Top Social

Kilas Buku: Mr. Monk Goes to the Firehouse (Mr. Monk #1)

|

2868832

Judul: Mr. Monk Goes to the Firehouse
Pengarang: Lee Goldberg
Tebal: 424 halaman
Penerbit: Dastan Books, 2007 (pertama kali terbit 2006)

Dialah Adrian Monk; detektif genius yang selalu bisa mencium kejanggalan sekecil apa pun, di mana pun, kapan pun. Tak terduga dan jenaka; dengan kelainan obsesif-kompulsifnya, Monk justru menjadi detektif terbaik seantero San Francisco.

***

Kali ini Monk harus menghadapi kasus kematian seekor anjing pemadam kebakaran yang berujung pada serentetan pembunuhan. Sparky, nama anjing tersebut, ditemukan tergeletak tak bernyawa di malam yang sama ketika terjadi kebakaran di sebuah rumah yang menewaskan sang penghuni. Kejadian ini menyeret Monk ke dalam misteri mematikan yang menelan korban lainnya. Satu kematian disusul oleh kematian lain...

Monk harus menggali fakta-fakta tersembunyi yang tak terdeteksi oleh polisi. Diduga kasus ini melibatkan orang yang berpengaruh, plus rahasia harta terpendam San Francisco. Monk berpacu dengan waktu. Terlambat sedikit saja, pihak-pihak yang bertanggung jawab akan melenggang bebas...

----

Mr. Monk, atau yang lebih kita kenal sebagai Detektif Monk, pada awalnya adalah serial televisi  yang populer yang kemudian diadaptasi dalam bentul novel berseri. Buku dengan judul Mr. Monk Goes to the Firehouse ini adalah serial pertamanya.

Tidak ada Sharona Fleming? Ya, dalam buku ini memang tidak diceritakan tentang Sharona yang sudah pindah pekerjaan. Jadi pembaca akan langsung bertemu dengan Natalie Teeger, asisten Monk setelah Sharona. Alur yang diceritakan dari sudut pandang Natalie juga tidak buruk kok, yah memang ada ciri khas masing-masing antara Sharona dan Natalie.

Mulanya Monk harus pindah dari apartemennya sementara karena akan ada perbaikan. Sebagai orang yang ribet karena penyakitnya ini, ia harus mengecek seluruh kamar hotel yang akan menjadi tempat tinggalnya sementara. Sayang sekali Monk merasa tidak ada satupun kamar yang cocok untuknya. Selalu saja ada sesuatu hal yang kurang sempurna dari kamar-kamar mewah itu. Akhirnya dengan terpaksa Natalie menampung bosnya itu selama beberapa saat.

Kasus terjadi dekat dengan lingkungan rumah Natalie. Ada rumah yang terbakar secara misterius. Korban kebakaran pun diduga meninggal dengan cara tidak wajar. Sementara itu anjing pemadam kebakaran tewas secara misterius, disusul terbunuhnya gelandangan yang suka menggerutu.

Monk harus menyusun kasus-kasus ini dengan urutan yang tepat karena ia yakin pelakunya hanyalah satu orang. Sementara itu ada kasus lain yang tidak sengaja terungkap oleh Monk.

Membaca buku ini benar-benar bikin saya terlonjak-lonjak karena gemas. Yah, gemas dengan gaya Monk yang ribet. Namun syukurlah, dari semua karakternya yang menyebalkan itu, ia memiliki kecerdasan untuk memecahkan kasus-kasus yang rumit, yah kecuali kasus yang menyangkut kematian istrinya.

Novel ini saya rekomendasikan untuk para pecinta genre misteri ala detektif. Yah, kalian tidak akan menemukan kejeniusan dan kegigihan Lyncoln Ryhme di sini. Yang akan kalian temukan adalah detektif ribet yang harus serba diurusi. Tapi justru itu yang menjadi keunikannya bukan?

4 bintang untuk buku ini.


Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature