Top Social

Kilas Buku: Cerita Rakyat dari Kalimantan Barat

|

Judul: Cerita Rakyat dari Kalimantan Barat
Pengarang: Syahzaman
Genre: Legenda, Cerita Rakyat
Penerbit: Grasindo, 1994
Tebal: 40 halaman

Buku ini (dan buku serial cerita rakyat terbitan Grasindo) adalah buku favorit saya sewaktu kecil. Setiap kali pergi ke TB Gramedia, saya selalu mencari buku terbaru dari serial ini. Dan bisa dibilang saya mengoleksinya. Namun sayangnya buku-buku tsb tercecer dimana-mana karena saya tidak bisa menyimpannya dengan baik (meski sebagian kecil ada yang saya sumbangkan untuk beberapa taman bacaan).

Cerita Rakyat dari Kalimantan Barat I ini berisi 7 cerita + kesimpulan pada akhir masing-masing cerita. Kesimpulan pada akhir cerita berisi penjelasan jenis cerita, dan pesan moral yang dapat diambil. Cerita-cerita tersebut adalah:

  1. Asal-Usul Nama Pontianak
  2. Pulau Belumbak
  3. Sungai Kawat
  4. Bujang Beji dan Tumenggung Murubai
  5. Liang Mengurang
  6. Membeli Akal
  7. Asal Mulanya Burung Roak

1. Asal-Usul Nama Pontianak
Ternyata eh ternyata, Pontianak itu berasal dari kata 'Ponti' yang berarti 'Sarang' dan 'Anak' yang bermaksud 'Sematianak' atau biasa disebut 'Kuntilanak'. Jadi, dulunya itu di daerah Kalimantan, banyak wanita yang mati saat melahirkan. Sehingga terjadilah pertumbuhan bangsa kuntilanak yang cukup pesat hingga mencapai daerah Kalimantan Barat. Syukurlah ada salah satu keturunan habib dari Hedralmaut bernama Syarif Abdurrahman yang mendirikan kota di salah satu sarang kuntilanak ini. Beliau mendirikan masjid Jami' Sultan Pontianak yang masih dapat dilihat hingga kini. Dan sejak itulah kota tersebut berkembang pesat hingga menjadi ibukota Kalimantan Barat.

Awalnya saya berharap akan mendapatkan cerita seram dari kisah pertama ini. Ternyata (dan syukurlah) tidak ada sama sekali bumbu-bumbu horror sedikitpun. Yah, mungkin karena segmennya untuk anak-anak, jadi hal-hal yang berbau cerita seram memang sengaja ditiadakan.

2. Pulau Belumbak
Ceritanya sendiri sih hampir mirip dengan cerita Malinkundang. Pulau Belumbak ini berisi kisah tentang dua saudara yang merantau hingga menjadi kaya. Namun ketika kembali, mereka durhaka kepada ibunya sehingga sang ibu pun berdoa agar perahu-perahu yang ditumpangi mereka mendapat kecelakaan. Akhirnya terkabullah doa sang ibu dan kedua perahu tersebut berubah menjadi pulau yang dinamakan pulau Belumbak.

3. Sungai Kawat
Hikmah ceritanya mirip-mirip dengan cerita rakyat biasanya sih. Yaa supaya jangan tamak, loba, dll. Nah, kalau yang ini mengenai seorang nelayan yang menemukan kawat emas di sungai Kapuas. Karena ia tamak dan ingin mengambil semua emas yang ada di sungat tersebut, maka ia pun tenggelam ke dalam sungai dan tidak pernah kembali lagi.

Menurut saya, hikmah lainnya adalah tentang kelestarian alam sekitar. Sebagai manusia, kita memang boleh mengambil apa yang ada di sekitar kita, namun barengi juga dengan menjaganya dengan baik.

Cerita keempat, kelima, keenam, dan ketujuh silakan baca sendiri deh hehe. Yang jelas, buku ini memang sangat layak dibaca. Saya pun sangat berharap supaya buku ini dicetak ulang lagi dan lagi supaya para adik kecil kita tahu tentang cerita rakyatnya sendiri. Jangan sampai nanti cerita rakyat malah dipelintir seperti contoh Roro Jonggrang yang membangun Tangkuban Perahu dalam waktu semalam. :p

Posbar ini saya ikut sertakan dalam posbar BBI bulan Agustus.


4 comments on "Kilas Buku: Cerita Rakyat dari Kalimantan Barat"
  1. Pastinya buku ini banyak banget pesan moralnya. Cerita rakyat tuh bangus buat didongengkan ke anak-anak, hehe. Sayang, enggak ada yang memulai lagi membuat cerita-cerita dongeng yang baru-baru

    ReplyDelete
  2. jangankan yang baru..cerita yang lama harusnya dicetak ulang...:D

    ReplyDelete
  3. Bermimpi ada Anderson atau Grimm versi Indonesia yg merangkum cerita rakyat jadi satu dan jadi klasik, pasti jadinya bervolume2

    ReplyDelete
  4. Huwaaa iseri ini juga koleksi masa kecilku T_____T sayangnya u.u hiks

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature