Top Social

Kilas Buku: Thales dan Piramida (Asyik Belajar Matematika #1)

|
Judul: Thales dan Piramida (Asyik Belajar Matematika #1)
Judul Asli: Thales and the Secret Pyramid (Math Devi Vol. 1)
Pengarang: Kim Rin
Ilustrasi: Biwon Studio
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer (BIP)
Cetakan: I, Agustus 2007
Tebal: 216 halaman

Abu, seorang murid SD, benci sekali sama pelajaran matematika. Tapi tanpa sengaja, ia malah menjadi pewaris pena Raja Siluman Matematika. Pena itu membawanya kembali ke zaman Mesir Kuno. Raja Siluman Matematika memasang banyak perangkap untuk menjebak Abu. Bisakah Abu menghadapi rasa takutnya, dan melewati marabahaya yang mengancam nyawanya? ~ Sinopsis dari wajah belakang buku.

Tokoh Abu mencerminkan kebanyakan anak yang menganggap matematika adalah kiamat bagi mereka. Matematika adalah hantu siluman, dan dalam cerita ini diwakili oleh Raja Siluman Matematika yang menjadi tokoh antagonis. Raja Siluman Matematika terus menerus menjebak dan menantang Abu untuk menyelesaikan berbagai persoalan matematika. Akhirnya mau tidak mau ia pun harus berusaha sekuat tenaga menaklukan momok hantu yang bernama matematika itu.

Tidak hanya tentang matematika, kita pun diajak menelusuri sejarah darimana rumus-rumus atau angka-angka yang njelimet ini berasal. Dalam buku ini kita diajak untuk bertemu Thales, seorang pedagang biasa yang pintar matematika dan akhirnya dijuluki sebagai Bapak Matematika Yunani.

Buku ini tidak terlalu tegang dan serius seperti yang kita kira. Seperti judulnya, buku ini benar-benar asyik membawa kita belajar matematika. Sisipan humor dan gambar-gambar yang terkadang lebay membuat para pembaca ketagihan membaca tanpa rasa bosan.

Cerita yang sangat menyenangkan khususnya untuk adik-adik yang masih duduk di bangku SD agar tertarik belajar matematika dengan cara yang menyenangkan! Ketika membaca buku ini, ingin sekali rasanya saya kembali ke masa kecil dan belajar matematika lagi, lalu menemukan buku educomic matematika ini!

Sayangnya buku ini dan serialnya (terdiri atas 8 seri lho!) sudah jarang di pasaran dan sepertinya tidak akan dicetak ulang. Saya sendiri tidak punya buku nomor 2 dan 3 hikz! Mungkin karena tidak banyak yang senang membeli educomic yah. Err, memang buku ini terbilang cukup mahal yakni sekitar IDR 75-65,000. Walau sebenarnya worth it juga karena gambar-gambarnya bagus, colorful, dan tidak buram. Kertasnya juga bagus dan tebal. Jadi itulah mengapa harga jual menjadi mahal.

Bintang 5 untuk buku ini. Cocok dibaca untuk anak-anak SD (mulai kelas 3 sepertinya) dan mereka yang ingin kembali belajar matematika dengan menyenangkan seperti saya.

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 3 oleh Bzee.
1 comment on "Kilas Buku: Thales dan Piramida (Asyik Belajar Matematika #1)"
  1. Oh, plis, edunomics yang seri Keluarga Super Irit jangan menghilang dulu :D

    Setelah beberapa waktu tidak berkunjung ke toko buku alias Gramedia, mata saya tertumbuk pada tumpukan buku-buku terbitan Bhuana Ilmu Populer. Setuju saya dengan seri edunomics ini, mahal tapi layak dikoleksi. Materi bahasan dan gambarnya bagusss...

    -Pagitta-

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature