Top Social

Komik Corat - Coret: Made in Indonesia

|

Judul:  Komik Corat - Coret: Made in Indonesia
Pengarang: Wahyu Aditya, dkk
Genre: Komik
Penerbit: Bentang Komik, Cet. I November 2014
Tebal: 216 halaman
Harga: IDR 43,000

Hai!
Wah akhirnya setelah sekian lama nggak nulis review, aku kembali! Kali ini dengan sebuah buku hasil buntelan. Udah kelihatan kan gambar di atas? Iya? Sudah?
Ya, jadi itu buku karya gembolers ~ Kementrian Desain Republik Indonesia (KDRI) terbaru. Isinya adalah kumpulan komik strip karya para gembolers yang pastinya dikoordinir sama mas wadit. hehe. Buat yang ngefans, gimana nih? Udah mupeng buat beli?
Eitss, sebelum kamu beli, aku cuma mau bilang kalo dengan membeli buku ini, ada kesempatan buat kamu untuk dapet undian jalan-jalan ke Jepang. Yang pastinya, ada ketentuan lanjutan sih. Cekidot deh:


Gimana? Sudah makin tertarik? Oke deh langsung mulai review aja deh ya.

MADE IN INDONESIA

Yep, sesuai judulnya, tema dari buku ini sendiri adalah serba Indonesia. Ada 6 turunan kategori dari tema besar di atas: 100% Indonesia; Tanah Air Saat ini; I Love Indonesia; Indonesia (Belum) Merdeka; Save Indonesia, Save Earth; Semangat Persatuan.

1. 100% Indonesia

Apa aja sih hal yang cuma bisa kalian temui di Indonesia? Apa aja sih yang khas dari Indonesia yang negara lain nggak punya? Apa aja sih yang bikin kangen dari Indonesia? Jawabannya: Banyak!

Pada kategori awal ini, kalian akan menemukan komik-komik yang bercerita tentang 100% nya Indonesia. Mulai dari yang tradisional seperti upacara turun tanah (kalian masih inget nggak upacara apa ini?), Ujian Nasional, macet, sampai permainan tradisional yang bernama petak umpet.

Dari hal-hal 100% Indonesia diatas, tentu saja ada yang baik dan yang buruk. Yang buruk-buruk seperti macet, tentunya bagian dari Indonesia (baca: Jakarta) yang harus diperbaiki.  Yang baik-baik dan sangat khas, tentunya saya berharap tetap bertahan. Seperti permainan tradisional. Saya berharap permainan itu terus tetap ada, tidak mengalahkan gadget-gadget canggih masa kini. Siapa sih yang nggak kangen sama galah asin atau gobak sodor? Siapa sih yang nggak kangen sama congklak? Kalo saya sih kangen, hiks! T_T

2. Tanah Air Saat Ini

Komik-komik dalam kategori ini lebih bercerita tentang gejala anak-anak Indonesia saat ini. Hayo apa aja? Tebak deh. Yup, tentang anak-anak sekarang yang narsis, komsumtif, kena demam k-pop, anti-sosial (bukan introvert ya, beda lho!), dan yang sukanya omdo alias nulis status doank.

Nah, kalian termasuk nggak? Ya kalo saya sih ngaku, sedikit-sedikit termasuk :D

Kadang saya bangga sih dengan orang-orang Indonesia yang jago bikin trending topic di twitter, tapi kalo terlalu lebay, rasanya ya nggak harus gitu juga kali ya. :D

3. I Love Indonesia

Banyak yang mengekspresikan kecintaannya kepada Indonesia melalui kategori yang satu ini. Latar belakang ceritanya nggak harus melulu soal peperangan kok. Contohnya para gembolers di sini malah mengekspresikannya dengan beragam ide, yang pada akhirnya menghasilkan komik-komik lucu yang bikin mikir. Salah satu yang saya suka adalah tentang warteg yang 'ternyata' jadi ide awal model hp touchscreen hehe.

komik lainnya yakni tentang, angkot! sebagai pengguna kendaraan umum sejati, saya setuju bahwa angkot Indonesia adalah sarana yang harus kita cintai dan perhatikan. Caranya ya dengan menggunakannya setiap hari untuk mengurangi macet.

4. Indonesia (Belum) Merdeka

Menurut kalian apa sih yang bikin Indonesia belum merdeka? Oke, masih mikir? Atau udah dapet jawabannya? Banyak mungkin ya. Salah satunya perilaku para pejabat yang masih suka korup. Nah, hal-hal yang belum merdeka kayak gini juga nggak luput dari para gembolers buat dibikinin komik strip :)

5. Save Indonesia, Save Earth

Indonesia adalah negeri yang indah. Kalian pasti setuju dengan pendapat yang satu ini. Tapi mesti kalian juga setuju dengan pendapat yang satu lagi kalau masyarakat Indonesia masih kurang menyadari pentingnya kebersihan dan kehijauan.

Tema di atas pastinya bagus banget kan buat dijadiin komik? Saya ketawa pas lihat kalau ternyata nggak cuma jenis manusia saja yang terganggu dengan ketidakseimbangan alam, ternyata hantu juga. Bayangkan kalau hantu sampai keganggu, bisa-bisa kesurupan. So eerie!

6. Semangat Persatuan

Selain bola dan bulutangkis, apa yang bikin kalian semangat bersatu untuk Indonesia? Bendera? Batik? Anklung? Apapun itu, jadikanlah nasionalisme tetap terjaga untuk hal-hal yang positif tentunya.

Komik-komik dalam kategori ini pada dasarnya ingin menyemangati kalian agar berbuat sesuatu untuk Indonesia. Yang pasti hal-hal yang positif donk. Misal, kamu suka sama batik, ya promosiin donk batik supaya bisa mendunia. Dan yang paling penting, jangan sampai diakui sama negara lain hehe.

Komik yang paling saya suka dari kategori pamungkas ini adalah komik "Peta Papua". Sederhana banget deh konsepnya, tapi ajaib! Bagaimana bisa si komikus sampe kepikiran hal sepele untuk dijadiin sebuah komik. Iya ituu, ceritanya cuma bagaimana asal mula peta perbatasan papua dengan papua nugini ada. Kreatif ya :D

Well, pada akhirnya, buku ini bukan cuma sekedar gambar yang bercerita atau cerita yang bergambar. Manfaat lebih lanjut yang bisa diambil adalah bagaimana kalian sebagai generasi penerus bangsa bisa terus termotivasi untuk melakukan hal-hal yang positif untuk negara kalian.

Jangan kalian berharap mendapatkan sesuatu dari bangsa ini, tapi berharaplah agar kalian dapat berbuat sesuatu yang bermanfaat untuk bangsa ini. :)
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature