Top Social

Kilas Buku: The Witches

|

Ratu Penyihir (The Witches)
Oleh Roald Dahl
Gramedia Pustaka Utama, 2002
240 halaman

Novel ini bercerita tentang petualangan seorang anak laki-laki yang memerangi para penyihir dan Ratu penyihir bersama neneknya. Karena Dahl berkisah bahwa dunia ini penuh penyihir yang suka berpenampilan sebagai perempuan. Ya, tidak ada penyihir laki-laki, adanya penyihir perempuan. Dan tidak ada genderuwo perempuan, melainkan genderuwo laki-laki.

Maka berhati-hatilah terhadap setiap perempuan. Barangkali mereka adalah seorang penyihir. Dan penyihir selalu membenci anak-anak dan ingin mengenyahkannya. Banyak cara penyihir untuk menghabisi anak-anak yang mereka benci, mulai dari dikurung dalam lukisan, diubah menjadi ayam, lumba-lumba dan tikus. Seperti pembaca, si tokoh utama tidak percaya dengan mitos soal penyihir yang diceritakan oleh Neneknya. Namun setelah melihat kejadian yang terkait dengan penyihir dan dunianya, ia langsung percaya dan memerangi para pembuat onar itu. Malangnya, ia melakukan hal ini dalam kondisi tubuh yang sudah disihir menjadi tikus.

Cerita ini menarik dan sangat menyentuh dunia anak-anak yang penuh dengan keajaiban. Hanya saja ada beberapa hal dalam cerita yang sebagai pembaca, saya kurang menyukainya. Yakni; nenek yang merokok cerutu di depan cucunya dan solusi untuk tidak mandi sesering mungkin agar tidak dibaui oleh penyihir. Kenapa tidak begini saja solusinya jikalau sering mandi dan bersih dan Wangi, maka penyihir tidak akan mau dekat-dekat dengan kita. Kenapa tidak begitu saja ya?

Namun tentu saja ada hal yang saya suka seperti kutipan sbb;
Bukan masalah seperti apa dirimu atau seperti apa penampilanmu, selama ada yang menyayangimu ~Dahl, The Witches, 216
So, kasih sayang dan cinta tidak mengenal penampilan fisik, namun kebaikan dari dalam hati, :) Saya rasa buku ini cocok untuk anak usia 10 tahun.

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 4 oleh Bzee dan Read-a-long with Roald Dahl oleh Hobby Buku. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature