Top Social

Kilas Buku: Yuni and the Ox

|
Ilustrasi: Kim Young-Ju
Judul Cerpen: Yuni and the Ox (Dalam buku Stories from Asia Today #1, 1979)
Pengarang:O Yong-su
Ilustrator: Kim Young-ju
Penerjemah (ke dalam bahasa Inggris): Genell Y. Poitras
Negara: Korea

***
Seorang anak laki-laki bernama Yuni tidak seperti orang kebanyakan di desanya yang senang dengan binatang kerbau. Ia lebih menyukai kuda daripada kerbau. Ia berpikir kerbau sangatlah lamban dan lebih senang mengunyah daripada berlari.

Suatu ketika di musim panas, Yuni bermain bola setelah makan siang. Ia kaget ketika melihat seekor kerbau sedang berdiri dan mengunyah di dekat tempatnya bermain. Namun ia pura-pura tidak peduli dengan wajah kerbau yang menurutnya seram, bahkan ia sempat berpikir bagaimana kalau kuda dan kerbau berkelahi siapa yang akan menang?

Tiba-tiba bola Yuni terlempar dan berada di bawah perut kerbau. Yuni ingin mengambil tapi tidak cukup berani. Ketika ia berusaha mengambil bolanya pipinya malah tertampar oleh buntut kerbau yang kecil dan panjang. Ia ingin menangis tapi berusaha menahannya. Ia berlari menuju rumah dan mencari orang tuanya untuk melaporkan ulah si kerbau, namun ternyata orang tuanya sedang pergi. Ketika ia kembali, si kerbau sudah kembali membajak sawah dan bola teman ia bermain sudah menghilang entah kemana.

Nilai moralnya adalah agar tidak terlalu membenci sesuatupun dan bahkan membandingkannya dengan sesuatu hal yang kita sukai. Boleh jadi apa yang kita benci adalah lebih baik daripada apa yang kita suka. Dan boleh jadi suatu hari nanti kita akan berurusan dengan apa-apa yang kita benci. :)

***
Tentang penulis dan illustrator:

O Yong-su adalah seorang penulis yang merupakan pemenang untuk karya literatur. Ia juga menjadi editor utnuk majalah sastra.
Kim Young-ju adalah seorang pelukis korea yang menganut paham lukisan ala barat. Karya-karyanya sudah dipamerkan di banyak negara,
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature