Top Social

Kilas Buku: The Twits

|
Judul: Keluarga Twit
Judul Asli: The Twits
Pengarang: Roald Dahl
Alihbahasa: Yoke Octarina
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Cetakan: Kedua, 2004
Tebal: 104 halaman
Rating: 3/5
Usia layak baca: 8 tahun

Sepasang suami istri Tuan dan Nyonya Twit merupakan orang tua yang jelek dan jahat. Mereka senang saling menjahili satu sama lain dan mereka pun jahat terhadap orang lain. Mereka jahat terhadap binatang. Dahan-dahan pohon diberinya lem oleh mereka agar burung-burung kecil dapat terjerat kakinya sehingga dengan mudah dapat mereka masak sebagai santapan. Bahkan anak-anak kecil pun ingin mereka santap pula. Tak hanya itu mereka senang melihat makhluk hidup lain menderita. Mereka mengurung monyet-monyet agar tak bisa berkeliaran. Sungguh jahatlah Tuan dan Nyonya Twit yang sudah tua itu.


Hingga pada akhirnya para binatang menyusun rencana untuk membalas dendam kepada keluarga Twit. Lalu apa yang direncanakan si monyet dan burung? Intip ceritanya langsung saja. :D

Dalam buku ini Dahl menggambarkan bahwa pikiran yang buruk sangat amat tidak baik. Tidak hanya membuat kita dibenci orang lain, namun juga akan berpengaruh terhadap penampilan diri kita. Seperti yang terjadi pada Nyonya Twit yang sebenarnya sangat cantik, namun wajahnya berubah menjadi nenek sihir karena pikirannya yang selalu dipenuhi oleh prasangka-prasangka tidak baik.

Kemudian, pesan Dahl kepada kita lewat buku ini adalah agar kita hidup bersih. Contoh buruk dari hidup tidak bersih bisa dilihat dari Tuan Twit yang tidak pernah mencuci janggutnya padahal dalam janggut lebatnya terselip sisa-sisa makanan yang bau. Mungkin janggut yang kotor lebih buruk daripada gigi yang kotor.

Selanjutnya, pesan Dahl adalah agar berbuat baik terhadap makhluk hidup, manusia, binatang dan tumbuhan. Ini sering menjadi pesan Dahl dalam setiap novelnya. Jika kita berbuat buruk pada siapapun itu pasti akan ada balasan tersendiri yang menimpa pada diri kita.

Pada akhirnya buku ini cocok dibaca oleh anak-anak berusia sekitar 8 tahun. :)

***
Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 4 oleh Bzee dan Read-a-long with Roald Dahl oleh Hobby Buku. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature