Top Social

Kilas Buku: Teman Misterius

|
Judul: Teman Misterius
Pengarang: Rizqiany Nurfitria (Riri)
Tebal: 148 halaman
Penerbit: DAR! Mizan
Cetakan: IV / 2012

Marie, gadis cilik berkebangsaan Amerika Serikat, harus mengikuti ayahnya pindah ke Indonesia. Ayah Marie bertugas di Indonesia untuk beberapa lama. Sebelum terbang ke negara kepulauan itu Marie harus mengikuti kursus bahasa Indonesia hingga lancar. Pelajaran tersebut ia ikuti dengan senang hati hingga akhirnya tiba hari keberangkatan ke Indonesia.

Sesampainya di Jakarta, Marie mulai bersekolah di Sekolah Internasional SUNS dan berteman dengan murid-murid yang berasal dari berbagai negara terutama Indonesia. Ia mulai menikmati kehidupannya di Indonesia.

Namun ada satu hal yang ia tak mengerti. Ia menemukan buku harian bersampul hitam yang misterius di kamarnya. Sejak itu ia mulai mendapatkan sms-sms dari orang tak dikenal yang katanya adalah penghuni lama kamar Marie sebelum ia pindah ke Indonesia. Awalnya Marie mengabaikan, namun sms-sms itu semakin lama semakin mengganggu sehingga ia pun mengadu kepada ibunya pada suatu hari.

Jadi siapa ya yang selalu sms Marie?

***

Saya baca cerita ini cukup dalam 15 menit saja lho. Haha, iyalah jelah bagi orang yang sudah bukan anak kecil pastinya mereka sudah paham apa inti dari cerita ini, sehingga cara membacanya cukup dengan membolak-balik halaman saja. Sementara saudara saya yang masih SD, baca buku ini bisa kurang lebih seminggu. Sepertinya saudara saya itu sangat menghayati. :D

Well, buku ini adalah KKPK (Kecil-Kecil Punya Karya). Jadi yang menulis buku ini adalah masih dalam kategori kanak-kanak. Inti ceritanya bagus dan menarik. Namun banyak kata-kata yang kurang pas, agak ajaib dan imajinasi yang kurang logis (tidak sesuai kondisi).

Disini diceritakan Marie mempunyai lemari pakaian yang canggih. Lemari itu mampu mendata semua baju Marie simpan. Sehingga jika suatu hari Marie membutuhkan pakaian, ia cukup mengetik kata kunci di komputer saja. Namun sebelum itu digambarkan kalau Marie lebih senang mengirim surat lewat kantor pos. Padahal email sudah familiar seharusnya bagi Marie. Kenapa tidak lewat email. Ya mungkin Marie rindu dengan cara manual, kirim surat lewat kantor pos, namun Riri tidak menyebutkan itu. Ini cuma pendapat kakak saja ya Riri. Semoga dirimu bisa lebih baik lagi di tulisan berikutnya.

Baiklah, so far, buku ini cocok sekali untuk anak-anak, khususnya bagi mereka yang masih SD, mulai sekitar kelas 2 SD. Ditambah lagi KKPK juga memacu anak-anak usia SD untuk membaca dan menulis karya. Hal ini seperti lingkaran; dari mereka dan untuk mereka. Semoga semakin banyak anak-anak yang mulai senang membaca karena buku KKPK ini. :)

***
Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 4. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini.



Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature