Top Social

Kilas Buku: Alice in Wonderland

|

Alice in Wonderland (Alice, #1) 

Judul: Alice in Wonderland
Pengarang: Lewis Carol (Charles Lutwidge Dodgson)
Terbit: 2004 (pertama kali terbit 1865)
Penerbit: Gramercy
Rating: 5/5
Usia kelayakan baca: 6 tahun keatas

***
Seorang gadis kecil yang tengah duduk di tepi sungai Thames bersama kakak perempuannya merasa bosan. Sang kakak tengah membaca cerita yang tidak bergambar. Ia heran mengapa kakaknya bisa bertahan dengan membaca buku tak bergambar seperti itu.

Kemudian ia melihat seekor kelinci yang tengah berlari terburu-buru sambil berbicara pada dirinya sendiri. Alice yang melihat kelinci itu pun mengikutinya dengan rasa ingin tahu. Ia akhirnya ikut masuk ke lubang kelinci dan jatuh dengan perlahan ke negeri ajaib. Disanalah Alice memulai petualangan dengan makhluk-makhluk ajaib. Hingga akhirnya hadir di acara bermain kartu sang Ratu negeri itu dan dianggap berbuat kekacauan. Ketika akan dihukum, tubuh Alice membesar dan berteriak menyemburkan udara keras-keras kepada tentara kartu yang hendak menyerbunya. Ketika itulah ia tersadar bahwa ia sedang tertidur pulas di atas pangkuan kakaknya.
***
Cerita ini termasuk cerita klasik sepanjang zaman dan tak lekang oleh waktu. Dan banyak makna yang dapat digali. Salah satu contoh adalah sikap dan sifat ratu yang kejam dan memerintah dengan tirani. Ia dan tentaranya malah dapat dikalahkan oleh seorang gadis kecil bernama Alice.

Selain itu ada segi perubahan secara sikap dari diri Alice disini di akhir cerita. Prosesnya yakni ketika selama pengadilan pertama yang diadakan oleh ratu. Alice tampak tidak banyak bicara dan mencampuri atau mengganggu prosesi pengadilan. Karena ia mengerti bahwa pengadilan adalah prosesi penting yang harus dihormati. Disinilah proses dimana Alice menjadi lebih bijak. Mungkin bisa jadi ini termasuk dalam kategori bildungroman.

Cerita ini layak dibaca anak mulai dari 6 tahun. Tentunya mereka tidak menyadari apa makna yang tersembunyi di balik cerita ajaib yang sedang mereka baca. Orang tua harus membantu menemukan pesan-pesan indah tersembunyi dengan cara yang menyenangkan.

***

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 1. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini.



Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature