Top Social

Kilas Buku: Lullaby

|

Judul: Lullaby
Pengarang: Rina Suryakusuma
Genres: Romance, Family, Chicklit
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Desember 2011
Mass-Market-Paperback, 240 halaman

Audy dan Rosalind memang dua gadis kembar, tapi Audy selalu merasa semua orang dalam keluarganya terlalu mengistimewakan dirinya dan mengasingkan Rosalind. Audy yakin ini semua karena kelainan jantung yang dideritanya. Bahkan hingga mereka dewasa, dan Audy menemukan pria impiannya, Rosalind tetap harus puas dengan sisa kasih yang terbelah, dan perasaan disisihkan sepanjang hidupnya.

Bersama Mardinanto Nolan, lelaki yang teramat mencintainya, Audy mengenal kebahagiaan yang tak pernah terpikir akan bisa dirasakannya. Namun Audy tak ingin Rosalind menderita karena dirinya. Ia ingin Rosalind juga merasakan kebahagiaan seperti dirinya. Dan ketika Audy diharuskan memilih antara pria impiannya atau saudari kembarnya, rahasia kelam yang mengungkung hidup Audy akhirnya terkuak. (goodreads)

Ini pertama kalinya saya membaca novel karangan Rina Suryakusuma. Hasilnya mengejutkan, saya tidak pernah menduga kalau ceritanya mampu membuat saya terkesima. Topiknya sendiri sederhana. Yakni hanya mengenai keterikatan sepasang saudara kembar. Tebal halamannya pun juga standar. Namun justru dari sinilah cerita yang menarik itu lahir. Saya mencoba mencari tahu apa kira-kira yang menjadi kekuatan Rina untuk menyihir para pembacanya? Mungkinkah diksi yang tepat sangat berpengaruh?

Ya, diksi. Diksi tidak bisa diremehkan dalam pembuatan sebuah cerita. Diksi membuat novel menjadi enak dibaca. Diksi juga (tanpa disadari) membuat para pembaca menganggap novel yang dibacanya adalah sesuatu yang nyata, pernah terjadi, dan eksis. Dan Rina mempunyai kekuatan pada diksi.
Kemudian kematangan cerita. Cerita yang matang adalah cerita yang mencengangkan. Hal ini akan berpengaruh kepada menarik tidaknya twist yang ada pada sebuah novel. Cerita yang belum matang akan membuat pembaca mengerutkan kening dari awal hingga akhir. Atau malah mungkin mereka memilih untuk tidak menyelesaikannya. Dan Rina memiliki konsep yang matang untuk novel ini meski topik ceritanya sendiri sederhana.

Novel ini bukan sekedar romance, namun lebih kepada family affairs dan persahabatan. Endingnya tidak bisa ditebak. Dan jujur, novel ini sebenarnya agak-agak horror buat saya, padahal sebenarnya novel ini tidak dimaksudkan untuk tema tersebut. :D Jadi kenapa horror? Silakan baca sendiri, apakah untuk kalian novel ini juga terasa horror atau hanya saya yang merasakannya?

Ulasan ini untuk:
TBBR Mbak Maria
IRRC 2014 Sulis
Lucky No. 14 Mbak Astrid
New Author RC Ren
1 comment on "Kilas Buku: Lullaby"

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature