Top Social

Kilas Buku: Esio Trot

|
Judul: Aruk-aruk
Judul Asli: Esio Trot
Pengarang: Roald Dahl
Penerjemah: Poppy D. Chusfani
Tebal: 72 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Cet. ke-2, 2010

Mr. Hoppy, si bujang lapuk nan pemalu jatuh cinta kepada tetangganya sendiri, Mrs. Silver. Tidak ada masalah dengan hubungan mereka. Setiap pagi mereka saling menyapa dengan ramah dan sopan. Hanya saja, Mr. Hoppy selalu tidak berani melamar Mrs. Silver. Selain itu, ia selalu cemburu dengan Alfie, si kura-kura kecil hewan peliharaan Mrs. Silver. Lalu, apa yang harus Mr. Hoppy lakukan agar cintanya tidak bertepuk sebelah tangan selamanya?

Ini adalah pertama kali saya membaca kisah cinta karangan Dahl. Biasanya tema dan tokoh utama terpusat kepada anak-anak. Namun di buku Esio Trot ini orang tua paruh baya menjadi pemeran sentral. Kisah cintanya sendiri sederhana, tidak ruwet seperti kebanyak novel cinta yang berbelit-belit layak sinetron. Karena memang cinta harus digambarkan secara sederhana saja, tidak usah dibikin rumit. Cinta itu indah dan sederhana.

Hal yang harus dikagumi dari cerita ini adalah;

1) Perasaan kasih sayang tulus dari Mrs. Silver
Mrs. Silver digambarkan sangat pengasih dan penuh cinta. Ia sangat ramah kepada siapa saja. Bahkan sangkin ramahnya, ia tidak curiga ketika Mr. Hoppy 'membodohi'nya dengan pura-pura memberi resep cara menggemukkan aruk-aruk, eh kura-kura :D Hanya saja, jangan terlalu baik sehingga menumpulkan daya pikir ketika ada orang yang ingin membodohi mereka.

2) Kecerdikan Mr. Hoppy
Mr. Hoppy memang pemalu dan kurang berani, namun bukan berarti ia tidak banyak akal. Demi memperjuangkan cintanya ia melakukan hal yang cerdik yang mungkin harus mengorbankan beberapa hal. Dan itu bukan masalah karena Mr. Hoppy tahu bahwa pengorbanan akan membuahkan hasil yang menyenangkan.

Maka intinya adalah, cinta itu harus diperjuangkan dengan baik, jika memang menurutmu ia pantas diperjuangkan.
When you love someone 
Just be brave to say 
that you want him to be with you 
When you hold your love
 Don't ever let it go 
Or you will loose your chance 
To make your dreams come true... (Endah feat Ressa)
Cerita ini saya pikir cukup pantas dibaca oleh anak-anak mulai usia 9-10 tahun, :)
Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 4 oleh Bzee dan Read-a-long with Roald Dahl oleh Hobby Buku. Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.
Be First to Post Comment !
Post a Comment

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature