Top Social

Kilas Buku: Kinderjaren

|

Judul: Masa Kanak-kanak
Judul asli: Kinderjaren
Pengarang: Jona Oberski
Tebal: 93 halaman
Penerbit: Pionir books, September 2013 

Sinopsis:

Masa Kanak-kanak' (Kinderjaren) adalah novela karangan fisikawan dan penulis asal Amsterdam Jona Oberski (1938) yang ditulis berdasarkan ingatan dan pengalaman dia semasa kecil di kamp konsentrasi Westerbork (Belanda) dan Bergen-Belsen (Jerman) sewaktu Perang Dunia II. Oberski dari awal sampai akhir berhasil menciptakan suatu dunia sebagaimana dilihat oleh seorang anak.

Terjemahan 'Kinderjaren' telah diterbitkan di Kanada, Denmark, Jerman, Inggris, Finlandia, Prancis, Yunani, Hungaria, Israel, Italia, Jepang, Kroasia, Norwegia, Polandia, Spanyol, Amerika Serikat, dan Swedia.

Dengan ilustrasi sampul karya Jack Prince.

---

Perang dunia adalah suatu masa yang mana hampir seluruh negara di dunia hidup dalam kesengsaraan; kelaparan, kemiskinan, dan darah yang tumpah di mana-mana akibat pembunuhan massal. Banyak buku sejarah ataupun novel semi-sejarah, bahkan buku harian yang mengungkapkan kekejaman perang dunia. Salah satu yang sangat populer adalah Buku Harian Anne Frank, seorang gadis yang mengungkapkan isi hatinya semasa perang hingga akhirnya ia ikut ditangkap pasukan NAZI.

Sementara "Kinderjaren" atau yang dalam bahasa Indonesia adalah "Masa Kanak-kanak", merupakan sebuah novela yang kurang dari 100 halaman. Sebenarnya, menurut saya, novela ini bisa mencapai seratus halaman atau bahkan lebih sedikit. Sayangnya, ukuran hurufnya dibuat kecil, mungkin sekitar 10 px atau kurang dari itu. Bikin sakit mata ya sepertinya, namun ya mungkin memang sudah diatur seperti itu. Walau begitu, keluhan ini bisa menjadi saran bagi penerbit agar lebih memperhatikan kesehatan dan kenyamanan pembaca.

Sebelum memasuki cerita, para pembaca akan disuguhi kata pengantar dari seorang akademisi yang fokus dalam keilmuan budaya dan sastra Belanda, Namun lagi-lagi kalau boleh saya menyarankan, jangan baca kata pengantarnya di awal. Memang cuma analisa, tapi analisa yang mengandung spoiler. Baca saja kata pengantarnya setelah kalian merampungkan isi cerita. Biar sama-sama enak menganalisanya dan yang penting (buat yang tidak suka spoiler), nggak terkena jebakan spoiler.

Cerita berlangsung ketika Jona masih sangat kecil. Ketika itu ayah dan ibunya sedang merapikan perlengkapan mereka untuk bepergian. Sang ibu hanya bilang jika mereka akan jalan-jalan dan menetap di suatu tempat. Padahal tempat yang dituju adalah tidak kemanapun, kecuali kamp konsentrasi. Ketika itu ia pergi bersama dengan keluarga lainnya yang jumlahnya cukup banyak hingga mereka tiba di sebuah barak pengungsian. Di sini tempat tinggal pria dan wanita dibuat terpisah, sementara anak-anak ikut dengan ibu mereka.

Yang membuat hati saya miris adalah ketika Jona harus ikut bekerja membersihkan peralatan makan. Jona yang masih kecil dan polos, tidak mengerti apa yang sebenarnya harus ia lakukan. Ia merasa sebagai anak yang benar-benar masih sangat mungil tidak tahu bagaimana harus melakukan pekerjaan yang sekalipun mudah. Padahal sebenarnya, ia tidak harus benar-benar mencuci panci dan piring kotor, yang ia harus lakukan hanyalah memakan habis sisa-sisa makanan yang masih melekat dalam wadah-wadah makan itu. Ya, makanan memang sangat langka di masa itu, sehingga membuat orang-orang kekurangan gizi, termasuk anak-anak.

Hari-hari di kamp berlangsung sangat lamban, namun tidak pernah membuat Jona mengeluh. Karena ia yang masih kecil hidup dalam kepolosan dan keceriaan yang dibuat ibunya. Mungkinlah ini adalah salah satu berkat Tuhan yang harus selalu ia syukuri.

Berkat lainnya yang harus ia syukuri lagi adalah masa kekuasaan NAZI yang singkat di Belanda kala itu, sehingga membuat Jona dan kawan-kawan kecilnya berhenti merasakan penderitaan yang tidak pernah mereka mengerti. Namun, pada akhirnya mereka akan tumbuh dewasa dengan kenangan yang sangat menyakitkan akan perang.

Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature