Top Social

Kilas Buku: The Giver (The Giver Quartet #1)

|

Judul: The Giver (The Giver Quartet #1)
Pengarang: Lois Lowry
Penerjemah: Ariyantri E. Tarman
Genre: Children, Dystopia
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Agustus 2014 (pertama kali terbit 1993)
Tebal: 232 halaman
Award:  Newbery Medal (1994), Mythopoeic Fantasy Award Nominee for Children's Literature (1994), School Library Journal Best Book of the Year, Golden Duck Award for Hal Clement Award for Young Adult (1994), Booklist Editors' Choice (1994) Garden State Book Award for Teen Fiction Grades 6-8 (1996), Rebecca Caudill Young Reader's Book Award (1996), Buckeye Children's Book Award for Grade 6-8 (1997), Grand Canyon Reader Award for Teen Book (1995), Golden Sower Award for Young Adult (1995), Sequoyah Book Award for YA (1996), Pacific Northwest Library Association Young Reader's Choice Award for Senior (1996), Horn Book Fanfare (1994), New Mexico Land of Enchantment Award (1997), Wyoming Soaring Eagle Nominee (1996), Regina Medal (1994), William Allen White Award (1996), Wyoming Indian Paintbrush Nominee (1996)

Sekarang:

Dunia begitu tenang, damai, dan teratur. Tidak ada peperangan dan penderitaan. Bahkan para penduduk pun lupa seperti apa rasanya hal yang tidak menyenangkan itu. Mereka sudah nyaman dengan kehidupan yang terkontrol. Ya, bukan hanya dunia, hidup mereka pun juga dikontrol. Tidak ada yang bisa kau pilih dengan hatimu sendiri. Yang ada hanyalah keputusan untukmu. Dan dirimu hanya diminta untuk siap menjalaninya. Setiap hari, setiap minggu, setiap bulan dunia ini selalu memiliki rutinitas yang sama dan agak membosankan.

Jonas:

Jonas adalah seorang anak laki-laki berusia hampir 12 tahun. Ia tinggal bersama ayah yang bekerja sebagai pengasuh anak, ibu yang bekerja sebagai penegak hukum, dan Lily, adik perempuan yang berusia 8 tahun. Ia tengah cemas menanti penugasan yang akan diberikan kepadanya pada bulan Desember nanti. Ah, dia cemas menunggu Desember. Bahkan kecemasannya berubah menjadi ketakutan yang tidak beralasan.

Desember:

Desember adalah bulan yang penting bagi masa Sekarang. Setiap kehidupan baru resmi dimulai tiap Desember. Anak-anak berumur setahun akan diserahkan kepada unit keluarga baru. Anak-anak usia 9 tahun akan mendapatkan sepeda baru. Anak-anak usia 12 tahun seperti Jonas akan diberi penugasan (pekerjaan baru). Tiap anak mendapatkan penugasan yang berbeda. Dan Jonas sangat cemas dengan penugasan yang akan ia dapatkan.

Sang Penerima:

Kini Jonas resmi ditugaskan sebagai the receiver (sang penerima). Berbeda dengan teman-teman lainnya, ia mendapat tugas yang istimewa. Sang penerima mendapat banyak pengecualian seperti boleh berbohong, dan bertanya banyak hal termasuk yang tidak sopan sekalipun. Ia bahkan tidak boleh bercerita apapun tentang penugasannya kepada orang lain. Seharusnya keistimewaan posisinya membuat ia senang, anehnya Jonas malah semakin merasa takut.

Jonas sendiri belum yakin dengan tugas apa yang akan diterimanya. Ia hanya diminta untuk siap menanggung segala hal yang akan ia terima; semua perasaan kebahagiaan dan kesakitan. Satu-satunya jawaban adalah bertanya banyak hal kepada the giver (sang pemberi).

Sang Pemberi:

Seseorang yang sangat dituakan di komunitas masa Sekarang. Dengan kearifannya, ia selalu memberi nasihat jika para warga membutuhkan. Sang pemberi tidak mengajari Jonas hal-hal teknis seperti yang instruktur lain lakukan. Seperti namanya, ia hanya memberi apapun yang tidak pernah Jonas ketahui; ingatan masa lalu!

Masa Lalu:

Masa lalu memiliki banyak hal yang indah namun juga terlarang, tidak sopan, mengerikan dan menyakitkan. Ia juga menjadi sumber pengetahuan bagi komunitas masa sekarang. Banyak hal dari masa lalu yang sudah dilupakan oleh para warga dari komunitas masa sekarang. Maka dibutuhkanlah seseorang seperti sang pemberi dan sang penerima (Jonas) yang menanggung segala ingatan dari masa lalu.

Jadi jelaslah gambaran tugas untuk Jonas. Ia akan menanggung segala ingatan yang mengerikan dan menyakitkan dan juga menikmati kenangan yang indah dan menyenangkan. Dengan begitu ia akan memperoleh pengetahuan dan kearifan untuk membangun dan menjaga komunitas masa sekarangnya.

Namun segala ingatan itu malah membuat Jonas berkeinginan mendobrak kemapanan.

Analisa Distopia:

The Giver memiliki gambaran futuristik tentang bagaimana sekelompok manusia yang berusaha mengubah kehidupan menjadi lebih baik. Dengan kemajuan pengetahuan yang dimilikinya, mereka mengontrol kehidupan dengan hati-hati, mulai dari kelahiran, pekerjaan, pernikahan, hingga kematian. Sayangnya konsep hidup yang sempurna itu tetap saja ada kekurangan. Yakni tidak ada kehangatan yang melingkupi jiwa mereka. Para warga di komunitas hanya melakukan aktivitas sesuai dengan prosedur seperti... robot.

Mengontrol segala sesuatu akan membuat kita berlaku seperti Tuhan. Sementara manusia adalah ciptaan Tuhan yang dengan kecerdasannya menjalani hidup ini dengan keputusan dari pemikirannya sendiri. Dan Lowry menunjukkan bahwa segala sesuatu yang over-controlled bukanlah hal yang baik.

The Giver lahir dari pengalaman masa kecil Lowry yang pernah tinggal di Jepang beberapa waktu. Ia dan keluarganya tinggal di dalam komunitas Amerika disana. Hal ini membuatnya tidak merasa seperti hidup di Jepang dengan orang-orangnya yang jelas berbeda dengannya. Rasa keingintahuan Lowry yang besar membuat ia berimajinasi tentang suatu komunitas modern tempat the Giver berada.

Bintang:

Buku ini menjadi salah satu favorit saya. Dan saya pun memberikan 3 / 5 bintang.

Film:

Adaptasi film the Giver dirilis tahun ini (2014) dengan dibintangi oleh Meryl Streep dan Jeff Bridges.
2 comments on "Kilas Buku: The Giver (The Giver Quartet #1)"
  1. 12 tahun ya? Versi film kok dewasa banget ya si Jonas (cuma liat trailer).

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya untuk kualifikasi anak2 yg diberi pekerjaan, usia 12 tahun diarasa blm cocok. Jadi mungkin saja itu jadi alasan di film dibuat lebih dewasa, kira2 16-17 tahun.

      Delete

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9

Custom Post Signature