Top Social

Kilas Buku: Little House on the Prairie (Little House #2)

|
Judul: Little House on the Prairie (Little House #2)
Pengarang: Laura Ingalls Wilder
Terbit: 1994
Penerbit: HarperCollins
Awards: An ALA Notable Children's Book
Rating: 4/5
Usia layak baca: > 8 tahun

***
Keluarga Ingalls akhirnya pindah dari rumah kecil mereka di Wisconsin menuju padang rumput yang maha luas di wilayah Kansas. Menurut Pa Charles, Wisconsin sudah semakin padat penduduknya, sehingga keluarga kecil mereka perlu mencari tempat yang masih jarang penduduk agar dapat lebih leluasa berburu bahan makanan. Pagi-pagi sekali menjelang perbaruan musim keluarga kecil Ingalls berkemas. Laura dan Mary sudah dimandikan dan disisiri dalam keadaan mengantuk. Akhirnya mereka berangkat menuju tempat tujuan dengan menggunakan kereta kuda bergerobak yang juga dapat digunakan sebagai tenda kemah. Segala barang yang ada di rumah kecuali tempat tidur dimuat di gerobak. Pet dan Patty, kuda-kuda mereka yang kuat, mampu membawa sekeluarga kecil itu berhari-hari. Begitu juga anjing mereka yang setia, Jack, turut serta dengan langkah kaki kecilnya yang tak kenal lelah. Hingga akhirnya mereka menemukan anak sungai dekat padang rumput dan mulai berkemah disana.

Awalnya hanya berkemah, namun lama-lama Pa merasa tempat mereka berkemah adalah tempat yang tepat untuk mendirikan rumah tinggal. Pa bilang masih banyak ayam, kelinci, dan rusa yang dapat mereka buru. Petunjuknya ada pada banyaknya serigala yang berkeliaran di padang itu. Laura yang penasaran dengan suku Indian, tak henti-hentinya bertanya kapan ia dapat melihat salah satu dari bayi Indian. Namun pandangan Ma Caroline terhadap Indian yang agak sinis membuat Laura bertanya-tanya.

Selama tinggal di padang rumput yang luas itu, banyak petualangan yang dirasakan oleh Laura dan Mary. Tinggal di tempat yang baru dengan tanpa sanak saudara memang bukan hal yang mudah. Namun dalam cerita itu Laura selalu menghadapinya dengan riang.


***
Buku yang menarik bagi para anak kecil. Apalagi cerita dalam buku ini memang dialami sendiri oleh seorang anak kecil (kali itu) yang dengan murah hati mau berbagi cerita dengan kita. Bayangkan seorang anak kecil harus menempuh jarak yang sangat jauh untuk berpindah rumah dan menghadapi berbagai rintangan yang tak sedikit. Namun Laura dianugrahi jiwa yang ceria dan tabah sehingga apapun yang ia hadapi selalu dilaluinya dengan riang tanpa keluh kesah.

Cerita ini tidak hanya cerita petualangan yang berdasarkan kisah nyata dan berbumbu sejarah saja. Namun kisah ini juga mampu menjadi salah satu cerita inspirasi bagi anak-anak. Pantas dibaca oleh mereka yang sudah berusia 8 tahun.
***
Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 1 oleh Bzee dan Read-a-long with Laura Ingalls Wilder oleh Hobby Buku. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.

3 comments on "Kilas Buku: Little House on the Prairie (Little House #2)"
  1. jadi kangen baca ulang buku ini lagi..., rasanya masih punya koleksi lengkapnya

    ReplyDelete
  2. Hi Dila, thanks for joining this event, maaf baru sempat blogwalking. Baru pertama kali berkenalan dengan Laura ya, jika suka, ikuti perjalanan hidupnya, dijamin tidak kalah menarik dengan Harry Potter :D dan ini kisah nyata lho

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature