Top Social

Kilas Buku: The Graveyard Book

|
Judul: The Graveyard Book
Pengarang: Neil Gaiman
Ilustrator: Dave Mckean
Tebal: 312 halaman
Terbit: 2008
Penerbit: Harper Collins Publisher
Usia: 13 tahun keatas
Rating: 5/5
Award:  Hugo Award for Best Novel (2009), Newbery Medal (2009), Locus Award for Best Young Adult Novel (2009), World Fantasy Award Nominee for Best Novel (2009), Mythopoeic Fantasy Award Nominee for Children's Literature (2009) Cybils Award for Middle Grade Fantasy & Science Fiction (2008), Audie Award for Audiobook of the Year (2009), An ALA Notable Children's Book for Middle Readers (2009), ALA Teens' Top Ten (2009), Michigan Library Association Thumbs Up! Award Nominee (2009), Indies Choice Book Award for Best Indie Young Adult Buzz Book (Fiction): (2009), Carnegie Medal in Literature (2010), British Fantasy Award Nominee for Best Novel (2009)
 ***
Face your life,
It's face,
It's pleasure,
Leave no path untaken

Pada suatu malam, ketika udara dingin merayapi kegelapan, seorang laki-laki misterius dengan jubah hitam tanpa cela menyisipkan belatinya. Sudah tiga orang terbunuh (suami, istri dan seoarang anak perempuan) dalam rumah keluarga Dorian dan sisa satu orang lagi, seorang bayi laki-laki Dorian. Lelaki misterius yang dijuluki The Man Jack itu sebentar mengendus udara dalam rumah tsb, memindai bau si bayi dan segera menuju kamarnya di dekat loteng rumah. Sayangnya, sesampai disana si bayi sudah pergi, sendirian menuju areal pemakaman. The Man Jack segera menyusul, tidak sabar untuk segera menghabisi anak ingusan itu.

Tanpa diduga kedatangan bayi laki-laki nan lucu itu mendapat sambutan hangat dari sepasang suami istri Owens, salah satu hantu penghuni kuburan, yang sangat ingin mengadposinya. Pro-kontra terjadi antara penghuni areal pemakaman itu. Namun pada akhirnya keputusan dicapai dengan hasil positif, sang bayi laki-laki diadopsi oleh keluarga Owens (ia mendapatkan nama Nobody Owens / Bod), mendapat hak istimewa sebagai warga penghuni kuburan yang masih hidup dan dapat dengan bebas pergi ke kuburan manapun dalam areal itu, dan tentu saja mendapatkan perlindungan dari para hantu penghuni kuburan. Yang paling istimewa adalah memiliki pengasuh bernama Silas yang selalu dengan senang hati mengajarkan banyak hal kepadanya. Namun hanya satu hal yang selalu dipertanyakan Bod, mengapa ia tidak boleh sekalipun keluar dari areal pemakaman. Seberapa bahayanya jika ia pergi sesekali.

Jawaban dari pertanyaan itu ia dapatkan di kemudian hari ketika Bod berumur 11 tahun. Silas memutuskan untuk mulai menceritakan kejadian yang sebenarnya kepada Bod. Alih-alih takut dengan perburuan yang dilakukan the Man Jack terhadapnya, ia justru berani untuk menghadapi apapun yang terjadi dan siap dengan segala resikonya.



***
Wow, what an excellent novel. Saya pikir saya akan membacanya berlama-lama. Namun ternyata cukup sehari semalam saja saya membacanya. Atau mungkin karena ini buku pinjeman dari perpus sehingga deadline pengembalian mampu membuat saya membaca dengan sistem SKS? :D

Baik, jadi begitulah sinopsis dari The Graveyard Book karya Neil Gaiman. Ide ceritanya tidak biasa yakni tentang seorang anak laki-laki normal yang tinggal dan besar di areal pemakaman, dengan para hantu sebagai orang tua dan para guru dan teman mainnya.

Dibesarkan oleh para hantu, tidak membuat Bod menjadi minder. Bahkan ia cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi meski ia tidak memiliki apa yang anak-anak lain miliki. Disini Gaiman berhasil membangun karakter yang tumbuh dengan matang dari diri seorang anak kecil yang sebatang kara. Para hantu dijadikan sebagai sosok bijak yang selalu memenuhi Bod yang kelaparan akan pengetahuan. Pada akhirnya di usia 15 tahun Silas dan para warga pemakaman lainnya melepas Bod keluar areal pemakaman untuk memulai hidup mandiri.

Akhir dari novel ini gampang ditebak, namun prosesnya tetap menarik. Anak-anak usia mulai 13 tahun sudah cocok membaca buku ini. Selamat membaca ya adik-adik. :)

***
Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 1. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini.



2 comments on "Kilas Buku: The Graveyard Book"
  1. Minjem di perpus mana? Atau kira-kira bisa dapat di mana buku ini? Jadi tertarik gara-gara pengarangnya Neil Gaiman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di perpus LIA, mas. Sayangnya terjemahan bahasa Indonesianya belum ada. Bisa dicari di Periplus atau Kinokuniya atau di Gramedia bagian import kok mas.

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature