Top Social

Kilas Buku: The Magic Finger

|
Judul: Jari Ajaib
Judul Asli: The Magic Finger
Pengarang: Roald Dahl
Alihbahasa: Listiana Srisanti
Penerbit: Gramedia
Cetakan: II / 2003
Tebal: 80 halaman
Rating: 4 / 5
Rentang Usia: 7 tahun

Seorang gadis kecil yang menjadi tokoh dalam buku Roald Dahl kali ini punya kelebihan yang menarik, yakni telunjuk ajaib yang bisa mengubah siapapun menjadi apapun.Kelebihan ini hanya terjadi ketika ia marah. Gadis kecil yang baik ini memiliki tetangga, keluarga Gregg yang senang berburu binatang. Mereka senang menembaki binatang dan memakannya. Si gadis kecil tidak senang akan hal ini dan mencoba berbicara kalau hal tsb tidaklah baik. Namun nasihatnya tidak digubris hanya karena ia anak kecil. Si gadis kecil pun merasa marah hingga badannya bergetar dan telunjuknya mengeluarkan kilat cahaya di rumah keluarga Gregg. Pada keesokan harinya sesuatu terjadi pada keluarga Gregg. Yang jelas kejadian tersebut membuat mereka tidak lagi berani berburu binatang dan segera mengganti nama keluarga mereka menjadi keluarga Egg.


Seperti pesan yang terdapat dalam buku-buku karya Dahl lainnya yakni The Twits, The Giraffe, the Pelly and Me, dsb, buku ini menyampaikan pesan yang kurang lebih sama. Agar sebagai manusia janganlah kita berlaku kejam terhadap makhluk lain. Seperti yang dilakukan keluarga Gregg yang senang berburu binatang. Berburu boleh-boleh saja, asal tidak dilakukan untuk tujuan bersenang-senang. Dan jangan sampai kita sebagai berburu manusia semaunya sehingga bahkan menyebabkan berkurangnya jumlah hewan. Jika manusia berburu seperti itu sama saja dengan melakukan pembantaian.

Buku ini cocok dibaca anak-anak yang berusia 7 tahun. Jumlah halamannya tidak terlalu tebal dan kata-kata yang digunakan cukup sederhana. Sehingga memudahkan anak memahami cerita yang disampaikan oleh si pengarang.

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 4 oleh Bzee dan Read-a-long with Roald Dahl oleh Hobby Buku. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature