Top Social

Februari 2015: Karakter Tokoh Utama

|

Ngomongin soal karakter tokoh utama... Hmm. Apa ya?
Well, yang jelas karakter tokoh utama favorit ku adalah karakter yang tidak sempurna. Meaning, aku kurang suka sama karakter yang serba bisa. Seperti layaknya manusia tanpa cela. Misalnya, si tokoh udah cakep, terus kaya, terus pinter banget, serba bisa: bisa masak, bisa bertukang, bisa jahit, dll. duh! Apa sih yang si doski ga bisa?? Nah karakter yang kayak gitu justru bikin langsung ilfil pas sekali aja dia bikin kesalahan. Rasanya semua rasa kagum kita ke dia runtuh gitu aja.

Itulah kenapa saya lebih suka tokoh utama yang biasa aja, yang mana dia punya kelebihan juga kekurangan. Contoh utama adalah Detektif Monk. Si Adrian Monk ini, kelebihannya memang cerdas. Ingatannya pun fotografis, sehingga ia mampu mengingat segala sesuatu bahkan yang sepele sekalipun. Kekurangannya adalah ia menderita obsessive compulsive, dimana ia selalu bergairah untuk merapikan segala sesuatu yang menurutnya berantakan dan tidak simetris. Ia juga menderita gemorphobia atau takut kuman. Duh pokonya ribet deh. Ngerepotin detektive yang satu ini. Namun justru gara-gara itulah si Adrian Monk jadi terkenal. Hehe.

Baru-baru ini saya baca novel berjudul Jaka Wulung. Sesuai judulnya, novel ini bercerita tentang seorang remaja berumur 15 tahun bernama Jaka Wulung. Ia memiliki keistimewaan dimana ia dengan mudah mempelajari segala jurus bela diri dengan hanya melihatnya saja. Ia tidak butuh guru yang benar-benar mengawasinya berlatih. Jaka hanya cukup melihat sekali saja jurus didemonstrasikan, kemudian ia akan berlatih sendiri.

Dalam waktu tiga bulan saja Jaka Wulung sudah mengalahkan pendekar dan para jawara yang berilmu lebih tinggi dan berlatih bela diri lebih lama dari dirinya. Hmm, sounds bizarre sih. Soalnya menurut saya, meskipun Jaka Wulung aslinya memang berbakat dan keturunan langsung dari raja yang sakti, apakah ia bisa langsung sakti dalam waktu yang singkat tanpa latihan yang lama? Meskipun sebenarnya bisa saja, tapi tetap saya merasa ada yang janggal. Raja sakti yang jadi nenek moyang Jaka Wulung kan tetap manusia biasa, meski memiliki kesaktian super. Dan Jaka Wulung bukan keturuan setenga dewa seperti Hercules kan. :D Nah, maka menurut saya Jaka Wulung terlalu sempurna untuk seorang remaja berumur lima belas tahun.

Nah, segitu aja sih pandangan saya soal karakter dari tokoh utama. Kalo pandangan kamu gimana? :)
2 comments on "Februari 2015: Karakter Tokoh Utama"
  1. iya, yang flawless justru ngebosenin "lirik edward cullen"
    Karakter yang bagus yg bisa ada perkembangan, ga perlu sempurna tapi pembaca percaya kalau karakternya nyata.

    ReplyDelete
  2. wah udah buat aja, aku masih bingung mau nulis apa :)

    ReplyDelete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature