cerita dongeng yang diceritakan kembali dengan berbagai modifikasi yang lebih menarik baik dalam bentuk buku atau film. Salah satunya adalah buku yang sedang kita bahas kali ini, Peter Pan dan Penguasa Bayangan. Kali ini para penulisnya membuat babak petualangan baru bagi si bocah terbang. Ia mengembangkan cerita mengenai serbuk bintang yang konon akan berbahaya jika digunakan oleh orang yang jahat. Tak dinanya, Peter pun terlibat dalam babak baru ini. Ia berusaha menolong sahabatnya Molly Aster sekaligus menggagalkan usaha pencurian serbuk bintang. Sayangnya lawan kali ini jauh lebih berbahaya dari seorang Kapten Hook.

Pada awalnya saya tidak menyangka akan membaca buku ini hingga selesai. Ada perasaan skeptis bahwa buku ini cepat membosankan. Ya, masalahnya topik yang disampaikan tidak baru. Pertama, tentang Peter Pan. Kedua, masalah yang dibawa adalah tentang petualangan Peter Pan menyelamatkan dunia. Saya sudah mulai merasa ada banyak hal klise yang menjadi alasan saya untuk tidak membacanya. Namun syukurlah ada agenda baca bareng BBI yang mana memaksa saya untuk menyeselesaikan buku ini.

Hasilnya? Yah, ternyata not bad. Pada bab pertengahan hingga akhir, saya tidak mau meletakkan bukunya sekejap pun. Ada bagian-bagian yang membuat saya terdorong untuk terus penasaran. Hingga akhirnya saya bisa menyelesaikannya dengan selamat.

Mungkin ya salah satu faktor yang membuat saya malas duluan adalah ketebalan bukunya. Plus, penggarapan hal-hal trivia yang terlalu kurang menarik buat saya. Walau sebenarnya yang berbau trivia itu bagus juga sebagai pelengkap dan sekaligus menunjukkan bahwa perjuangan Peter untuk menolong Molly tidaklah instan.

Karena saya membaca buku versi terjemahannya, maka ada beberapa dari sisi terjemahan yang membuat saya kurang nyaman. ada satu kata yang pada redaksi aslinya disebut 'The Return' dan pada awalnya penerjemah membiarkan kata tsb dibiarkan seperti apa adanya. namun hal itu berubah pada bagian tengah cerita. 'The Return' diterjemahkan menjadi 'Pengembalian'. sebagai pembaca awam saya cuma bisa baca aja sambil mengerutkan dahi.

cuma mau mengingatkan aja sih, baik itu buat pengarang, penerjemah, editor, dan proofreader jika detil kata itu perannya sangat penting sekali. ada kesalahan kecil pada satu kata saja kadang bisa berpengaruh kepada pembaca. terima kasih. :)


Review ini dalam rangka posbar BBI dengan tema fairy tales.

4 comments on "Kilas Buku: Peter and the Shadow Thieves"
  1. Kalau menurutku sih dongeng ga semuanya temanya tentang "Princess", Dhil, kecuali kalau dirimu refer ke dongeng ala Disney sih :)). Peter Pan ini aku cuma tau basic ceritanya aja, tapi belum pernah baca buku aslinya.

    ReplyDelete
  2. Buku merupakan teman dimanapun kita berada :)
    Kemasan Makanan

    ReplyDelete
  3. aku udah pernah baca buku asli peter pan tapi berasa boriiing XD kayanya malah seruan yang versi petualangan serbuk bintang ini kali ya? tapi setuju, pemilihan kata di terjemahan itu krusial banget..

    ReplyDelete
  4. Dapatkan buku-buku terbaik dan lebih murah hanya di http://tokobuku.getscoop.com/?utm_source=blogger&utm_medium=referral&utm_content=1&utm_campaign=launching%20tokobuku%20pre%20order

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature