Top Social

Kilas Buku: Dear Enemy

|

Dear Enemy
Oleh Jean Webster
Paperback, 382 halaman
Atria, Juli 2010
 
Sebenarnya pada awalnya saya agak malas membaca buku ini. Jika tidak dipaksakan, atau jika tidak ada event keterpaksaan (dalam hal ini adalah event baca bareng-nya mbak Maria), mungkin saja saya tidak akan membaca buku terbitan atria yang satu ini.
 
Alasannya? Tidak ada alasan jelas kecuali buku ini rasanya kurang mengesankan saya agar langsung dibaca tuntas, tidak seperti Charlotte's Web dan Petualangan si Kembar Tiga yang baru-baru ini saya baca dalam waktu singkat.
 
Buku ini tentang apa? Well, Dear Enemy adalah sekuel dari Daddy-Long Legs, yang sebenarnya saya sendiri belum pernah membacanya karena memang belum punya bukunya. Sampai saat ini pun sepertinya DDL sudah agak sukar ditemukan. Ada teman yang juga sedang mencari buku ini dan sama-sama kesulitan menemukannya. Lanjut mengenai Dear Enemy, ceritanya mengenai Sally McBride, seorang sosialita yang diminta oleh Judy Abbott (tokoh utama dari DDL) untuk mengurus Panti Asuhan John Grier.
 
Awalnya Sally agak kurang terbiasa dengan kehidupan panti, apalagi ia harus berkoalisi dengan dokter berdarah Skotlandia yang mana memiliki karakter kurang bersahabat. Namun kedua insan yang saling bertolak belakang ini pada akhirnya mampu saling bahu membahu untuk mengurus anak-anak yatim dan membesarkan nama panti John Grier.
 
Di awal hingga pertengahan cerita saya masih belum terlalu nyambung dengan situasi Sally. Ya, saya tahu siapa Sally dan apa yang dia urusi. Namun saya belum ngeh dengan surat Sally untuk Gordon, yang saya pikir adalah hanya teman baik Sally. Namun ternyata saya salah. Gordon lebih dari itu. Gordon adalah tunangan Sally!
 
Situasi menjelang hingga akhir cerita justru lebih seru. Cerita mengalir sesuai dengan apa yang saya bayangkan: Gordon dan Sally berseteru, dan kemudian benih-benih cinta antara si dokter dan Sally pun bersemai.
 
Yah, begitulah akhirnya. Yang membuat saya salut disini adalah kegigihan Sally yang merupakan sosialita dan uptown girl mengurusi anak-anak yatim. Ia bukan sekedar menjalankan tugas, namun ia juga peduli. Dan dari tugas-tugas barunya ini Sally mendapat penempaan yang luar biasa. Ia belajar dari anak-anak asuhnya, ia juga membaca serba-serbi kehidupan yang rumit dari orang-orang sekitarnya, dan yang lebih penting ia jadi tahu bagaimana harus menghadapi kehidupan dan mengambil keputusan dari setiap kerumitan.
 
Buku ini cocok dibaca oleh anak yang mulai beranjak remaja. Jean Webster adalah salah satu penulis yang karya-karyanya pantas dibaca.
Ulasan ini diikutsertakan pada FYE; Fun Year Event with Children's Lit: Fun Month 3 oleh Bzee dan read along with children literature sekuel Little Women, Good Wives dan Little Men karya Louisa May Alcott yang diadakan oleh Hobby Buku dan juga RC New Author by Ren.

1 comment on "Kilas Buku: Dear Enemy"
  1. Dear Enenmy ini memang kalah menarik dibandingkan Daddy Long-Legs, boleh jadi karena karakternya masih anak-anak menuju remaja sedangkan di Dear Enemy mereka sdh beranjak dewasa dan berkeluarga.
    (btw, di tempatku masih ada Daddy Long Legs minggu lalu :D)

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature