Top Social

Kilas Buku: The Stinky Cheese Man and other Fairly Stupid Tales

|
Judul: The Stinky Cheese Man and other Fairly Stupid Tales
Pengarang: Jon Scieszka
Ilustrator: Lane Smith
Penerbit: Viking Juvenile
Cetakan: I / 1992
Tebal: 51 halaman
Rating: 3/5
Usia Kelayakan Membaca: > 7 tahun

Pernah membaca dongeng-dongeng klasik seperti Jack and the Beanstalk, The Ginger Bread Man, The Ugly Duckling dll? Jika pernah membacanya, saya jamin kalian akan tertawa entah terbahak-bahak atau sekedar menyeringai. ketika membaca kumpulan dongeng yang satu ini. Apakah cerita yang sama? Ya dan tidak, hehe. Karena lagi-lagi Scieszka menulis dongeng yang mirip namun berlawanan.

Seluruh dongeng yang kalian tahu dan diceritakan kembali dalam buku ini adalah dongeng yang ceritanya sudah di-twist dan para pembaca sudah dapat menebak kalau ini mengandung banyak sindiran. Err, mungkin ya dan mungkin tidak sebenarnya, tergantung sudut pandang dari masing-masing pembaca.

Seperti salah satu cerita yang ada dalam buku ini, the Ugly Duckling. Dalam versi aslinya, diceritakan tentang anak itik yang buruk rupa dan ketika besar ia menjadi angsa yang sangat cantik. Namun dalam versi Scieszka ini si itik buruk rupa (yang sudah kepedean akan tumbuh besar menjadi angsa yang cantik) malah tetap menjadi buruk rupa yang semakin buruk rupa. Hehe.

Kumpulan cerita ini cocok dibaca oleh mereka yang sudah membaca dongeng versi aslinya. Karena kalau tidak rasa pengenalan humornya akan berkurang. Untuk para anak-anak, emm, jika mereka memang sudah mengenal dongeng-dongeng ini sejak kecil, maka mungkin akan lebih mengerti membaca dongeng buatan Scieszka ini. Namun kadang-kadang, para anak kecil, meski sudah tahu bagaimana cerita dongeng yang asli, mereka tetap tidak tahu apakah yang dibacanya lucu atau tidak. Tetapi, lagi-lagi, tidak semua anak seperti itu. Banyak juga anak-anak yang memang sudah paham dengan lelucon-lelucon semacam ini. :)

Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 2, RC books in English bunda Peni,  Bagi yang ingin ikut serta silakan lihat syarat dan ketentuan disini dan disini.

P.S. Terima kasih untuk mbak Desty atas kiriman cerita ini. :)
2 comments on "Kilas Buku: The Stinky Cheese Man and other Fairly Stupid Tales"
  1. punyaku belum sempat dibaca. :P salah satu alasannya, karena saya memang belum pernah membaca sendiri dongeng yang diplesetkan dalam buku ini. takutnya saya merasa nggak lucu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca aja dulu mas..
      kali aja ketika membaca menemukan humor yang dimaksud dalam dongeng ini :d

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature